Sponsors Link

5 Peran Ibu dalam Psikolog Anak Usia Dini Setiap Ibu Wajib Tau

Sponsors Link

perran ibu dalam psikologi anak usia diniIbu merupakan bagian terpenting dalam hidup anda. Ibu merupakan nadi hidup anda, karena ialah anda dapat tumbuh dan berkembang. Dewasa ini kita ketahui bahwa peran ibu sangatlah berpengaruh. Didikan yang baik akan menjadikan tumbuh kembang anak menjadi baik pula. Karena Ibu yang cerdas akan dapat mendidik anak-anaknya dengan baik pula. Berikut ini peran ibu dalam psikolog anak usia dini:

ads

1. Menumbuhkan Rasa Kepercayaan Diri

Anda sebaiknya mengetahui cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Tidak semua anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, kebanyakan anak-anak kurang memiliki rasa percaya diri tersebut. Anda mungkin dulunya ketika masih menginjak usia anak-anak merupakan seorang anak yang pemalu, seiring berjalannya waktu, anda terlatih menjadi lebih percaya diri.

Seorang ibulah tentunya yang mengajarkan anda untuk lebih percaya diri. Menumbuhkan rasa percaya diri tersebut tidaklah mudah, misalnya pada saat ketika anda masih kecil, Ibu anda menyuruh anda untuk bernyanyi ketika menghadiri acara ulang tahun teman Anda.

Mungkin awalnya Anda malu-malu, bahkan tidak mau bernyanyi, akan tetapi ketika sudah terbiasa, sedikit demi sedikit rasa malu itu hilang, dan berubah menjadi lebih percaya diri, justru mungkin anda akan bernyanyi tanpa disuruh oleh ibu anda lagi.

Begitu juga sikap Anda dengan anak Anda. cara mengatasi anak pemalu disekolah agar anak Anda bisa tumbuh dan berkembang dengan aktif di sekolahnya. Tentunya Anda akan sangat senang ketika melihat dia punya banyak teman dan ceria bermain di sekolah.

2. Menumbuhkan Rasa Saling Menyayangi

Cara menjadi ibu rumah tangga yang baik adalah dengan menumbuhkan rasa saling menyangi pada anak-anak Anda.

Ketika Anda masih kecil, mungkin Anda adalah pribadi yang cuek, hanya memikirkan diri sendiri, dan tidak perduli dengan orang lain bahkan maakhluk sekitar. Disinilah peran ibu sangat penting. Ibu akan mengajari Anda untuk menyayangi semua yang berada di sekeliling Anda.

Ibu Anda kan mengajari Anda untuk menyiram tanaman di setiap harinya agar tanaman tersebut tumbuh subur, kemudian akan tumbuh rasa sayang pada gumbuhan di sekekliling Anda. Mengajari Anda untuk bmemberi makan pada hewan di dekat Anda, misalnya memberi kucing ataupun anjing makan, dengan begini Anda akan lebih peduli terhadap kesehatan hewan di sekeliling Anda.

Cara tersebut sebaiknya Anda terapkan juga pada anak Anda. Itulah kenapa sebaiknya Anda mengetahui cara menjadi ibu yang baik buat anak. Anda harus bisa menumbuhkan sikap saling menyayangi pada anak Anda.

3. Menumbuhkan Rasa Peduli

Anak kecil cenderung egois. Dengan emosi yang belum stabil, bahkan selalu ingin menang sendiri. Karena itulah anak kecil sering bertengkar pada saat sedang bermain.

Pada saat bermain boneka misalnya, anak Anda ingin bermain boneka dengan temannya, dia ingin memainkan dua boneka, sedangkan temannya tidak memiliki boneka, dia tidak mau meminjamkan boneka kepada teman anda.

Sponsors Link

Tentunya Anda akan dengan lemah lembut membujuknya agar dia mau meminjamkan boneka tersebut, kemudian Anda akan menasehatinya agar mau saling berbagi sebagai sesama teman. Anda juga sebaiknya mengetahui tips sabar menghadapi anak kecil yang terkadang cukup bandel.

4. Menghibur 

Tugas seorang ibu memanglah sangat berat. Ada banyak sekali  tanggung jawab ibu terhadap anak. Dimulai dari mendidik, mengasuh, membesarkan, serta menjadikan anak Anda sebagai manusia yang berguna. Banyak pelajaran hidup yang setiap harinya harus di ajarkan oleh ibu kepada anaknya. Namun, tidak hanya itu, ibu juga berperan sebagai penghibur jika anak sedang sedih, kalah, gagal, ataupun terpuruk. Peran ibu cukup berat, ya.

5. Sebagai Panutan

Seharusnya, Anda juga bisa mempraktikkan apa yang sudah Anda ajarkan kepada anak Anda. Jangan hanya berkata jangan A namun Anda malah berbuat A. Anda harus bisa menjadi teladan serta panutan begi anak Anda.

Itulah 3 peran ibu dalam psikologi anak usia dini yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Biar bagaimanapun anak Anda, sebaiknya Anda bisa mengetahui cara menjadi ibu dan istri yang baik untuk keluarga Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting