Moms, Inilah 5 Cara Mudik Aman Bersama Anak Bayi Paling Mudah Diterapkan

39

Mudik merupakan hal yang sangat dinanti- nantikan oleh setiap orang, mudik menjadi salah satu momen yang tepat untuk berkumpul bersama semua anggota keluarga. Tentu saja banyak anggota keluarga yang sangat antusias menyambut musim mudik ini, dan fungsi ibu dalam keluarga salah satunya adalah dengan mempersiapkam semua keperluan mudik ini.

Banyak sekali persiapan mudik yang perlu dipersiapkan oleh ibu, apalagi jika anda memiliki seorang bayi maka hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu ciri-ciri ibu yang baik dan cara menjadi ibu teladan adalah dengan mempersiapkan semua keperluan mudik nya dengan sangat baik, baik dari segi persiapan sebelum perjalanan atau saat dalam perjalanan.

Namun, membawa bayi saat perjalanan mudik bukanlah hal yang mudah ibu hal yang mudah, bayi sangat mudah merasa tidak nyaman jika berada dalam tempat yang terlalu sesak atau terlalu panas. Oleh sebab itu, sebagai seorang ibu yang baik anda harus benar- benar tahu hal aoa saja yang harus dilakukan ketika mudik bersama bayi.

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai cara mudik yang aman bersama anak bayi yang bisa ibu terapkan ketika memasuki musim mudik nanti. Yuk disimak:

1. Persiapkan keperluan mudik jauh-jauh hari

Salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik dalam mempersiapkan keperluan mudik salah satunya adalah dengan mempersiapkan barang-barang bawaan atau barang keperluan mudik jauh-jauh hari.

Terkadang hidup bisa penuh dengan kesibukan dan waktu untuk mengepak barang mungkin tidak cukup sehari saja apalagi ibu harus mengurus anak bayi yang terkadang suka rewel dan merepotkan.

Pilih pakaian si kecil yang perlu dibawa dan segala macam kebutuhannya, bawalah barang yang memang benar- benar dibutuhkan saja. Jangan membawa barang terlalu banyak karena hal ini akan membuat kondisi mobil semakin penuh sesak sehingga tidak meninbulkan kenyamanan.

2. Siapkan camilan untuk bayi

Cara kedua yang bisa ibu terapkan untuk melakukan mudik aman dengan membawa bayi adalah membawa beberaoa camilan atau makanan favorit bayi, cara ini menjadi cara yang paling mudah untuk menenangkan anak ketika rewel.

Bawa sebagian camilan bayi yang bervariasi dan sebagian camilan yang bisa dimakan oleh Anda dan pasangan. Pilih juga camilan yang tidak membutuhkan persiapan tertentu dan mudah dimakan.

Kalau khawatir berat badan melonjak atau risiko sakit meningkat setelah mudik, Anda bisa pilih camilan sehat yang tersedia di toko online. Saat ini sudah banyak toko yang menyediakan camilan sehat dan vegan yang bisa jadi alternatif camilan mudik Anda.

3. Bawa barang favorit bayi

Salah satu ciri-ciri ibu yang baik adalah dengan membawa benda kesayangan anak seperti guling, bantal, hingga mainan favorit, pastikan benda kesayangan si kecil tidak ketinggalan ketika mudik.

Biasanya trik ini bisa membuat anak mudah terlelap saat di perjalanan atau bisa mengalihkan perhatian mereka dalam jangka waktu tertentu. Selain barang kesayangan, ibu juga bisa membawa buku cerita dengan berbagai gambar menarik didalamnya sehingga anak akan semakin nyaman ketika dalam perjalanan.

4. Hindari arus mudik yang penuh

Arus mudik yang terlalu ramai bahkan macet mampu membuat kenyaman mudik anda terganggu, untuk itu hindari memilih keberangkatan mudik dengan arus lalu lintas yang ramai. Karena selain mengganggu kenyamanan hal ini juga bisa membuat kondisi kesehatan semakin menurun nantinya.

5. Persiapkan segala hal

Ketika mudik dengan si kecil, mempersiapkan cadangan itu cukup perlu, seperti pakaian, popok, tisu basah, makanan, susu, dan lain-lain. Lalu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang diperlukan, dari obat nyeri, salep.

Persiapkan apapun yang sekiranya dibutuhkan si kecil dan Anda dengan pasangan. Lebih baik punya persiapan daripada penyesalan di akhir.

Mempersiapkan semua keperluan mudik dengan sebaik-baiknya merupakan hal yang penting diperhatikan, dan tugas seorang ibu adalah menjamin bahwa semua keperluan mudik sudah siap dan tidak ada yang ketinggalan.

Itulah tadi tips cara mudik aman bersama anak bayi yang bisa ibu jadikan pedoman saat mudik nanti. Selamat membaca dan terima kasih.