Sponsors Link

10 Efek Samping Sunblock untuk Wajah Anda

Sponsors Link

Efek samping sunblock merupakan tema pembicaraan pada artikel kali ini. Sunblock merupakan produk untuk menjaga kulit dari sinar matahari. Keberadaan sunblock pastinya sangat menguntungkan untuk wanita-wanita yang ingin kulitnya tetap terjaga, walaupun harus beraktivitas penuh di luar ruangan. Permasalahan mengenai sunblock sebelumnya belum banyak diketahui secara umum dalam masyarakat. Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui kegunaan sunblock, tanpa mengetahui bahwa sunblock pun dapat berbahaya untuk kesehatan manusia.

ads

Baca Juga:

Anda mungkin kemudian menjadi tertarik untuk mengetahui apa sebenarnya efek samping sunblock yang harus anda waspadai bahayanya. Sunblock merupakan produk yang juga terbuat dari bahan-bahan kimia, jadi wajar memiliki efek sampin dan resiko. Kebanyakan resiko sunblock erat kaitannya dengan kandungan obat-obatan di dalamnya. Sedikitnya terdapat 10 efek samping sunblock yang perlu anda ketahui. Simaklah penjelasan mengenai masing-masing efek samping tersebut, di bagian di bawah ini.

Akibat Pemakaian Sunblock yang Harus Diwaspadai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sunblock memiliki efek samping yang harus diwaspadai. Efek samping ini tidak mungkin dibiarkan dan tidak dicegah semaksimal mungkin. Untuk dapat melakukan pencegahan, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja efek samping dari sunblock. Berikut ini penjelasan mengenai 10 efek samping sunblock yang wajib anda waspadai.

  1. Membuat Jerawat Semakin Parah

Salah satu efek samping dari penggunaan sunblock yang tidak tepat adalah munculnya jerawat yang semakin parah kondisinya. Seperti diketahui, sunblock ada banyak jenis dan teksturnya. Jenis dan tekstur dari sunblock ini dapat berbeda-beda efeknya pada setiap lapisan kulit orang yang berbeda-beda. Efek samping itu dapat ditimbulkan jika kulit anda memiliki pori-pori yang besar, namun menggunakan sunblock dengan bahan dan kandungan minyak yang tinggi. Anda tentunya harus mewaspadai minyak itu masuk pada pori-pori dan menjadi penyebab jerawat timbul. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki pori-pori besar lebih disarankan menggunakan sunblock dengan kandungan air yang tinggi.

Baca Juga:

  1. Menimbulkan Nanah di Folikel Rambut Anda

Bagi anda yang menggunakan sunblock atau tabir surya di seluruh badan, maka anda harus berhati-hati dengan efek sampingnya yang menimbulkan nanah. Hal ini dilatarbelakangi oleh sunblock yang tidak cocok kemudian menimbulkan gatal-gatal. Pada folikel rambut, gatalgatal ini kemudian dapat berubah menjadi nanah. Tentunya keadaan ini sangat mengganggu kepercayaan diri setiap wanita. Oleh karena itu, anda disarankan untuk dapat memilih jenis sunblock yang anda gunakan dan pada bagian manakah sunblock itu perlu digunakan. Hindarilah penggunaan langsung mengenai kulit kepala, khususnya.

Sponsors Link

  1. Menyebabkan Bagian yang Berbulu menjadi Perih

Anda tentu sudah mengetahui bahwa banyaknya merek sunblock, dapat juga menyebabkan banyaknya jenis dan pilihan tesktur sunblock itu sendiri. Jenis sunblock yang perlu anda ketahui adalah sunblock dengan tekstur lotion, sunblock dengan tekstur krim, tekstur gel, dan mungkin juga dengan bentuk spray. Semua bentuk sunblock ini dapat anda gunakan. Namun, berhati-hatilah dalam penggunaan sunblock di wilayah tubuh yang berbulu seperti tangan dan betis. Bagian-bagian tubuh yang berbulu sering kali merasa sakit setelah dikenakan sunblock. Jika anda ingin menghindarinya, maka gunakanlah sunblock dalam wujud gel.

Baca Juga:

  1. Meningkatkan Resiko Kanker Payudara pada Wanita

Efek samping sunblock selanjutnya memiliki kaitan dengan resiko kanker payudara. Saat ini, kanker payudara diketahui merupakan salah satu penyebab kematian cukup tinggi di kalangan wanita. Tentunya berbagai hal harus dihindari agar resiko kanker darah ini tidak semakin tinggi menyerang. Ternyata, sunblock merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kanker payudara. Mungkin anda belum pernah tahu bahwa sunblock memiliki kandungan yang memberikan pengaruh besar pada kadar estrogen dalam darah. Keadaan ini kemudian dapat menimbulkan efek estrogenik pada sel kanker payudara. Sehingga, kanker payudara pun dapat semakin meningkat resikonya.

  1. Munculnya Bentol-bentol Merah dan Penyakit Kulit Lain

Sunblock ternyata juga dapat menimbulkan efek samping lain. Efek samping tersebut adalah munculnya bentol-bentil merah dan berbagai penyakit kulit lainnya. Hal ini terjadi disinyalir disebabkan oleh terjadinya ketidak cocokan antara bahan dan kandungan sunblock dengan kondisi kulit penggunanya. Untuk itu dalam menggunakan sunblock, penting juga untuk mengetahui apa saja kandungan dalam sunblock itu sebelum menggunakannya. Jangan sampai anda mengalami munculnya bentol-bentol merah ini. Keberadaan bentol-bentol merah seperti yang dijelaskan sebelumnya pun dapat berubah menjadi nanah. (Baca Juga: Cara Melancarkan Haid , Cara Mengatasi Nyeri Haid)

  1. Terjadinya Iritasi Mata

Penggunaan tabir surya dapat memberikan efek samping yang sangat fatal jika digunakan dengan sembarangan, lalu masuk ke mata. Kandungan dalam sunblock sungguh tidak dapat bereaksi dengan mata. Itulah sebabnya anda harus memastikan sunblock tidak mengenai bagian mata anda. Jika terlanjur terkena, maka akan tejadi iritasi mata. Pertolonga pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membilas mata dengan air mengalir hingga dirasa mata lebih reda sakitnya. Jika tidak ada pengaruh berarti, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

Baca Juga:

  1. Rambut dan Kulit Kepala menjadi Sakit

Efek samping sunblock yang satu ini juga merupakan salah satu efek samping yang paling banyak ditemui. Hal ini ada kaitannya dengan kandungan dan tekstur dari sunblock itu sendiri. Sunblock yang memiliki tekstur yang terlalu kuat untuk kulit kepala, dapat menyebabkan kerusakan serta sakit tertahan pada bagian kulit kepala bahkan mencapai rambut. Untuk itu anda diharapkan mampu mempelajari setiap sunblock yang anda gunakan untuk meminimalisir efek samping yang mungkin menyerang.

Sponsors Link

  1. Munculnya Reaksi Alergi

Salah satu efek samping sunblock selama penggunaannya yang tidak cocok adalah munculnya reaksi alergi yang semakin parah kondisinya. Seperti diketahui, sunblock ada banyak jenis, kandungan, dan teksturnya. Jenis, kandungan, dan tekstur dari sunblock ini dapat berbeda-beda efeknya pada setiap lapisan kulit orang yang berbeda-beda. Efek samping itu dapat ditimbulkan jika kulit anda memiliki pori-pori yang besar, namun menggunakan sunblock dengan bahan dan kandungan minyak yang tinggi. Anda tentunya harus mewaspadai reaksi antara kandungan sunblock tersebut dengan kulit anda yang kemudian berakhir dengan alergi. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki alergi terhadap kandungan bahan kimia tertentu seharusnya anda memeriksa kandungan sunblock sebelum menggunakannya.

Baca Juga:

  1. Menyebabkan Kerusakan Lapisan Bibir

Sunblock umum seharusnya tidak digunakan di bibir. Hal ini disebabkan oleh kandungan sunblock yang sangat membahayakan kulit luar bibir yang tipis dan tidak mampu menahan rasa sakit dan efek samping sunblock lainnya. Pelindung bibir dari matahari atau sunblock bibir merupakan produk terpisah yang tidak bisa disamakan kegunaannya.

  1. Menghindari Penggunaan pada Anak yang Terlalu Berlebihan

Kulit anak-anak diketahui masih sangat rentan dengan pengaruh bahan kimia. Sunblock tentu memiliki kandungan bahan kimia yang cukup berat. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk tidak terlalu sering mengoleskan sunblock pada kulit anak-anak anda untuk menghindari efek samping di masa mendatang.

Baca Juga:

Demikianlah tadi beberapa informasi mengenai efek samping sunblock yang perlu anda perhatikan dan waspadai. Lebih baik anda melakukan pencegahan daripada pengobatan bukan? Oleh sebab itu, ada baiknya anda mengetahui beberapa efek samping di atas dan apa saja pemicunya. Jika sudah mengetahui dengan jelas, lakukanlah upaya pencegahan efek samping tersebut secara maksimal. Sehingga kesehatan tubuh yang terbebas dari efek samping oleh sunblock pun dapat anda miliki. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh!

, , ,
Oleh :
Kategori : Kecantikan