Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget Paling Efektif

Sponsors Link

Cara mengatasi anak kecanduan gadget merupakan informasi yang sangat dibutuhkan orang tua akhir-akhir ini. Seperti diketahui, di masa modern ini perkembangan gadget terus mengarah ke arah yang lebih baik. Setiap hari terus bermunculan macam-macam gadget baru yang tidak mungkin tidak akan diketahui oleh anak-anak kita.

ads

Tanpa disadari, anak-anak pun kemudian menjadi terikat pada keberadaan gadget ini. Permasalahan mengenai anak-anak yang kecanduan gadget pun terus bertambah jumlahnya. Orang tua pun mengalami kekhawatiran, apa yang harus mereka lakukan untuk mencegah anak-anak semakin kecanduan pada gadget? Tentunya dibutuhkan cara mengatasi anak kecanduan gadget. Apa saja cara yang dapat dicoba untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Orang tua tentu khawatir pada anak-anak yang terus menerus menghabiskan waktunya dengan bermain gadget. Anak-anak pun akan kehilangan waktu pentingnya untuk belajar dan melakukan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Oleh sebab itu, berikut ini 15 cara mengatasi anak kecanduan gadget yang direkomendasikan untuk dilakukan oleh orang tua.

  1. Tunjukkan Mainan Lain sebagai Alternatif

Anak-anak yang kecanduan gadget kebanyakan merupakan anak-anak yang sebelumnya tidak memiliki mainan lain. Karena tidak adanya mainan lain tersebut, maka anak-anak terlalu terpaku pada gadget. Oleh karena itu, cara mengatasi anak kecanduan gadget yang pertama adalah dengan menunjukkan mainan lain sebagai alternatif. Mainan yang mendidik yang dapat melatih kreativitas anda adalah lego, slime, dan hal-hal lainnya.

  1. Berikan Batasan Waktu dalam Menggunakan Gadget

Penggunaan gadget pun harus diajarkan pada anak-anak bahwa terdapat batasan waktunya. Waktu standar dalam penggunaan gadget adalah di waktu-waktu libur. Jika tidak ada liburan, maka anda seharusnya tidak membiarkan anak-anak bermain gadget dengan bebas. Pembiasaan batasan waktu dalam menggunakan gadget ini merupakan cara mengatasi anak kecanduan gadget yang cukup ampuh dilakukan. Anak-anak akan terbiasa pada kapan waktu bermain gadget dan kapan anak-anak tidak boleh memainkannya.

Baca Juga:

  1. Membawa Anak Bermain ke Luar Rumah

Selanjutnya, cara mengatasi anak kecanduan gadget adalah dengan membawa anak bermain ke luar rumah. Anak-anak yang tidak pernah dibawa bermain ke luar rumah akan mudah merasa bosan. Kebosanan ini pun kemudian terlampiaskan dengan bermain gadget terus menerus selama beberapa waktu yang lama. Oleh sebab itu, anda sebaiknya membawa anak bermain ke luar rumah pada waktu-waktu tertentu. Misalnya bawalah anak bermain ke taman di sore hari.

  1. Berikan Waktu Luang Anda untuk Bermain Bersama Anak

Untuk membawa anak bermain ke luar rumah, tentunya anda harus memberikan waktu luang anda. Karena tidak mungkin seorang anak dapat bermain ke luar tanpa pengawasan orang tua. Itulah sebabnya mengapa salah satu cara mengatasi anak kecanduan gadget adalah dengan dimulai dari orang tua. Orang tua diharapkan mampu mengatur waktu hingga dapat memberikan waktu luangnya untuk menemani anak bermain.

Sponsors Link

Baca Juga:

  1. Membawa Anak Mengikuti Kegiatan Lain

Orang tua yang mungkin tidak bisa memberikan banyak waktu luang untuk bermain dengan anak, dapat mensiasatinya dengan memberikan kesibukan pada anak. Cara mengatasi kecanduan anak kali ini adalah dengan membawa anak mengikuti kegiatan lain. Kegiatan tersebut antara lain adalah memberi anak mengikuti berbagai les dan latihan olahraga. Untuk anak-anak perempuan latihan alat musik dan menari cukup populer dilakukan. Sedangkan untuk anak-anak laki-laki pemberian latihan bela diri sangatlah disarankan.

  1. Berikan Batasan Akses Internet di Rumah Anda

Selanjutnya, anak-anak yang kecanduan gadget pun dapat diatasi dengan memberikan batasan akses internet di rumah and. Maksudnya adalah jangan membiarkan internet mudah diakses di rumah dengan membiarkan jaringan wifi menyala terus menerus. Jangan juga membiarkan anak anda tahu password dari jaringan wifi anda. Hal-hal sederhana seperti ini dapat menyadarkan anak anda bahwa menggunakan internet untuk bermain bukanlah hal yang cuma-cuma.

Baca Juga:

  1. Membawa Anak Bermain ke Alam

Satu lagi cara untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget adalah dengan membawanya bermain ke alam bebas. Alam bebas yang jauh dari koneksi internet, alat-alat elektronik, dan hiruk pikuk kota akan mengajarkan kedamaian alam pada anak-anak anda. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk mencoba membawa anak anda menikmati alam bebas di saat liburan. Contohnya anda dapat membawa anak berkemah, mendaki gunung, dan banyak hal lainnya.

  1. Ajak Anak Anda Berdiskusi

Cara lain untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak adalah dengan mengajak anak anda berdiskusi. Anggaplah anak-anak anda memiliki hak untuk mengetahui mengapa bermain gadget dalam waktu yang lama tidak diperbolehkan. Berikanlah penjelasan dengan berdiskusi apa bahaya dari bermain gadget dan apa kerugian yang akan disebabkan jika anak-anak anda hanya bermain gadget untuk menghabiskan waktunya. Hal ini kemudian diketahui mampu sedikit membuat anak mengerti alasan dibalik penggunaan gadget yang dilarang.

Baca Juga:

  1. Ajak Anak Anda Bersosialisasi dengan Teman Sebaya

Selain itu, cara mengatasi anak kecanduan gadget selanjutnya adaah dengan mengenalkannya pada teman-teman sebayanya. Tanpa disadari, anak-anak yang tidak memiliki teman sebaya kemudian akan lebih menyukai menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Namun, anak-anak yang memiliki teman sebaya akan lebih sering menghabiskan waktunya dengan berinteraksi bersama temannya. Oleh karena itu, ajaklah anak anda bersosialisasi dan kenalkan dengan teman-teman sebayanya.

ads
  1. Berikan Semangat untuk Anak Anda

Oran g tua yang sering memberikan support pada anaknya diketahui akan membuat anak-anak menjadi berperilaku lebih hangat. Anak-anak tidak akan terlalu kecanduan pada gadget, karena ada orang tua yang sering memberinya semangat dan dukungan. Oleh sebab itu, orang tua sangat disarankan untuk tetap mengetahui informasi yang berkaitan dengan anaknya dan terus mendukung proses-proses dalam hidupnya.

Baca Juga:

  1. Berikan Contoh Baik dalam Penggunaan Gadget

Seperti ada pepatah berbunyi, “guru kencing berdiri, murid kencing berlari,” maka orang tua pun harus memberikan contoh yang baik pada anaknya dalam penggunaan gadget. Orang tua yang terus menerus menggunakan gadget tanpa henti, pastinya akan memberikan contoh pada anak bahwa penggunaan gadget terus menerus tidaklah menjadi masalah. Orang tua harus memberikan contoh yang baik dengan tidak kecanduan gadget sebagai cara mengatasi anak kecanduan gadget selanjutnya.

  1. Berikan Pujian Pada Anak yang Patuh

Anda dapat memberikan pujian atau hadiah bagi anak-anak yang patuh dalam mengikuti aturan penggunaan gadget yang telah anda buat.

Baca Juga:

  1. Berikan Peringatan Pada Anak yang Tidak Patuh

Sedangkan bagi anak yang tidak patuh, anda dapat memberikan peringatan pun hukuman agar mengerti bagaimana penggunaan gadget yang benar harus dilakukan.

  1. Menunjukkan Wilayah yang Bebas Gadget

Orang tua dapat mengikuti cara mengatasi anak kecanduan gadget dengan memberi tahu wilayah mana saja di rumah yang bebas gadget. Misalnya ruang makan dan ruang tidur tidak boleh ada penggunaan aktif gadget dan internet.

Baca Juga:

  1. Menjelaskan Waktu yang Bebas Gadget

Terakhir, orang tua juga harus menjelaskan bahwa di waktu makan, waktu belajar, dan waktu tidur merupakan waktu-waktu yang tidak boleh diganggu oleh penggunaan gadget.

Itulah tadi 15 cara mengatasi anak kecanduan gadget yang dapat anda coba. Semoga dapat bermanfaat!

, ,
Oleh :
Kategori : Parenting