Sponsors Link

10 Dampak Negatif Gadget (No. 10 Paling Mengejutkan)

Sponsors Link

Gadget seakan sudah menjadi hal pokok yang dimiliki oleh setiap orang sekarang ini. Mulai dari ponsel, tablet, notebook, laptop, merupakan perangkat-perangkat kecil yang hampir semua orang miliki dan gunakan setiap hari. Memiliki fungsi utama sebagai penyebar informasi dan mempermudah komunikasi, gadget sepertinya menjadi benda yang harus selalu dibawa kemana saja. Memainkan gadget sepertinya sudah menjadi kebiasaan saat Anda bosan maupun tidak ada kegiatan yang dilakukan. Kebiasaan memainkan gadget dapat membawa dampak negatif dalam diri Anda maupun lingkungan sekitar. Berikut ini merupakan 10 dampak negatif gadget dan gejala yang harus Anda waspadai sebelum terlambat.

ads

Baca juga:

1. Ketergantungan

Menghabiskan waktu terlalu lama di depan gadget dapat menyebabkan ketergantungan. Panik dan cemas yang berlebihan ketika meninggalkan gadget di rumah maupun tempat tinggal dapat menjadi indikasi bahwa Anda sudah mengalami kecanduan gadget. Memainkannya secara berlebihan dan mendapat teguran dari guru maupun atasan Anda, juga dapat menjadi indikasi lainnya. Ketergantungan ini biasanya disebabkan oleh tingginya intensitas permainan gadget yang Anda lakukan setiap harinya. Apabila tidak segera diatasi, kecanduan gadget akan memicu timbulnya dampak negatif lain seperti, emosi yang tidak stabil, gangguan kesehatan mental, gangguan kesehatan tubuh, dan lain-lain. Batasi penggunaan gadget setiap harinya dan memperbanyak interaksi dengan lingkungan yang ada di sekitar Anda merupkan cara sederhana yang dapat Anda lakukan apabila Anda merasa sudah mengalami ketergantungan pada gadget yang Anda miliki. (Baca juga: Cara mendapatkan uang di internet untuk pelajar )

2. Ketidakstabilan emosi

Terlalu lama bermain gadget dan melihat konten-konten kekerasan yang ada di internet dapat menyebabkan ketidakstabilan emosi. Terlalu akrab dengan video maupun permainan yang menonjolkan sisi kekerasan akan mengakibatkan Anda menjadi terbiasa meluapkan ketidakstabilan emosi Anda dengan kata-kata kasar. Hal tersebut akan bertambah buruk apabila Anda mempertontonkannya pada anak-anak. Mereka akan memiliki kencenderungan untuk meniru hal-hal yng mereka tangkap melalui indera mereka, entah itu dengan cara mendengar, melihat, maupun merasakan. Ketidakstabilan emosi yang Anda miliki juga akan berpengaruh terhadap hubungan Anda dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Tindakan dan perkataan yang tidak terkontrol bisa jadi menyakiti perasaan orang lain. Mengurangi intensitas permainan gadget yang mempertontonkan kekerasan setiap harinya, mengontrol tindakan, serta perkataan Anda terhadap orang lain dapat mencegah ketidakstabilan emosi yang Anda alami ketika Anda merasa ketergantungan gadget. (Baca juga : Ciri-ciri pria selingkuh, Ciri-ciri pria serius menikah  )

3. Obesitas

Obesitas merupakan salah satu dampak negatif dari gadget yang dilihat dari sisi kesehatan. Terlalu banyak berdiam diri dan memainkan perangkat kecil Anda setiap waktu, akan membuat tubuh Anda malas bergerak. Rasa malas ini akan berakibat buruk pada lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Lemak yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan seharusnya terbakar melalui gerakan maupun aktivitas yang melibatkan gerak tubuh. Selanjutnya lemak yang berhasil dibakar akan dirubah menjadi energi yang diperlukan untuk tubuh dalam menyelesaikan berbagai aktivitas. Namun apabila lemak tersebut tidak berhasil dibakar dan dirubah menjadi energi, maka lemak kemudian akan diendapkan di dalam tubug Anda. Menumpuknya lemak yang ada di dalam tubuh Anda akan mengakibatkan berat badan Anda menjadi naik drastis dan mengalami obesitas. Apabila Anda termasuk orang yang menggunakan gadget sepanjang waktu untuk bekerja maupun bermain, tidak ada salahnya mengatur jadwal olahraga dan menambah aktivitas yang melibatkan gerak tubuh. (Baca juga: Cara mengatasi anak susah makan , Wanita tergemuk didunia )

Sponsors Link

4. Gangguan pada jam istirahat

Kecanduan akan gadget akan mengakibatkan terganggunya jam istirahat Anda. Beberapa orang akan mengalami gangguan tidur di malam hari atau insomnia akibat seringnya memainkan gadget di jam-jam istirahat malam. Anda juga sering kali melihat orang-orang yang memainkan gadgetnya sambil menyantap makan siangnya bukan? Memang tidak ada salahnya menggunakan gadget di kala Anda tengah beristirahat, namun hal ini akan menjadi buruk apabila Anda terlalu sering melakukannya. Jam istirahat dan tidur yang terganggu akan membuat tubuh Anda menjadi cepat lelah dan dehidrasi. Biasanya hal ini juga akan mempengaruhi tingkat produktivitas Anda sehari-hari, daya tangkap indera yang lemah, sulit fokus, mengganggu nafsu makan, serta daya tahan tubuh yang menurun. Kurangilah intensitas permainan gadget yang Anda lakukan sehari-hari untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat. (Baca juga: Cara mendidik anak agar mau belajar , Cara mendidik anak agar percaya diri)

5. Mata kering

Telalu lama menggunakan komputer maupun handphone dapat menyebabkan mata Anda menjadi kering dan memerah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya cairan yang digunakan untuk membasahi mata akibat dari kurangnya produksi air mata mupun mudahnya penguapan air mata karena paparan radiasi oleh layar gadget. Mata yang terlihat memerah, terasa pedih, gatal, kering dan panas, merupakan gejala mata kering yang patut Anda perhatikan. Radiasi yang terpapar melalui pancaran cahaya yang dihasilkan oleh layar gadget dapat memperburuk kesehatan mata Anda. Solusi untuk menghindari rasa sakit akibat mata kering adalah batasi penggunaan gadget untuk mengurangi pancaran radiasi dari cahaya layar gadget Anda. Gunakanlah obat mata seperlunya dan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, dapat membantu merawat dan menjaga mata Anda. (Baca juga: Penyebab anak tidak percaya diri, Cara melatih mental anak agar berani)

6. Masalah pendengaran

Kebiasaan menggunakan headset maupun earphone yang terlalu lama ketika memainkan gadget dapat mengganggu indera pendengaran Anda. Penggunaan headset maupun earphone yang terlalu lama dapat membuat keadaan telinga bagian dalam menjadi lebih lembab dan mudah kotor. Suara keras dan tidak beraturan yang dihasilkan oleh perangkat Anda dapat merusak gendang telinga maupun bagian rumah siput di bagian dalam telinga. Kerusakan bagaian dalam telinga tersebut dapat menyebabkan gangguan pendengaran hingga tuli. Selain itu, banyaknya kotoran yang menumpuk pada telinga akan menyebabkan telinga Anda menjadi kurang responsif saat menerima rangsangan bunyi. Mengurangi penggunaan headset ketika memainkan gadget merupakanhal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari gangguan pada telinga Anda. (Baca juga: Manfaat sunblock untuk wajah berjerawat, Manfaat cuci muka dengan sabun bayi)

7. Gangguan interaksi sosial

Penggunaan gadget yang terlalu berlebihan akan menciptakan permasalahan baru bagi interaksi sosial yang terjadi antara Anda dan orang di sekitar Anda. Kesibukan memainkan gadget akan menyita waktu kebersamaan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. Terkadang kepedulian akan dunia luar menjadi sangat berkurang ketika Anda sibuk dengan perangkat kecil ini.  Terlalu banyak memainkan gadget dan media sosial juga dapat memicu konfik antara teman maupun keluarga akibat salah paham. Peluang untuk kehilangan banyak teman di dunia nyata menjadi semakin besar apabila Anda  tidak dapat membagi waktu antara gadget dengan lingkungan sekitar Anda.  Kurangi kebiasaan menghabiskan waktu bersama gadget Anda. Mulailah mengelola waktu yang Anda miliki untuk orang-orang yang ada di sekitar Anda, pergi besama teman sepulang sekolah maupun kerja, serta melakukan kegiatan kemasyarakatan untuk mengisi waktu luang dan terapi kecanduan gadget yang Anda alami. (Baca juga: Akibat sulam alis, Manfaat baby oil untuk kecantikan wajah)

8. Depresi

Beban pikiran yang terjadi akibat terlalu lama menunggu kabar dari seseorang yang Anda harapkan dapat memicu stress. Terlalu lama menunggu balasan pesan maupun telepon di gadget Anda, dapat mengakibatkan pikiran anda menjadi tertekan. Anda akan menjadi mudah marah dan sedih, bahkan emosi Anda menjadi cenderung tidak stabil. Selain itu ketidakstabilan emosi, gangguan interaksi sosial yang dialami seseorang pasca kecanduan gadget dapat berakibat buruk pada kesehatan mentalnya. Kehilangan banyak teman di dunia nyata dan merasa jauh dengan keluarga mupun orang-orang yang hidup di sekitarnya, dapat memicu tekanan yang ada dalam dirinya. Perasaan kosong dan sendiri akibat ditinggalkan, akan memperbesar kemungkinannya untuk depresi. Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi pada seseorang yang mengalami depresi atau tekanan mental adalah mencelakai diri sendiri yang berujung pada kematian. Menghindari penggunaan gadget yang menyita banyak pikiran Anda, dapat menjadi salah satu solusi sederhana yang mampu menghindarkan diri Anda dari depresi. Pebanyak teman dan perluas lingkungan pergaulan Anda di dunia nyata, dapat membantu mengusir rasa bosan dan kesendirian yang Anda rasakan. (Baca juga: Khasiat minyak bulus untuk kecantikan , Manfaat minyak bulus untuk kulit)

Sponsors Link

9. Sakit di area punggung

Kebiasaan memainkan gadget saat tiduran maupun saat duduk yang terlalu lama dapat memicu sakit pada punggung Anda. Kecenderungan tulang punggung yang terlipat ke depan dalam kurun waktu yang lama, akan membuat punggung Anda terasa sakit. Hal ini dapat diperparah apabila kondisi tulang Anda sangat rapuh dan kurang ternutrisi. Kebiasaan duduk maupun tidur yang salah akan merubah struktur atau tulang punggung Anda. Tidak hanya punggung saja, terlalu lama memainkan gadget akan membuat tulang bahu Anda lebih mudah terasa sakit meskipun tidak melakukan kegiatan maupu aktivitas yang terlalu berat. Memperbaiki posisi duduk maupun tidur, mengurangi kegiatan yang berhubungan dengan gadget Anda, serta melakukan pereganggan ketika Anda merasa lelah, merupakan hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit yang muncul di punggung maupun bahu Anda. (Baca juga: Fungsi minyak bulus asli, Manfaat minyak bulus untuk wanita)

10. Kanker

Gadget merupakan perangkat kecil yang mampu memaparkan radiasi ke dalam tubuh. Paparan radiasi dalam frekuensi sedang dan berkala dapat menyebabkan kanker. Kebiasaan menelpon terlalu lama akan memicu tumbuhnya sel-sel kanker dalam kepala Anda. Selain itu, kebiasaan mengantongi handphone di saku celana maupun baju, akan memicu kanker payudara dan kanker kulit. Kebiasaan menyangga laptop berlama-lama menggunakan paha Anda juga dpat memicu sel-sel kanker lainnya yang ada di dalam tubuh Anda. Untuk mengantisipasi hal buruk itu maka Anda perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut. Menggunakan headset atau earphon kertika menelepon, memasukkan handphone maupun gadget jenis lainnya untuk mengurangi paparan radiasi langsung di kulit, serta meletakkan laptop di atas meja ketika Anda bekerja, dapat menjadi cara sederhana yang dapat mengantisipasi tumbuhnya sel kanker dalam tubuh Anda. (Baca juga: Penyebab kanker payudara, Obat penyakit kista pada wanita)

Dampak-dampak negatif gadget yang sudah dipaparkan di atas seharusnya dapat menjadi peringatan untuk Anda, agar menggunakan gadget secara bijaksana. Mengontrol konten-konten informasi maupun hiburan yang Anda konsumsi setiap harinya dapat menjadi salah satu antisipasi untuk menghindari dampak negatif akibat gadget. Selain itu membatasi waktu yang Anda habiskan dengan gadget merupakan solusi utama supaya terhindar dari dampak negatif gadget yang ada di atas.  Semoga bermanfaat.

Baca juga:

, , ,




Oleh :
Kategori : Gaya Hidup