Sponsors Link

9 Ciri Ciri Ibu yang Baik yang Penting untuk Diteladani

Sponsors Link

Ciri-ciri ibu yang baikMenjadi ibu merupakan suatu anugerah Tuhan yang tidak diberikan kepada semua wanita. Jadi, sebaiknya Anda mensyukuri peran tersebut. Mungkin, selama ini Anda merasa belum bisa menjadi ibu yang baik untuk anak Anda. Oleh karena itu, Anda sangat ingin berubah menjadi ibu yang lebih baik lagi daripada sekarang ini.

ads

Mungkin, kesibukan pekerjaan ataupun bisnis membuat Anda kadang lalai untuk memberi perhatian kepada anak Anda. Baik dari segi kasih sayang, makanan, ataupun pendidikannya. Lantas, apa saja ciri ciri ibu yang baik untuk anak Anda? Mari kita bahas dengan lebih rinci.

1. Bangun Lebih Pagi dari Semua Anggota Keluarga

Salah satu ciri ciri ibu yang baik untuk keluarga Anda adalah dengan bangun selalu pagi dari semua anggota keluarga. Apalagi kalau Anda tidak memiliki asisten rumah tangga atau dengan kata lain, Andalah yang mengurus semuanya sendirian.

Bangun paling pagi merupakan salah satu persiapan menjadi ibu rumah tangga yang baik. Mungkin, Anda harus menyapu, membuatkan sarapan, atau mungkin harus membangunkan anak-anak Anda yang harus berangkat ke sekolah.

Jika Andanya saja belum bangun di pagi hari, bagaimana anak Anda bisa terurus. Okelah kalau Anda memiliki asisten rumah tangga. Tapi, apakah Anda berhak untuk lepas tangan begitu saja dalam mengurusi anak Anda di pagi hari? Itulah kenapa sebaiknya asisten rumah tangga dijadikan orang yang membantu, bukan yang mengurusi semua hal.

Lagipula, dengan bangun lebih pagi, Anda juga bisa melayani kebutuhan suami Anda sendiri. Tidak enak, bukan, kalau suami Anda pun harus pembantu yang menyediakan. Anda juga mungkin hanya sekeadar mengawasi apakah pagi ini berjalan dengan baik atau tidak.

2. Tidur Paling Larut dibandingkan Anak-anaknya

Salah satu tips menjadi ibu yang baik untuk anak adalah tidur paling larut dibandingkan anak-anaknya. Hal ini karena Anda selalu ingin memastikan kalau anak Anda sudah terlelap dan tidak terjadi apa-apa.

Ibu yang baik juga biasanya tidak tenang kalau belum memastikan buah hatinya memang sudah tertidur nyenyak atau belum. Apalagi kalau memiliki bayi yang masih rewel. Ibu biasanya akan sangat murung dan begitu khawatir dengan kondisi anaknya.

Ciri ibu yang baik biasanya juga tidak terlalu mengkhawatirkan kondisi kesehatannya sendiri. Dia akan tidak masalah jika dia harus begadang untuk menunggui anaknya selesai belajar. Bahkan dia tidak lelah untuk mengingatkan anaknya untuk segera tidur. Jika anaknya sudah tertidur, barulah dia tidur.

3. Jarang Mengeluhkan Aktivitasnya yang Terkadang Melelahkan

Salah satu tips menjadi ibu yang sabar adalah sangat jarang bahkan tidak pernah mengeluhkan aktivitasnya yang sangat melelahkan. Mulai dari menyapu, mengepel lantai, memasak pagi, siang, dan malam, mencuci pakaian, hingga menjemur pakaian tidak pernah dikeluhkannya.

Ibu yang baik akan menganggap kalau pekerjaannya merupakan hal yang menyenangkan karena dia begitu menyadari betapa mulianya menjadi seorang ibu dan mengerjakan berbagai rutinitas rumah tangga.

Dengan tidak mudah mengeluh, maka semua aktivitaspun akan terasa ringan dan berjalan dengan lancar. Mencuci baju menjadi ringan, mengepel lantai menjadi seru, dan menjemur pakaian pun menjadi kegiatan yang indah. 

Sponsors Link

Coba bayangkan jika Anda menjadi sosok ibu yang sangat hobi mengeluh. Tentunya anggota keluarga jadi tidak rileks bahkan tidak suka dengan keluhan-keluhan Anda setiap harinya. Alangkah lebih baiknya jika Anda menjadi ibu yang periang dan selalu menghadirkan kegemmbiraan di mata suami dan anak Anda. Itu akan lebih baik daripada terus mengeluh.

4. Pintar Mengatur Keuangan

Carilah berbagai tips ibu rumah tangga mengatur keuangan agar Anda bisa bijak dan pintar dalam mengatur keuangan rumah tangga. Dengan sukses dalam mengatur keuangan, maka keluarga Anda akan terhindar dari defisit. Sehingga, kebutuhan pun tetap tercukupi.

Buatlah suami Anda selalu percaya untuk menyerahkan urusan keuangan kepada Anda sehingga dia selalu tebuka pada Anda. Pintarlah dalam membedakan mana yang kebutuhan mana yang keinginan. Dengan begitu, keluarga Anda tidak akan terlilit hutang.

Meski Anda sangat suka belanja. Cobalah untuk bijak dalam mengatur keuangan dan mempertimbangkan seberapa Anda butuhkan barang tersebut. Dengan begitu, ada juga akan terhindar dari hedonisme yang jika terus Anda lakukan akan menjadi hal yang sangat fatal.

Jika Anda tidak bijak dalam mengatur keuangan, maka besar kemungkinan kalau anak Anda jugalah yang akan terkena dampaknya. Entah karena uang sekolah yang tidak terbayar, kebutuhan pendidikan yang tidak terpenuhi, ataupun keinginan-keinginan kecil yang tidak mampu Anda berikan.

Jadi, itulah kenapa manajemen keuangan yang baik sangat diperlukan dalam rumah tangga sebagai salah satu ciri ciri ibu yang baik untuk keluarga Anda. Kalau dari segi keuangan Anda ceroboh, maka akan berdampak pada aspek-aspek lain karena bukan hal yang asing bagi kita kalau ekonomi terkadang menjadi pemicu permasalahan dalam rumah tangga.

5. Selalu Ingin Memberikan yang Terbaik untuk Anaknya

Cukup banyak peran ibu dalam psikologi anak usia dini dan tentunya setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari pemilihan tempat sekolah, pemilihan asupan makanan, pilihan obat-obatan, dan lain-lainnya. Pastilah ibu yang baik ingin yang terbaik untuk anaknya.

Misalkan dalam hal sekolah. Ibu yang baik tentunya selalu ingin anaknya berprestasi di sekolah. Entah itu dalam hal akademis maupun non-akademis. Ibu yang baik biasanya juga tidak hanya menuntut, tapi menuntut.

Dia tidak hanya bisa menuntut anaknya bisa mendapatkan nilai besar di sekolah. Namun, juga menuntun dan mengajarinya. Entah itu memberikan kepercayaan kepada guru privat, guru bimbel, atau dia sendiri yang mengajari. 

ads

Lagipula, yang Anda anggap baik dan terbaik belum tentu baik dan terbaik bagi anak Anda. Bagaimana contohnya? Misalkan Anda memaksakan anak Anda untuk pintar dalam sejarah namun ternyata minat dan bakat anak Anda adalah hal-hal yang berbau hitungan. Hal itu berarti bukanlah yang terbaik untuk anak Anda.

Meski mungkin Anda punya seribu alasan kenapa menganggap kalau pelajaran sejarah adalah pelajaran terbaik yang harus dia kuasai. Namun, ternyata bukan hal itu yang dibutuhkan anak Anda. Anak Anda tidak butuh buku-buku sejarah yang tebal. Dia butuh diberi les privat matematika.

Jadi, jangan sampai Anda salah dalam menganggap hal mana yang terbaik untuk Anda lakukan. Dengan begitu, Anda dan keluarga Anda jadi lebih harmonis dan menjad keluarga yang bahagia bahkan menjadi panutan karena Anda dan suami memiliki pikiran yang terbuka terhadap minat dan bakat anaka Anda.

6. Memberikan Kebebasan kepada Anaknya untuk Berkreatifitas

Tidak semua ibu bisa memberikan kebebasan kepada anaknya untuk berkreatifitas. Beberapa ibu terlalu mengekang anaknya untuk berkreatifitas. Hayoo, apakah Anda juga termasuk ibu yang seperti ini?

Ciri ciri ibu yang baik ternyata tidak selalu menyuruh anak ini dan itu bahkan hingga mengekang yang menyebabkan kreatifitas anaknya menjadi mati dan tidak tersalurkan dengan baik. Bagaimana contohnya?

Misalkan, nih, anak Anda senang untuk mewarnai. Namun, Anda malah memaksanya untuk pintar dalam bidang matematika. Itu sama saja Anda melumpuhkan kreatifitasnya. Biarlah anak Anda terus mencoba apapun yang dia sukai.

tanggung jawab ibu terhadap anak adalah juga bisa mengetahui apa bakat dan minat yang dia miliki dan dia senangi. Dengan begitu, dia jadi tidak merasa tersiksa dengan jadwal-jadwal belajar, les sana sini yang sebenarnya tidak terlalu dia sukai.

Biarlah anak Anda berkreasi sesuai apa yang dia sukai. Namun, tetap ajarkan tanggung jawab untuk membuat PR, membuat tugas keterampilan, ataupun datang ke sekolah tepat waktu. Namun, itu bukan berarti Anda harus memaksanya untuk mendapatkan nilai terbaik di semua mata pelajaran karena setiap anak memiliki bakat dan minat dalam bidang yang berbeda.

7. Begadang Demi Menidurkan Anaknya

fungsi ibu dalam keluarga adalah dengan selalu memastikan anaknya selalu baik-baik saja. Terlebih ketika malam hari. Dia biasanya akan menunggu anaknya tidur dahulu, baru dia pun akan nyenyak untuk tidur.

Itulah ibu yang baik, selalu melakukan hal-hal yang tidak akan terbalas jasanya oleh anak-anaknya. Namun, ibu yang baik memang tidak mnegharapkan imbalan apapun selain melihat anaknya selalu bahagia dan sukses. Apakah Anda memiliki ciri ciri ibu yang baik ini?

8. Sangat Khawatir Jika Anaknya Sakit

Ibu pasti akan sangat khawatir jika anaknya sedang sakit. Pasti si ibu akan mengambil obat terbaik dan melakukan perawatan yang terbaik jika anaknya sedang sakit. Bahkan, kadang kekhawatirannya berlebihan dan tentunya lebih khawatir dibandingkan suaminya.

Nah, cara menjadi ibu yang baik untuk anak laki-laki maupun perempuan juga adalah dengan selalu berusaha menjaga kesehatan anaknya. Entah itu menjaga pola makan, kebersihan lingkungan, bahkan kebersihan baju yang dikenakan anaknya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga lebih telaten dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar anak Anda agar anak Anda terhindar dari penyakit. Apalagi sampai mengidap penyakit yang berbahaya. Anda tidak mau, bukan?

Namun, memang tidak akan ada ibu yang tidak khawatir jika anaknya sedang sakit. Kalau memang tidak khawatir, mungkin ada yang salah dari ibu tersebut. Sebagai ibu yang baik, tentunya juga Anda kan khawatir dengan kondisi anak Anda yang sedang sakit, bukan?

Sponsors Link

9. Memasak untuk Anaknya

cara menjadi ibu yang baik buat anak yang satu ini tampaknya penting juga untuk Anda lakukan. Anda sebaiknya memasak sendiri untuk makanan anak Anda jika Anda ingin memilki ciri ciri ibu yang baik.  Kenapa?

Dengan memasak sendiri makanan anak Anda, Anda bisa memastikan apakah kandungan gizi yang ada pada makanan anak Anda sudah cukup atau belum. Anda juga bisa meminmalisir penggunaan bahan pengawet dan zat-zat berbahaya lainnya.

Biasanya, ibu yang baik lebih banyak melakukan berbagai cara menjadi ibu yang baik daripada mengatakan banyak alasan menjadi wanita karir karena baginya, anaknya adalah nomor satu dan lebih baik dibandingkan dengan karirnya sendiri. Jadi, Anda termasuk tipe wanita yang mana?

Baiklah, itulah 9 ciri ciri ibu yang baik yang sudah seharusnya Anda tiru sekarang juga agar keluarga Anda menjadi lebih harmonis dan bahagia dalam jangka waktu yang sangat panjang. Dengan menjadi ibu yang baik, Anda pasti akan selalu membuat anak dan suami Anda nyaman.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting