Sponsors Link

10 Dampak Positif dan Negatif Handphone Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Seiring berjalannya waktu, informasi merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Kebutuhan akan informasi yang ditunjang dengan majunya teknologi yang tercipta seakan mempermudah hal-hal yang biasa Anda lakukan. Munculnya ponsel di peradaban informasi dan komunikasi yang terus berkembang memicu banyak dampak yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi yang maju pesat.Berikut ini merupakan 10 dampak positif dan 10 dampak negatif yang dimiliki oleh ponsel bagi kehidupan Anda.

ads

(Baca Juga: Dampak Negatif Game Online , Dampak Negatif Gadget)

Dampak Positif Handphone

Berikut ini merupakan 10 dampak positif  yang dimiliki oleh ponsel bagi kehidupan Anda:

1. Komunikasi jarak jauh yang nyaman

Keberadaan ponsel utamanya adalah untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Apabila Anda memiliki sanak keluarga yang tinggal jauh dari tempat Anda, ponsel dapat menjadi alterbatif terbaik untuk mengetahu kabar mereka. Kabar melalui teks pesan maupun suara langsung dari mereka tentunya dapat mengobati rasa rindu Anda kan?

2. Penolong saat keadaan darurat

Ponsel bisa jadi penolong Anda dalam keadaan darurat. Anda dapat mengabari atasan Anda ketika terjebak macet maupun hal lain yang terjadi selama perjalanan Anda menuju ke kantor. Apabila Anda dalam posisi darurat seperti kecelakaakan maupun sakit, Anda dapat menghubungi ambulans maupun rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan sedini mungkin.

3. Sarana komunikasi mudah dan murah meriah

Jika dibandingkan dengan surat, berkirim pesan lewat teks pesan yang disediakan ponsel ternyata jauh lebih murah. Anda juga tidak perlu lama menunggu Pak Pos untuk mengantarkan surat balasan kolega maupun keluarga yang Anda kirimi surat, karena berkirim pesan melalui ponsel hanya dalam hitungan detik hingga menit saja. Apabila Anda rindu Akan suara dan tawa teman maupu keluarga yang tinggal jauh, Anda dapat meneleponnya. Meskipun sedikit lebih mahal daripada berkirim pesan instan, namun bercakap-cakap secara langsung dengan mereka akan menghemat waktu Anda karena Anda tidak perlu menunggu balasan teks dari mereka.

4. Sarana penghibur saat waktu senggang

Ponsel yang beredar di pasaran sekarang ini merupakan ponsel yang dibekali dengan teknologi paling baru dan mutakhir. Sering kali Anda menggunakan ponsel Anda ketika merasa bosan dalam keheningan bus atau rumah Anda dengan menggunakannya untuk memutar radio maupun musik yang Anda simpan di sana. Apabila ponsel Anda dilengkapi dengan fitur internet, Anda dapat membuka media sosial maupun surat kabar online untuk mengerahui kabar terkini tentang lingkungan sekitar kita.

5. Paket lengkap sesuai kebutuhan

Keberadaan ponsel pintar atau smartphone yang beredar di pasaran membuat Anda merasakan dampak positif penggunaan ponsel yang tidak Anda sadari. Anda tidak perlu lagi membeli kamera untuk mengabadikan momen-momen tak terduga, cukup menggunakan kamera yang ponsel Anda miliki maka mereka akan terabadikan ke dalam gambar maupun video. Apabila Anda adalah orang yang sulit bangun pagi dan ssah mengingat agenda harian, Anda dapat menggunakan alarm dan notes dalam fitur ponsel lainnya.

Baca juga:

Sponsors Link

6. Kemudahan akses informasi

Seiring menjamurnya industri telepon seluler, para pengembang akan berusaha untuk menciptakan tekonlogi yang canggih dan mutakhir di setiap ponsel keluarannya. Smartphone yang beredar saat ini benar-benar dangat mengerti kebutuhan masyarakat luas di detiap belahan dunia. Memberikan tambahan fitur internet, akan membuat pengguna ponsel merasa nyaman dengan kebebasan akses informasi yang diberikan oleh dunia maya. Anda tidak perlu membeli berlangganan koran setiap pagi karena Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja ketika Anda membutuhkannya.

7. Penyebar informasi

Dengan bantuan internet, informasi yang diperoleh akan semakin mudah. Apabila Anda memiliki sedikit waktu untuk mengetik suatu informasi, Anda dapat mengetiknya sekali saja di ponsel Anda kemudian membagikannya dengan orang-orang lain yang membutuhkannya dengan cara copyv – paste atau broadcast. Cara ini sangat mudah dan efektif apabila Anda memiliki sedikit waktu dengan banyaknya orang yang harus Anda hubungi saat itu juga.

8. Penunjang kegiatan bisnis

Posel menjadi salah satu hal yang penting dalam kegiatan bisnis sekarang ini. Selain untuk menghubungi rekan kerja, ponsel pintar lengap dengan segala fitur akses internet dan media sosial untuk memperluas promosi usaha Anda. Kinerja iklan-iklan di internet sekarang ini jauh lebih banyak dan bervariasi ketimbang iklan yang ada di televisi. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan cara unik untuk mngiklankan produk maupun jasa yang mereka tawarkan melalui video-video singkat di media sosial maupun space iklan yang telah disediakan.

9. Penolong untuk kesulitan bicara

Hal ini kerap kali terjadi jika Anda memiliki teman maupun melakukan kunjungan ke daerah maupun negara yang memiliki bahasa lain. Anda akan mengalami kesulitan dalam komunikasi secara langsung dengan mereka, dan akan memilih menulis apa yang ingin Anda katakan pada mereka. Apabila Anda memiliki ponsel dengan kelebihan fitur kamus online, Anda dapat menggunakannya untuk menerjemahkan sesuai dengan bahasa yang ingin Anda gunakan.

10. Lebih dekat dengan si dia

Apabila Anda tengah mendekati orang yang Anda sukai, ponsel rasanya sangat penting bagi Anda di masa ini. Mengirimkan pesan singkat untuk menanyakan kabarnya dan hal apa yang sedang dilakukannya menjadi hal yang sangat berkesan bagi Anda. Dan bagaimana dengan si dia? Bisa jadi dia terkesan dengan perhatian yang Anda berikan padanya. Intensitas komunikasi yang sangat sering dapat membuat benih-benih suka dan cinta bisa jadi tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Tapi jangan cuma di ponsel, berikan perhatian padanya juga di kehidupan nyata ya!

Baca juga:

Dampak Negatif Handphone

Setelah 10 dampak positif penggunaan ponsel di atas, Anda juga perlu menyimak 10 dampak negatif penggunaan ponsel bagi kehidupan Anda sehari-hari.

ads

1. Lupa waktu

Akibat terlalu lama bermain ponsel, tanpa sadar Ada kerap kali membuang-buang waktu saja dengannya. Awalnya mengusir kebosanan dengan berbalas pesan maupun menelpon sahabat Anda sebentar untuk menanyakan kabarnya namun karena topik pembicaraan yang sangat asik, Anda menjadi lupa waktu. Waktu yang terbuang untuk saling berkabar dengan rekan atau keluarga Anda melaui Ponsel dapat membuat pekerjaan yang seharusnya Anda selesaikan menjadi terbengkalai.

2. Memicu stress

Anda suka berkirim pesan singkat atau SMS? Terlalu lama menunggu balasan dari pesan yang Anda kirimkan dapat memicu stress. Anda akan cenderung bersikap agresif, mudah marah, dan terus-menerus melihat ke ponsel Anda. Akbatnya Anda akan kesulitan fokus untuk menyesaikan suatu pekerjaan atau berbicara dengan orang yang ada di sekitar Anda. Untuk mengurangi stress, maka gunakanlah alternatif telepon untuk segera mengetahui jawaban apa yang ingin mereka sampaikan pada kita.

3. Ketergantungan

Berbalas pesan maupun menelpon dengan tarif yang murah dan dilakukan secara terus menerus akan memicu ketergantungan. Untuk mengantisipasi ketergantungan yang disbabkan oleh ponsel, Anda harus menerapkan hidup disiplin dan mengatur waktu Anda dengan baik.

4. Kurangnya waktu beristirahat

Kurangnya waktu beristirahan merupakan salah satu dampak negatif penggunaan ponsel bagi kehidupan Anda sehari-hari. Memainkan ponsel terlalu lama akan membuat Anda lupa waktu dan mengorbankan waktu istirahat Anda tentunya. Hal ini kerap kali dialami oleh Anda yang sedang melakukan pendekatan dengan orang yang Anda sukai. Boleh saja memainkan ponsel untuk mengetahui kegiatan apa yang sedang si dia lakukan, namun ingat waktu istirahat Anda ya!

5. Meningkatkan kekhawatiran

Anda yang senang berkirim pesan singkat, tampaknya harus memperhatikan hal ini. Khawatir menunggu kabar maupun informasi dari orang yang Anda tunggu, dapat membuat kepala Anda terasa sangat sakit. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh rasa stress berlebihan yang Anda rasakan selama menunggu pesan tersebut. Akibatnya kepala Anda akan terasa sakit bahkan migren. Solusi untuk menghindari hal ini adalah menggunakan telepon untuk mengetahui informasi yang ingin Anda ketahui sesegera mungkin. Apabila Anda tidak dapat menelepon, buatlah diri Anda sibuk dan melupakan tentang pesan Anda yang belum juga dibalas.

Baca juga:

6. Menyebarnya berita kebohongan

Berita bohong atau lebih sering disebut hoax merupakan berita yang sering kita dapatkan dari pemberi informasi yang tidak kita ketahui asal usulnya. Peran ponsel menjadi sangat penting untuk menyebarkan berita yang kita butuhkan, namun apa jadinya apabila kita mendapatkan berita yang tidak sesuai dengan hal yang sebenarnya? Hal ini dapat kita hindari dengan memastikan asal usul berita yang kita dapatkan, apakah sumber pemberi informasi dari berita yang kita dapatkan bisa dipercaya atau tidak. Kondisi ini diperparah dengan munculnya internet dan menjamurnya media sosial yang ada. Anda dituntut untuk lebih teliti dalam mengolah informasi yang Anda dapatkan di sana. Perhatikan, jangan sampai tertipu ya!

7. Gaya hidup konsumtif

Gaya hidup konsumtif sering kali muncul akibat informasi berupa iklan di ponsel yang biasanya kita dapatkan melalui pesan singknkat. Melakukan promosi dengan cara menyebar diskon besar-besaran melalui pesan singkat, tentu saja dapat menarik minat Anda. Alih-alih membeli benda dengan harga diskon untuk menghemat pengeluaran, Anda ternyata malah melakukan hal sebaliknya. Benda yang seharusnya tidak masuk ke dalam daftar kebutuhan Anda, tiba-tiba akan terbeli karena diskon yang ditawarkan oleh pesan singkat dalam ponsel Anda. Jangan sampai tergiur, ingat kebutuhan Anda sebelum keinginan Anda!

8. Rasa sakit di bagian lengan dan pergelangan tangan 

Bagi Anda yang kerap kali menghabiskan waktu Anda dengan memainkan ponsel, mungkin Anda akan merasakan nyeri dan sakit di sekitar lengan dan pergelangan tangan Anda. Memainkan ponsel dengan terlalu banyak mengetik pesan maupun memegang ponsel saja, akan membuat otot dan persendian yang Anda miliki di sekitar lengan dan pergelangan tangan Anda mudah lelah. Meskipun hanya memegang dan memainkan keypads nya saja, lengan dan pergelangan tangan Anda akan terasa sakit, karena terlalu lama menahan beban ponsel dan melakukan kegiatan mengetik saja. Perhatikan waktu bermain ponsel Anda, batasi jika perlu. Beristirahatlah apabila Anda sudah mulai merasa sakit di area-area tersebut. Berikan gerakan peregangan untuk meregangkan otot Anda yang tegang akibat aktivitas tersebut.

Sponsors Link

9. Munculnya cyber – bullying

Cyber-bullying merupakan jenis kekerasan yang dilakukan seseorang melalui ujaran yang dilontarkan melalui pesan singkat dalam ponsel, internet, maupun media sosial yang marak di segala kalangan sekarang ini. Hal ini ditandai dengan bullying yang berisi penhinaan, ejekan, intimidasi, ancaman, hingga mempermalukan salah satu pihak. Cyber – bullying sendiri merupakan hal yang kerap kita jumpai di internet maupun media sosial. Tersedianya kolom komentar yang ada pada semua jenis media sosial, seakan mewadahi para individu yang awalnya digunakan untuk memberikan masukan positif atas konten yang mereka unggah, namun disalahgunakan untuk berkata ujaran yang tidak pantas untuk dilakukan. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus, pihak yang dibully akan merasa tertekan, stress, hingga depresi berat. Maka tak jarang kita meihat banyak orang yang melakukan bunuh diri untuk menghilangkan rasa sakit dan malu akibat pembullyan

10. Tumbuhnya sel kanker

Kerap kali meletakkan ponsel di sekitar Anda, dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Pancaran radiasi dari ponsel yang ada di sekitar Anda akan meningkatkan resiko tumbuhnya sel hingga jaringan abnormal dalam tubuh Anda. Mulai dari kanker kulit, hingga kanker pada anggota tubuh Anda lainnya yang biasa terpapar radiasi dari ponsel Anda. Hentikan kebiasaan mengantongi handphone selama berjam-jam dalam keadaan menyala, menelepon tanpa media headset, dan letakanlah ponsel Anda jauh dari tempat tidur.

Baca juga:

10 Dampak Positif dan Negatif Handphone yang sudah dipaparkan di atas memang kerap kali tidak Anda sadari. Manfaat yang dibawa oleh ponsel di kehidupan sekarang ini memang tidak akan lepas dari dampak negatif. Kebutuhan akan informasi yang semakin meningkat seiring bertambahnya waktu, membuat Anda tidak bisa berjauhan dengan ponsel. Mungkin Anda tidak dapat menghidari dampak negatif yang ditimbulkan oleh ponsel, namun Anda seharusnya mampu meminimalisir dampak-dampak tersebut. Perhatikan dan batasi waktu bermain dengan ponsel Anda, jangan sampai ponsel Anda mengendalikan hidup Anda!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup