Sponsors Link

10 Bahaya Gadget untuk Anak Usia Dini Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Bahaya gadget untuk anak saat ini merupakan perbincangan yang cukup banyak dilakukan oleh para orang tua. Mengingat tingkat kecanduan anak-anak pada gadget yang terus meningkat, maka sangatlah wajar jika kemudian orang tua menjadi khawatir dengan bahaya gadget yang dapat mengancam anak-anaknya.

ads

Baca Juga:

Keberadaan gadget dan interaksinya tidak mungkin dicegah secara utuh. Mau tidak mau, tentu anak pasti akan berinteraksi dengan gadget dan kemudian mengetahui bagaimana menariknya setiap layanan yang ditawarkan oleh gadget ini. Akan tetapi, pastinya ada bahaya gadget untuk anak yang harus diantisipasi. Apa sajakah bahaya dari gadget untuk anak-anak kita? Jika anda penasaran, maka simaklah penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bahaya Gadget untuk Anak yang Mengintai

Gadget yang sangat sering berinteraksi dengan anak adalah smartphone. Keberadaan dari penggunaan smartphone ini pun adalah yang paling sering menyebabkan banyak dampak negatif ataupun bahaya untuk anak-anak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak macam bahaya yang mungkin mengintai anak-anak kita akibat dari penggunaan gadget. Setidaknya ada 8 bahaya gadget yang mengintai anak-anak di masa sekarang ini. Berikut ini daftar 10 bahaya dari gadget tersebut. Semoga dapat bermanfaat untuk menginformasi anda sebagai orang tua.

  1. Membuat Anak Malas Gerak

Anak yang malas gerak adalah salah satu bahaya yang dapat dihasilkan dari kebiasaan menggunakan gadget. Padahal anak-anak membutuhkan aktif bergerak untuk dapat melatih fisik tubuh tetap kuat dan berkembang secara maksimal dalam pergerakannya. Oleh karena itu, jika anak-anak telah mengenal gadget mereka akan lebih banyak duduk. Kebiasaan duduk ini sangat berbahaya untuk kesehatan anak-anak. Mereka akan jarang berlari dan tidak lagi suka bermain bola. Hingga akhirnya, anak-anak pun dapat terancam obesitas karena malasnya bergerak.

Baca Juga:

  1. Membuat Anak Sulit Tidur

Bahaya selanjutnya yang mungkin menyerang anak akibat pengaruh dari gadget adalah kesulitan tidur. Anak dapat mengalami kesulitan tidur akibat dari gadget yang mengeluarkan sinar biru (blue light) yang diketahui dapat membingungkan otak untuk mengirimkan sinyal mengantuk pada anak. Akhirnya, anak-anak akan sulit tidur jika tidak menggunakan gadget minimal selama 3 jam sebelum tidur. Cara mengatasi bahaya yang sudah terlanjur menyerang ini adalah dengan membiasakan diri untuk membacakan cerita sebelum tidur untuk menggantikan waktu bermain gadget.

Sponsors Link

  1. Membuat Konsentrasi Anak Menjadi Pendek

Efek samping atau bahaya dari penggunaan gadget lainnya untuk anak-anak adalah munculnya kesulitan berkonsentrasi. Kesulitan konsentrasi ini ditunjukkan dengan berkurangnya kemampuan konsentrasi anak menjadi lebih pendek. Anak tidak dapat lagi berkonsentrasi pada satu hal dengan lama. Konsentrasinya akan terus tergantikan akibat dari fitur yang banyak dalam gadget. Pengaruh konsentrasi yang menjadi pendek ini sangat merugikan saat anak-anak bersekolah nantinya. Mereka akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi pada pelajaran pun dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Baca Juga:

  1. Anak Menjadi Mudah Merasa Nyeri dan Sakit

Anak-anak yang menggunakan gadget dengan intensif pun diketahui dapat sering mengalami keluhan nyeri dan sakit di beberapa bagian tubuhnya. Seperti yang diketahui penggunaan gadget pastinya akan melelahkan otot-otot di bagian punggung, leher, dan tangan. Beberapa bagian tubuh ini akan sangat menyiksa jika sudah sangat parah sakitnya. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan postur tubuh anak ketika sedang menggunakan gadget. Pastikan tubuhnya yang tidak baik posturnya tidak dilakukan.

  1. Anak Menjadi Rusak Matanya

Bahaya yang satu ini pastinya sudah cukup banyak diketahui orang tua. Penggunaan gadget dengan jarak pandang mata yang tidak proposional diketahui dapat sangat membahayakan kesehatan mata seseorang. Kerusakan mata seperti penyakit minus dan silinder pun tidak jarang membuat anak menjadi kesulitan dalam kelanjutan belajarnya. Oleh karena itu, anda diharapkan dapat mengatur penggunaan gadget oleh anak anda. Pastikan jarak pandangnya tidak terlalu dekat dan sinarnya tidak terlalu terik menusuk mata. Buatlah waktu istirahat setelah beberapa lama pemakaian, untuk mengistirahatkan mata anda.

Baca Juga:

  1. Anak Menjadi Sulit Bersosialisasi

Anak yang terlalu sering menggunakan gadget pun diketahui dapat memiliki kesulitan dalam bersosialisasi. Hal ini sudah dibuktikan melalui penemuan dalam suatu penelitian bahwa anak yang kecanduan gadget akan sulit berkomunikasi dengan teman-teman ataupun orang lain di sekitarnya. Anak-anak akan lebih memilih menghabiskan waktunya dengan gadget dibandingkan dengan orang-orang disekitarnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda harus memastikan bahwa anak tidak boleh terlalu lama bermain gadget. Selanjutnya, pastikan juga anak anda tetap memiliki waktu bermain dengan teman sebayanya.

  1. Berpotensi Menjadi Cikal Bakal Gangguan Mental

Hal ini merupakan penemuan dalam penelitian anak-anak yang terbaru dan masih perlu banyak disosialisasikan kepada para orang tua. Seperti yang diketahui anak-anak yang menggunakan gadget sejak usia yang terlalu dini dapat menimbulkan banyak perubahan sifat yang tidak normal. Hal-hal ini dapat berujung pada gangguan mental oleh anak. Salah satu gangguan yang cukup populer diketahui disebabkan oleh gadget adalah autisme. Keadaan autisme ini perlu ditangani secepatnya dan diberikan pengelolaan sedini mungkin untuk mengurangi efek negatifnya.

Baca Juga:

Sponsors Link

  1. Berpotensi Mengurangi Daya Ingat

Berkurangnya daya ingat anak-anak dikeahui juga merupakan salah satu bahaya gadget untuk anak anda. Keadaan ini dipengaruhi oleh semakin cepat dan banyaknya informasi yang harus dikelola sehingga anak-anak menjadi cepat lupa. Oleh karena itu, kemampuan ingat atau daya ingat dari anak-anak yang kecanduan gadget sangatlah rendah. Hal ini pun kemudian diperparah dengan sulitnya berkonsentrasi dari anak-anak yang menggunakan gadget secara terus menerus. Itulah sebabnya, anda harus memberikan batasan yang jelas untuk anak anda kapan waktu mereka boleh menggunakan gadget dan kapan tidak boleh.

  1. Terkena Efek Radiasi

Efek radiasi merupakan bahaya yang paling harus diwaspadai oleh orang tua akibat dari gadget. Gadge merupakan alat elektronik yang setiap cahayanya menghasilkan  radiasi yang tidak baik untuk manusia di segala usia. Hal ini berlaku juga untuk anak-anak yang diketahui sangat rentan dengan penyakit dan daya tahan tubuhnya pun tidak kuat. Oleh sebab itu, anda diharapkan mampu mencegah anak-anak anda mengalami kecanduan gadget yang berbahaya ini.

  1. Terkena Resiko Kecanduan

Resiko kecanduan anak pada gadget sudah banyak menjadi topik pembicaraan akhir-akhir ini. Kecanduan ini dapat meningkat hingga paling parah menyebabkan anak tidak mau lepas sama sekali dari penggunaan gadget. Oleh karena itu, orang tua harus membuat aturan yang ketat mengenai penggunaan gadget. Hal ini dilakukan agar anak-anak tidak menjadi ketergantungan dan kemudian tidak dapat melakukan hal-hal lain yang lebih penting seperti belajar.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Keputihan  ,Gejala Kista pada Wanita)

Itulah tadi sedikitnya 10 bahaya gadget untuk anak yang harus anda waspadai sebagai orang tua. Pastikanlah jangan sampai anak anda terlalu sering menggunakan gadget dan kemudian mengalami bahaya-bahaya yang telah disebutkan di atas. Besarkanlah anak anda sebisa mungkin tanpa bantuan gadget. Tingkatkanlah komunikasi dan aktivitas dengan anak anda, dan jangan biarkan anak anda ketergantungan gadget. Selamat mempelajari informasi ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting