Sponsors Link

15 Vitamin untuk Anak Susah Makan yang Orang Tua Wajib Tahu

Sponsors Link

Anak susah makan?, merupakan kondisi yang sering dialami setiap orang tua. Kekhawatiran orang tua terhadap kondisi yang demikian tentunya sangat wajar. Anak yang sehat, aktif dan cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tentunya membutuhkan banyak kalori untuk dapat berkegiatan secara aktif. Pertumbuhan anak juga dapat terganggu, karena kondisi tubuh yang kekurangan kalori akan rentan terhadap serangan penyakit. Secara umum, kondisi anak susah makan kerap dialami oleh anak anak dengan rentan usia balita (2-5 tahun). Padahal pada usia tersebut merupakan periode emas anak dalam proses pertumbuhan.  Oleh karena itu, para orang tua tentunya akan melakukan berbagai cara agar dapat mengembalikan nafsu makan si anak. Pemberian suplemen dan vitamin merupakan salah satu upaya yang biasa di tempuh para orang tua untuk dapat mengatasi gelaja anak susah makan. Pemberian suplemen dan vitamin dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak. (Baca juga: Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget)

ads

Seperti kita tahu, Vitamin merupakan senyawa organik yang memiliki peranan vital dalam metabolisme tubuh. Vitamin tidak dapat dihasilkan oleh oleh tubuh. Artinya tubuh tidak dapat memproduksi vitamin. Sehingga untuk memperolehnya dapat dilakukan dengan jalan konsumsi makanan yang merupakan sumber vitamin atau melalui pemberian suplemen.  Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang relatif sedikit, namun jika mengalami kekurangan metabolisme tubuh akan terganggu dan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Berikut daftar vitamin yang biasa diberikan untuk menambah nafsu makan anak.

Baca juga:

1. Vitamin B9

Vitamin B memiliki peranan membantu pertumbuhan, perkembangan dan fungsi tubuh lainnya. Vitamin B9 (Folid Acid) atau lebih dikenal sebagai Folacin. Vitamin ini terbukti dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Didalam tubuh vitamin B9 berfungsi memecah protein serta membangun protein. Tidak hanya berfungsi meningkatkan nafsu makan vitamin ini juga membantu dalam menstimulasi asam pada saluran pencernaan, serta pembentukan sel darah merah. Vitamin B9 dapat diberikan dalam bentuk suplemen atau mengkonsumsi banyak sayuran hijau (hijau gelap), gandum, kacang kacangan, buah jeruk dalam bentuk jus jeruk, unggas, hati dan kerang.

2. Vitamin B12

Vitamin ini berfungsi memproduksi sel darah merah, memproses vitamin  B9, membantu mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga sistem syaraf tubuh. Anak yang mengalami gejala kekurangan vitamin B12 akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga meyebabkan anak menjadi malas dan enggan menyantap makanan. Vitamin ini dapat diperoleh dari konsumsi makanan seperti ikan salmon, susu, daging, dan telur.

Baca juga :

3. Vitamin A

Sebuah penelitian menyebutkan salah satu penyebab menurunnya nafsu makan anak dapat disebabkan karena kekurangan vitamin A. Berperan utama dalam kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit serta menjaga nafsu makan pada anak. Untuk memaksimalkan fungsi dari vitamin A dalam merpertahankan nafsu makan anak, gunakan dosis sesuai takaran. Jika vitamin A diberikan dalam dosis yang berlebihan malah akan menimbulkan efek buruk pada tubuh. Anda dapat mendatangi posyandu agar bisa mendapatkan tambahan suplementasi ini. Atau dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang bersumber dari wortel, tomat, brokoli, serta buah buahan seperti alpukat, melon dan pepaya.

Sponsors Link

4. Vitamin D

Vitamin D memiliki fungsi vital pada tubuh, vitamin ini berfungsi membantu penyerapaan kalsium, magnesium, zinc, zat besi dan vitamin A. Untuk memperoleh kandungan vitamin D perbanyak konsumsi makanan seperti susu sapi, ikan, jus jeruk dan sinar matahari. Untuk itu jemurlah anak dibawah matahari antara pukul 7 sd pukul 9. (Baca juga : Manfaat Cuci Muka Dengan Sabun Bayi )

5. Vitamin K

Selain menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anak, kekurangan vitamin K juga menjadi penyebab lemah tulang, tubuh mejadi lemah dan lesu, mudah memar serta pertumbuhan yang lambat. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin K pada anak, dianjurkan konsumsi sebanyak 30 mikrogram per hari. Asupan makanan seperti berupa sayuran hijau daun, plum, asparagus dan kedelai.

6. Zinc

Gelaja menurunnya nafsu makan pada anak merupakan salah satu indikasi kekurangan zinc. Zinc merupakan senyawan yang penting karena senyawa yang satu ini memiliki peranan penting dalam pembentukan organ seperti otot, rambut, dan kulit. Perbanyak konsumsi makanan seperti gandum, labu, seafood dan kacang mete, untuk memenuhi kebutuhan zinc perharinya. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika akan menggunakan tambahan suplemen zinc.

Baca juga :

7. Asam Folat

Meningkatkan konsumsi asam folat dapat membantu mengembalikan nafsu makan yang menurun pada anak. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti hati asam, sayuran berdaun hijau, jeruk, brokoli, dan kacang kacangan. Jika tidak dianjurkan dokter, jangan mencoba konsumsi suplemen asam folat.

8. Zat Besi

Anemia zat besi pada anak ditandai dengan menurunnya nafsu makan. Penyakit yang disebabkan karena kekurangan zat besi disebut Anemia Gizi Besi (AGB). Zat besi dapat diperoleh dari konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti daging, ayam dan ikan. Untuk konsumsi suplemen zat besi, sangat tidak dianjurkan jika tidak ada rekomendasi dari dokter.

9.  Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan menyehatkan yang memiliki kandungan probiotik alami. Produk susu ini mengandung kalsium yang dapat meningkatkan nafsu makan sekaligus kekebalan pada anak. Yoghurt merupakan minuman yang dibuat melalui proses fermentasi, yang sangat baik bagi pencernaan lambung karena dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat di usus. ( Baca juga : Manfaat Cuci Muka dengan Sabun , Manfaat Baby Oil untuk Wajah )

ads

10. Multivitamin B / Vitamin B Kompleks

Selain berfungsi dalam mengatasi penurunan nafsu makan anak, vitamin B kompleks memiliki fungsi vital bagi tubuh. Berperan sebagai sumber energi bagi tubuh, berperan penting dalam kesehatan fungsi saraf, menjaga pencernaan yang baik, serta menjaga kesehatan rambut dan kuku. Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang larut dalam air, namun jika digunakan dalam dosis yang berlebihan akan dapat menyebabkan gangguan kesehatan berupa asam urat, kolesterol tinggi dan gangguan pada kulit. Selain ini jika digunakan dalam dosis yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan jantung dan hati. Vitamin B kompleks dapat diperoleh dari konsumsi suplemen dengan disertai resep dari dokter

11. Enzyplek

Merupakan salah satu vitamin untuk melancarkan gangguan pencernaan berupa perut kembung, begah, sering sendawa dan sering buang gas. Gangguan gangguan ini tentunya dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan pada anak. Menggunakan tambahan suplemen enzyplek dapat menguragi gangguan ganguan pencernaan tersebut. Anda dapat membeli Enzyplek di apotik terdekat tanpa disertai resep dokter sekalipun.

12. Probiotik

Probiotik merupakan berperan dalam kesehatn pencernaan tubuh. Probiotik berasal dari mikroorganisme yang mengandung bakteri baik bagi kesehatan pencernaan. Dengan menjaga kesehatan pencernaan otomatis nafsu makan anak akan kembali pulih.

13. Chyproheptadine

Pada dasarnya Chyproheptadine merupakan golongan obat yang bermanfaat dalam mengobati alergi, ruam kemerahan,gatal gatal dan pembengkakan. Namun penelitian lain menyebutkan bahwa dengan konsumsi Chyproheptadine dengan dosis yang tepat akan dapat membantu meningkatkan nafsu makan pada anak.

Artikel Lainnya:

14. Vitamin C

Vitamin C selain sebagai sumber utama sistem pertahanan tubuh ternyata juga mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Dengan mengkonsumsi sumber makanan vitamin C, akan membantu mengembalikan nafsu makan bagi anak yang susah makan. Pemberian secara rutin akan sangat baik juga bagi sistem imun anak, agar anak tidak gampang sakit. Sumber makanan yang mengandung vitamin C dapat berasal dari buah jeruk. Dengan  mengkonsumsi vitamin C sesuai dosis juga akan membantu memperlancar metabolisme tubuh.

15. Curcuma

Curcuma merupakan salah satu suplemen yang dipercaya dapat mengatasi anak susah makan. Suplemen ini di ekstrak dari tumbuhan Curcuma xanthoriza. Selain mengatasi gejala anak susah makan, curcuma juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi hati. Masyarakat indonesia lebih mengenal tumbuhan ini dengan nama daerah Temulawak. Ramuan temulawak memang sudah dipercaya sejak zamam dahulu dapat mengatasi anak susah makan. Temulawak merupakan tanaman herba yang sangat mudah ditanam, bagian yang bisa diekstrak dan biasa digunakan sebagai jamu tradisional adalah bagian umbinya.

Itulah 15 vitamin untuk anak sulit makan. Pastikan dosis dan takaran sesuai dengan kebutuhan sang buah hati. Sebagai orang tua kita patut melakukan segala hal yang terbaik demi tumbuh kembang optimal sang buah hati. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting