Sponsors Link

10 Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita Mudah Dikenali

Sponsors Link

ads

Penyebab Kanker serviks dapat berasal dari faktor faktor dalam seperti kondisi tubuh, pola hidup  yang tidak sehat,  hingga kondisi pernikahan memiliki peran dalam terjadinya kanker serviks. Dalam istilah kedokteran kanker merupakan sebuah penyakit yamg disebabkan karena pertumbuhan sel tubuh yang tidak terkendali. Jenis kanker dinamai berdasarkan bagian organ tubuh yang diserang oleh penyakit kanker tersebut. (Baca juga : Penyebab Kanker Payudara , Gejala Kista pada Wanita )

Kanker serviks atau yang biasa disebut dengan kanker leher rahim merupakan kanker yang tumbuh dan berkembang pada leher rahim wanita. Leher rahim atau serviks merupakan saluran yang menghubungkan antara vagina wanita dengan rahim. Persentase kematian bagi penderita kanker ini cukup tinggi. Sehingga tidak salah jika kanker serviks merupakan jenis kanker yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Di Indonesia sendri dari 40-45 kasus kanker serviks yang terjadi 20-25 penderitanya tidak dapat diselamatkan nyawanya. Hal ini disebakan karena keterlambatan dalam penanganan. Karena kanker serviks merupakan kanker yang sangat sulit untuk diketahui gejala awalnya. Sehingga si penderita akan divonis menderita kanker serviks saat kondisinya telah memcapai tahap tengah.

Baca juga :

Faktor yang Menyebabkan Kanker Serviks Pada Wanita

Pada dasarnya setiap wanita memiliki resiko terserang kanker ini. Namun, beberapa penyebab dibawah ini bisa menjadi faktor resiko yang memperbesar terjadinya kanker serviks.

1. Adanya Infeksi HPV (Human Pavilloma Virus)

Virus HPV atau Human Pavilloma Virus merupakan jenis virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seks baik melalui vagina maupun oral. Infeksi dari virus HPV ini merupakan penyebab utama terjadinya kanker pada organ genital wanita seperti kanker vagina, serviks, endometrium dan ovari. Pada dasarnya HPV merupakan kumpulan dari berbagai jenis virus yang jumlahnya mencapai lebi dari 100 jenis virus. Dari ratusan jenis virus tersebut, HPV 16 dan 18 merupaka penyebab utama dari terjadinya kanker serviks. Sebanyak 99% kasus terjadinya kanker serviks terjadi setelah adanya infeksi HPV.

Salah satu cara penyebaran virus HPV adalah melalui interaksi dari kulit ke kulit salah satunya adalah melalui hubungan seksual. Oleh karena itu salah satu cara pencegahan penyebaran virus ini adalah dengan menggunakan pengaman saat berhubungan, menghindari penggunaan jarum suntik bekas dan setiap pada satu pasangan saja.

2. Sering Bergonta Ganti Pasangan

Sering bergonta ganti pasangan juga dapat menjadi penyebab terinfeksi virus HPV. Seringnya berganti pasangan akan memberikan resiko lebih tinggi untuk terserang kanker serviks. Seperti yang kita tahu bahwa penyebaran virus HPV adalah melalui hubungan seksual. Sehingga semakin banyak pasangan anda maka resiko terinfeksi virus ini juga akan semakin besar. Setia pada pasangan dan mendekatkan diri kepada tuhan tentunya akan dapat membantu anda untuk menghindari salah satu penyebab kanker serviks.

Baca juga :

Sponsors Link

3. Wanita Perokok

Pada umumnya merokok merupakan kebiasaan pria. Namun, saat ini banyak juga wanita yang memiliki kebiasaan merokok. Berdasarkan sebuah riset wanita yang merokok memiliki resiko lebih besar untuk terserang kanker serviks. Mengapa demikian?. Didalam rokok terkandung zat adiktif yang merupakan pemicu utama tumbuhnya kanker. Selain resiko kanker paru paru ternyata sebuah riset menunjukan  bahwa ada kandungan tembakau yang ditemukan pada leher rahim wanita yang merokok. Tentunya kandungan ini bisa memicu timbulnya kanker pada leher rahim. Sebisa mungkin hindarilah merokok karena tidak hanya kanker namun rokok juga memicu banyak penyakit berbahaya lainnya.

4. Hubungan Seks yang Terjadi Pada Usia Dini

Usia 17 tahun merupakan usia dimana organ reproduksi pada wanita telah berkembang secara sempurna. Sehingga pada usia ini sebenarnya wanita telah diperbolehkan menikah. Walaupun pada usis tersebut dapat dikatakan bahwa usia yang masih terlalu dini untuk membina hubungan rumah tangga. Banyak statement yang mengatakan bahwa salah satu penyebab kanker serviks adalah pernikahan dini yang terjadi antara pasangan. Pada faktanya ternyata bulan pernikahan dini yang menjadi penyebab namun hubungan seksual yang terlalu dini yang menjadi penyebabnya.

Pada usia dibawah 17 tahun tentunya organ reproduksi belum berkembang secara sempurna, sel sel ny belum tumbuh dengan lengkap. Sehingga wanita yang melakukan hubungan seksual di bawah usia 17 tahun 2 kali lebih rentan untuk terkena kanker serviks. Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan pendidikan seksual sedini mungkin, serta bekali anak dengan pelajaran agama yang memadai dan selalu jauhkan anak dari pergaulan bebas. (Baca juga : Cara Merawat Organ Kewanitaan Secara Alami , Ramuan yang Merapatkan Daerah Kewanitaan )

5. Penggunaan Pil KB

Salah satu penyebab kanker servils lainnya adalah penggunaan pil KB dalam jangan panjang. Sebuah riset menunjukkan bahwa penggunaan alat kontrasepsi berupa pil KB akan memberikan  resiko terjadinya kanker serviks. Pengunaan pil KB dalam waktu lama akan berpengaruh kepada kesehatan leher rahim. Resiko terserang kanker serviks akan turun jika penggunaan pil KB juga di hentikan. Oleh karena itu pilih alternatif lain sebagai alat kontrasepsi. Karena banyak sekali jenis kontrasepsi selain pil kB yang dapat kita pilih. Namun jika memang benar benar terpaksa harus menggunakan pil KB, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Serta pilih pil KB yang aman bagi organ reproduksi anda.

6. Gen / Riwayat Keturunan

Potensi terserang kanker serviks akan meningkat seiring dengan adanya riwayat keluarga yang pernah terserang kanker tersebut. Jika ibu, saudara perempuan atau saudara lain anda pernah terkena penyakit ini, maka kemungkinan anda untuk terserang kanker serviks menjadi lebih besar. Mengapa? Hal ini disebabkan karena adanya kesamaan sistem imun dan daya tahan tubuh. Sehingga kemungkinan infeksi juga akan sama. Wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini akan memiliki kemungkinan 2 kali lipat terserang dibandingkan dengan wanita tanpa riwayat penyakit ini. Jika keluarga anda memiliki riwayat penderita kanker serviks maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan rutin pap smear. Denhan melakukan pemeriksaan pam smear jika ada sel sel pada leher rahim yang tumbu tidak terkemdali akan bosa segera terdeteksi. Sehingga dengan adanya deteksi sedini mungkin akan menyebabkan tidak terjadinya keterlambatan penanganan.

Baca juga :

7. Rendahnya Sistem Imun Tubuh

Wanita dengan sistem imun yang rendah akan lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit. Termasuk juga kanker serviks ini. Ketika virus HPV menginfeksi bagian leher rahim tentunya akan melemahkan sistem imun. Namun, jika sistem imun anda masih kuat tentunya infeksi ini dapat ditanggulangi. Tetapi jika dari awalnya saja sistem imun yang dimiliki sudah lemah, maka virus HPV tidak membutuhkan waktu lama untuk dapat menginfeksi dan berkembang menjadi kanker serviks.

Sponsors Link

8. Menderita Obesitas

Kelebihan berat bada bukan hanya meningkatkan resiko penyakit seperti gagal jantung dan paru paru. Ternyata obesitas pada wanita juga merupakan salah satu penyebab kanker serviks. Wanita penderita obesitas memiliki resiko lebih besar untuk bisa terserang kanker serviks. Untuk itu, selalu jaga berat badan tubuh agar ideal. Lakukan olah raga rutin seperti lari lari kecil atau senam.

Baca juga :

9. Memiliki Anak Pada Usia yang Terlalu Dini dan Melahirkan Anak Lebih dari 7 Kali

Sebuah riset yang telah dilakukan menunjukan bahwa wanita yang memiliki banyak anak, tepatnya wanita yang melahirkan lebih dari 7 kali memiliki resiko terkena kanker serviks lebih besar dibanding wanita yang melahirkan dibawah 7 kali. Meskipun belum terdapat bukti empiris yang nyata, namun berdasarkan hasil dari responden. Menunjukan bahwa sistem imun dan kondisi leher rahim sangat rentan terkena infeksi jika melahirkan lebih dari 7 kali.

Sebenarnya yang paling penting dari riset ini adalah bukan banyaknya jumlah anak yanh dilahirkan. Melainkan kapan usia saat melahirkan anak pertama. Semakin dini atau muda saat melahirkan anak pertama tentunya semakin besar resiko terserang penyakit ini. Hal ini berkorelasi dengan penyebab kanker serviks lainnya yaitu melakukan hubungam seksual pada usia dini. Memiliki anak pada usia dini tentunya pertanda bahwa telah melakukan hubungan seksual pada usia dini. (Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Keluarga , Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga , Cara Menghemat Uang Belanja Mingguan )

10. Kurang Konsumsi Buah dan Sayur Segar

Penyebab kanker serviks yang terakhir adalah kurangnya mengkonsumsi buah dan sayur segar. Wanita yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur segar akan memiliki resiko 2 kali lipat lebih besar untuk terserang kanker leher rahim.  Seperti yang diketahui bahwa buah dan sayuran segar merupakan salah satu sumber makanan anti kanker. Kandungan betakaroten dan antioksidan tinggi dapat menangkal radikal bebas, dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Perbanyak sayuran hijau dan buah segar agar dapat memperkecil kemungkinan terserang kanker serviks.

Itulah tadi, 10 penyebab dari kanker serviks yang mudah dikenali. Kenali penyebab penyebab dari kanker serviks. Agar dapat menghindari penyakit ini sejauh mungkin. Lakukan pemeriksaan secara rutin agar tidak mengalami keterlambatan dalam penanganannya.

, ,
Oleh :