Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Anak Pemalu Disekolah Paling Efektif

Sponsors Link

Cara mengatasi anak pemalu disekolah merupakan cara yng harus lakukan oleh orang tua, untuk membentuk karakter anak yang tidak malu tampil di depan umum. Anak pemalu biasanya akan menunjukan tindakan yang berbeda antara saat di rumah dan disekolah. Pada saat dirumah ia akan lebih berani untuk tampil baik didepan anda ataupun keluarga. Namun, hal ini berbanding terbalik saat anak berada disekolah. Ia hanya akan menunjukan perilaku diam dan enggan untuk tampil didepan umum. Banyak orang tua yang mendambakan anak yang lincah dan tidak segan untuk bisa berinteraksi dengan orang baru di depan umum, namun ada beberapa anak yang menunjukan perilaku sebaliknya, terutama saat berada disekolah. (Baca juga : Cara Mendidik Anak agar Percaya Diri , Cara Mendidik Anak Agar Mau Belajar )

ads

Anak pemalu atau sifat malu bukan merupakan bagian dari perkembangan anak. Sifat malu bisa didapat dari interaksi yang kurang pada lingkungan sekitar anak. Pada lingkungan sekolah harusnya anak bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan potensi yang ada. Jika rasa malu timbul maka potensi yang ada akan sulit untuk di tunjukkan. Rasa percaya diri juga akan menjadi bekal bagi kesiapan anak di masa yang akan datang. Jangan sampai karena sifat malu ini, mak potensi dan bakat anak menjadi terpendam.

Meskipun belum ada studi yang menyebutkan bahwa anak pemalu akan mengalami kesulitan di bidang akademik atau sulit meraih masa depannya. Namun, kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki sejak kecil akan berpengaruh pada kepekaan terhadap rasa solialisasi dengan sekitar. Pada tahap yang mengkhawatirkan rasa malu akan memberikan kecenderungan bagi anak untuk menutup diri lingkungan sekitar, tentunya ini akan menimbulkan rasa depresi dan pada akhirnya mempengaruhi psikologis sang anak.

Baca juga :

Cara Agar Anak Tidak Menjadi Pemalu Disekolah

Oleh karena itu, bagi orang tua sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak terutama pada lingkungan sekolah. Berikut 10 cara mengatasi anak pemalu di sekolah. Simak selengkapnya.

1. Kenali Faktor yang Membuat Anak Menjadi Pemalu

Cara mengatasi anak pemalu disekolah yang pertama ialah dengan mengetahui apa penyebab atau faktor yang membuat anak cenderung merasa malu disekolah. Faktor faktor tersebut dapat berasal dari luar maupun dalam diri sang anak. Faktor faktor tersebut antara lain :

  • Kurang dalam bermasyarakat
  • Pengalaman buruk saat tampil didepan umum
  • Pola asuh yang keliru, dengan selalu memanjakan anak
  • Tidak memberika kesempatam pada anak untuk berinteraksi / bersikap terlalu over protektive.

Hal-hal diatas sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika berlangsung terus menerus tentunya akan memperparah kondisi sifat malu yang diderita anak. Oleh karena itu, carilah faktor yang menyebabkan anak pelmalu disekolah. Dengan menemukan faktor penyebabnya tentu akan memudahkan dalam penanganannya.

Sponsors Link

2. Ajari Anak Untuk Berinteraksi Dengan Baik Kepada Kawan dan Guru

Sejak dini, tanamkan pada anak untuk berinteraksi dengan orang-orang yang telah mereka kenal atau yang baru mereka kenal.interaksi ini meliputi, bertegur sapa, sekedar berjabat tangan atau pada tahap yang lebih intens adalah bermain dan mengobrol serta bercanda tawa. Baik di rumah ataupun disekolah pola interaksi yang benar akan mampu menghindarkan nak dari sifat malu sekaligus akan membentuk rasa percaya diri pada anak.

Di sekolah anak-anak akan bertemu dengan rekan-rekan sebaya. Tentunya akan memudahkan anak untuk masuk kedalam ruang lingkup pergaulan denga usia yang setara. Kebanyakan anak akan lebih nyaman dan tenang saat berada pada lingkungan yang seusianya. Namun, jangan membatasi anak untuk bisa berinteraksi kepada siapapun. Semakin banyak anak mampu berinteraksi dengan banyak oramg tentunya akan semakin baik untuk perkembangannya.

Latih anak untuk berani menyapa dan bertegur sapa. Selalu ingatkan anak jika mereka melupakan kebiasaan ini. Jika anda telah membiasakan hal ini sejak dini maka anak tidak akan mengalami kesulitan untuk berinteraksi baik di lingkungan rumah maupun sekolah. (Baca juga : Bahaya Gadget Untuk Anak Usia Dini , Dampak Negatif Game Online Bagi Anak )

3. Ajari Anak Keterampilan Sosial

Salah satu cara mengatasi anak pemalu disekolah adalah dengan cara membekali anak dengan keterampilan sosial yang dimilikinya. Keterampilan sosial dapat berupa  mengasah kempampuan dibidang akademiknya, mengajari anak mengasah kemampuan di bidang seni. Dengan kemampuan sosial yang lebih dimiliki anak tentunya hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Sehingga anak tidak lagi merasa malu untuk menunjukkan keterampilan tersebut dihadapan teman-teman sekelasnya ataupun dihadapan guru disekolah.

Untuk itu, jangan membatasi anak untuk melakukan hal yang ia sukai. Selama hal tersebut bukan hal yang membahayakan keselamatannya. Beri pengawasan ekstra saat anak melakukan hal kegemarannya.

4. Jangan Memarahi Anak

  • Jika anak masih merasa malu dan suliy untuk berinteraksi di sekolah. Jangan pernah memarahi anak, justru dengan memarahi anak akan memberikan  dampak negative pada psikologis anak. Memarahi anak akan membuat anak trauma dan enggan untuk diajak ketempat umum lagi. Terkadang anak yang menunjukan gejala malu akan menangis dan merengek saat berada disekolah. Mereka akan terus terusan mengajak pulang karena merasa tidak nyaman pada situasi yang ada. Alih alih daripada memarahi anak, jika memungkinkan dampingi anak pada awal awal masa sekolahnya. Biarkan anak duduk pada posisi yang bis melihat anda, sehingga anak akan merasa nyaman dengan adanya kehadiran anda didekatnya. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi anak pemalu disekolah.

5. Jangan Pernah Melabelkan Gelar  Anak Pemalu Kepada Anak

Cara mengatasi anak pemalu disekolah yang selanjutnya adalah jangan pernah sekalipun melabelkan anak dengan gelar anak pemalu. Label ini akan melekat dan tertanam pada benak anak selama hidupnya. Jika anda sering mengatakan anak pemalu maka akan menyebabkan anak menjudge dirinya sebagai anak pemalu. Tentunya hal ini akan berakibat pada terganggunya perkembangan psikologis anak. Belum lagi jika ditambah dengan ejekan dari teman teman sekolah tentunya akan menyebabkan trauma yang mendalam pada anak. Akibatnya akan bisa mengganggu perkembangan mental anak. Bagaimanapun juga gejala malu yang ditunjukan oleh anak harus diatasi dengan cara yang biJak.

Baca juga :

ads

6. Ajak Anak Ke Kelompok Bermain

Mengajak anak untuk mengunjungi kelompok bermain anak bisaemjadi cara yang efektif untuk menghilangkan rasa malu pada anak. Ajak juga teman teman sekolahnya untuk bisa bermain bersama. Dengan bermain bersama tentunya akan menumbuhkan rasa keakraban pada anak. Anak akan lebih mengenal satu sama lain, berkomunikasi dan berkerja secara bersama-sama. Suasana bermain yang akrab akan menimbulkan mood yang baik bagi anak. Tentunya akan baik bagi perkembangan mental anak.

7. Jalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi sangat penting dalam membangun rasa percaya diri dan menghilangkan rasa malu. Dengan komunikasi yang baik anak anda akan lebih percaya diri untuk bisa tampil di depan teman teman dan gurunya. Komunikasi bukanlah hal yang diperoleh dari belajar melalui buku. Akan tetapi komunikasi merupakan hal yang lahir dari interaksi dengan orang sekitar. Interaksi dan komunikasi yanh baik akan mampu menjadi bekal bagi anak untuk menyingkirkan rasa malu mereka. Oleh karena itu, jangan melarang anak untuk bisa berkomunikasi dengan siapapun. Yang terpenting adalah tanamkan tata krama dan etika yang baik saat menjalin komunikasi. Jangan sampai anak anda dicap sebagai anak yang tidak sopan karena cara komunikasinya yang buruk. (Baca juga : Cara Melatih Mental Anak Agar Berani , Penyebab Anak Tidak Percaya Diri )

8. Luangkan Family Time

Dalam satu minggu anak akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 6 hari berada di sekolah. Durasi waktu dalam seharinya bisa sampai 6-8 jam. Artinya anak lebih banyak menghabiskan waktu diaekolah ketimbang di rumah. Bagi anda orang tua yang pekerja mungkin akan kesulitan meluangkan waktu hanya untuk sekedar menemanu anak belajar dirumah. Namun, family time sangat penting untuk diluangkan. Suasana family time yang santai akan membuat anak lebih terbuka pada kondisi yang dialaminya disekolah. Family time juga akan membantu anda untuk lebih dekat dengan anak. Dengan demikian anda akan bisa menganalisis apakan anak anak tergolong pemalu disekolah. Dengan mengetahui hal ini tentunya anda akan bisa menyiasati cara untuk mengatasinya.

9. Beri Anak Pujian Saat Ia Berhasil Melakukan Sesuatu

Memberi anak pujian merupakan salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Diskusikan hal ini dengan wali kelas atau guru disekolah. Jangan sungkan untuk memberikan pujian pada anak jika ia berhasil melakukan sesuatu dengan benar. Pujian itu akan membuat anak merasa bangaa dengan hasil kerja nya. Dan tidak malu untuk bisa menunjukan nya pada orang lain dan teman-teman disekolahnya. Rasa bangga tersebut akan memupuk rasa percaya diri dan tentunya sangat baik bagi perkembangan anak kedepannya.

Baca juga :

10. Bersikap Sabar dan Telaten

Menggilangkan rasa malu pada anak disekolah bukan hal yang bisa didapat secara instan. Mengatasi rasa malu bukanlah hal yang gampang dilakukan. Apalagi pada usia anak-anak. Dukungan orang tua dan guru menjadi modal utama dalam mengatasi anak yang pemalu. Untuk itu, sebagai orang tua anda harus bersikap sabar dan telaten jangan memburu buru dan memaksakan kehendak anda pada anak. Karena hal tersebut dapat menimbulkan trauma dan rasa tidak nyaman anak terhadap anda. Bukan cuma malu yang akan anak hadapi tapi juga hal hal hal lain. Oleh karena itu anak akan membutuhkan dukungan anda untuk mengatasi rasa malunya disekolah.

Itulah tadi, 10 cara mengatasi anak pemalu disekolah yang  orang tua wajib tau. Tentunya sebagai orang tua anda mendambakan perkembangan optimal pada anak. Dan tidak ingin rasa malu bisa menghambat perkembangan anak, yang bisa berpengaruh pada masa depannya. Semoga artikel ini dapat membantu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting