Sponsors Link

17 Usaha yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Sponsors Link

Menjadi ibu rumah tangga, tentunya akan memiliki waktu luang yang lumayan banyak. Usai melakukan pekerjaan rumah, sisa waktu luang yang ada tentunya dapat dimanfaatkan untuk bisa membantu mencari tambahan penghasilan bagi keluarga. Kebanyakan ibu rumah tangga yang tidak bekerja akan bosan jika harus berdiam diri saja dirumah. Sedangkan sebenarnya ada banyak peluang yang patut dilirik untuk bisa dijadikan sebagai lahan bisnis dan usaha. ( Baca juga : Cara Menyapih Anak 2 Tahun , Cara Agar Anak Cepat Bicara )

ads

Meskipun dalam pandangan orang lain, bekerja dirumah terkesan tidak serius dan hanya seperti bermain main saja. Namun kenyataannya dari beberapa bisnis yang dilakoni oleh beberaoa ibu rumah tangga dapat memberikan tambahan penghasilan yang tidak sedikit. Bahkan hasilnya pun jauh dari yang di harapkan sebelumnya. Pada dasarnya dengan mengelola usaha sendiri, sangat dituntut untuk dapat menjaga keterlangsungan usaha tersebut. Jadi pada dasarnya memiliki dan mengelola sendiri bukan merupakan hal yang main main atau hanyan sekedar sebagai pengisi waktu luang. Oleh karena itu, pilih usaha yang sesuai minat dan keahlian yang dimiliki, agar usaha tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal.

Bisnis yang Bagus Untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut beberapa jenis usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang tentunya bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang dapat menghasilkan pundi pundi keuntungan yang menggiurkan.

1. Menjadi Penulis Lepas / Freelance

Di era digital seperti saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk mendapatkan informasi dari internet. Banyak informasi yang bisa didapat dari artikel dan blog yang ada di internet. Bagi anda ibu rumah tangga yang memiliki bakat menulis dan minat pada dunia tulis menulis tentunya dapat menjadikan hal ini sebagai peluang dan ladang penghasilan. Beberapa penulis profesional bahkan mendapat bayaran yang tidak sedikit. Jika anda berminat menjadikan bidang ini sebagai usaha anda dapat melamar menjadi freelance pada situs situs pencarian lowongan kerja. Jika bakat yang anda miliki terus diasah tidak menutup kemungkinan anda akan bisa menjadi penulis artikel yang handal.

Baca juga :

2. Menekuni Bisnis Tanaman Hias

Mengkoleksi tanaman hias merupakan salah satu hobi yang dimiliki beberapa kaum hawa. Jika anda memiliki minat dan menyukai jenis tanaman hias tentunya hobi ini tidak hanya sekadar sebagai hobi. Anda dapat menekuni hobi tersebut menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan dikemudian hari. Bisnis tanaman hias merupakan bisnis yang teris berkembang, dan bisa dibilang semakin tahun bisnis ini menjadi salah satu yang digandrungi. Sebagai ibu rumah tangga, dengan waktu luang yang relatif banyak tentunya anda tidak akan kesulitan untuk bisa merawat tanaman hias tersebut sendiri. Beberapa jenis tamanan hias gantung, daun dan bunga bisa menambah koleksi sekaligus tentunya bisa dijual untuk menghasilkan pundi pundi rupiah yang semerbak.

3. Membuka Toko Bunga 

Wanita adalah kaum yang menyukai keindahan, tidak heran jika wanita dan bunga selalu memiliki keterkaitan dan ketertarikan satu sama lain. Banyak ibu rumah tangga meluangkan waktunya untuk merawat tanaman bunga yang dijadikan sebagai penghias interior ataupun eksterior rumah mereka. Jangan hanya menjadikan ini sebuah kegemaran, peluang untuk membuka toko bunga bisa menjadi salah satu pilihan usaha. Dari hobi menjadi bisnis, tentunya tidak akan sulit. Selain toko bunga segar anda juga bisa menambahkan koleksi dengan beberapa jenis bunga artificial. Bunga plastik ini juga banyak digandrungi karena kepraktisan dan tentunya lebih awet dibandingkan bunga segar.

Baca juga :

Sponsors Link

4. Membuka Jasa Catering

Salah satu keahlian yang paling dasar dan rata rata dimiliki oleh semua ibu rumah tangga adalah memasak. Jika masakan anda terasa enak, anda bisa merasa cukup percaya diri untuk membuka jasa catering. Di daerah perkotaan kebanyakan orang ridak akan mau direpotkan untuk memasak sendiri untuk acara acara yang akan mereka gelar. Tentunya hal ini menjadi peluang tersendiri bagi anda yang memiliki hobi dan rasa masakan yang enak. Jika anda terlalu repot untuk bisa memasak sendiri anda tentunya bis merekrut karyawan yang akan lebih meringankan pekerjaan anda. Banyak sekali ibu rumah tangga yang telah menekuni jasa katering dan berhasil sukses. Tentunya anda tidak hanya ingin mendengar cerita sukses nya saja, coba beranikan diri untuk menjdi bagian dari cerita kesuksesan itu.

5. Membuat Handcraft

Kerajinan tangan merupakan hal yang lekat dengan wanita. Karakter wanita yang lebih sabar, telaten, detail dan teliti tentunya merupaka  modal dasar dalam membuat kerajinan tangan. Handcraft dapat dibuat dari barang barang bekas seperti kain perca, plastik pembungkus, botol plastik atau bahkan kertas koran. Membuat handcraft memang membutuhkan waktu yang tidak relatif sebentar, tergantung tingkat kesulitannya. Namun tentunya harga jual nya pun relatif lebih tinggi dibandingkan dengan barang pabrikan. Tidak perlu bingung, anda bisa mempelajari cara membuat macam macam handcraft melalui tutorial di youtube. Kreasikan dengan inovasi dan kreatifitas yang anda miliki, dan hasilnya pasti akan jadi kerajinan tangan yang indah dan bernilai jual tinggi.

6. Membuka Toko Online

Ini dia salah satu bisnis yang paling digandrungi di kalangan ibu rumah tangga. Yup,  bisnis toko online aau online shop. Sangat berkembang dan menjadi bisnis terfavorit beberapa tahun belakangan ini. Anda cukup meluangkan waktu dan kuota untuk rajin rajin membuka internet. Anda bisa membuka toko online pada situs e-commerce terpercaya. Untuk barang yang akan dijual silahkan tentukan sendiri jenis yang anda minati. Sebagai contok hal hal yang dekat dengan kehidupan wanita seperti pakaian, sepatu, kosmetik, aksesoris atau peralatan rumah tangga. ( Baca juga : Cara Agar Anak Cepat Bicara , Tips Agar Anak Cepat Jalan )

7. Membuka Usaha Jahit Pakaian

Jika anda memiliki kemampuan jahit yang mumpuni. Tidak ada salahnya untuk membuka usaha jahit pakaian. Tidak banyak orang yang menekuni usaha ini. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan menjahit. Sehingga pesaing dan peluang anda masih terbuka sangat lebar. Jika kemampuan jahit anda pas pas an tidak ada salahnya untuk betinvestasi pada ilmu jahit, tentunya dengan mengikuti kursus jahit. Jika kemampuan anda sudah memcukupi dan dirasa handal, maka jangan ragu untuk segera membuka usaha jahit pakaian.

8. Membuka Tempat Les / Bimbel Privat

Sebelum menikah tentunya anda telah terlebih dahulu mengenyam pendidikan. Jika anda memiliki kemampuan yang mumpuni dibidang akademik. Tetunya potenai tersebut dapat memjadi bekal untuk bis membuka bimbel atau les privat. Terlebih lagi jika anda tinggal di lingkungan perumahan. Kebanyakan keluarga yang tinggal diperumahan rata rata akan memberikan anaknya pelajaran tambahan. Hal ini karena kedua orang tua mereka semua nya bekerja sehingga tidak ada yang mengajari sang anak. Oleh karena itu, jika kemampun anda di bidang akademik cukup memadai tentunya tidak ada salahnya untuk menekuni bisnis ini.

ads

9. Usaha Cake / Cookies

Kebutuhan akan kue dan cake tentunya akan meningkat seiring dengan  datangnya momen hari raya. Tidak hanya itu saja, kehadiran kue juga merupakan hal utama dalam acara acara keluarga, pesta, atau acara kumpul kumpul. Bagi sebagian IRT (Ibu Rumah Tangga) tentunya kemampuan membuat kue merupakan keahlian yang dipunyai. Nah, bagaimana jika menjadikan kemampuan ini sebagai sebuah ladang bisnis. Kue buatan tangan akan lebih diminati dibanding buatan pabrik. Rasa dan kualitasnya yang berbeda, dan tentunya harga kue buatan tangan akan lebih mahal dibanding pabrikan. Tentunya sangat disayangkan jika kemampuan anda hanya menjadi kebisaab saja. Coba gih, manfaatkn menjadi peluang bisnis. Sudah banyak yang sukses menekuni bisnis ini. Bahkan omset nya pun ngak tanggung tanggung bisa mencapau jutaaan sampai puluhan juta perbulannya.

Baca juga :

10. Usaha Salon Kecantikan / Spa Rumahan

Kulit yang terawat dan kecantikan merupakan hal yang diidamkan oleh semua kamu wanita. Mulai dari lulur, bleaching sampai dengan spa dilkoni unyuk memiliki kulit yang sehat dan terawat. Beberapa wanita akan melakukan perawatan sendiri dirumah, namun sebagian lagi tidak mau repot dan rela merogoh kocek untuk mengunjungi salon salon kecantikan. Tentunya peluang ini dapat kamu jadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Tidak perlu sewa tempat, gunakan saja ruang kamar rumah yang kosong. Beli perlengkapan untuk membuka salon rumahan. Kamu bisa membeli peralatan second dengan harga yang murah namun kualitas seperti baru. Patenkan keahlian kamu dengan terlebih dahulu mengikuti kursus kecantikan, atau cukup rekrut saja karyawan berpengalaman yang akan menjadi asistenmu.

11. Jasa Party Planner

Bagi sebagian orang tua yang memiliki kemampuan ekonomi lebih, merayakan ulang tahun anak merupakan sebuah kewajiban. Tentunya dalam sebuah perayaan diperlukan seorang perencana pesta. Jasa party planer kian berkembang seiring dengan trend perayaan ulang tahun yang sering dilakukan. Cukup hanya bermodalkan kreatifitas dan inovasi dari jasa party planner anda bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Properti yang bisa digunakan secara berulang tentunya akan menambhah keuntungan tensendiri. Dapat dipastikan bahwa bisnis jasa party planer akan terus berkembang.

Baca juga :

12. Membuka Usaha Day Care

Bagi sebagian besar wanita karir yang telah memiliki momongan tentunya akan mengalami kebingungan saat akan meninggalkan anaknya bekerja. Dan tidak ada kantor yang mengizinkan untuk membawa sang anak. Tentunya hal ini dapat menjadi peluang untuk membuka usaha jasa penitipan anak atau Day Care. Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus, cukup kesabaran dan ketelatenan dalam merawat anak. Tentunya bayaran untuk jasa ini tidak murah.

13. Usaha Jual Pulsa

Berapa banyak orang disekitar anda yang memiliki handphone? Tak terhitung jumlahnya bukan. Tentunya orang orang tersebut memiliki kebutuhan pulsa yang tidak sedikit. Lalu kenapa anda tidak mencoba untuk berjualan pulsa. Modal minimal untuk mengisi saldo pulsa hanya sekitar 50 ribu rupiah saja. Selain pulsa hp saat ini juga tersedia pulsa listrik. Tentunya lebih banyak lagi yang membutuhksn pulsa listrik, karena saat ini kebanyaksn rumah menggunakan listrik jenis pulsa. Bagaimana? Anda berminat. Silahkan menghubungi agen pulsa terdekat di kota anda.

Baca juga ;

14. Menjadi Reseller Baju dan Kosmetik

Menjadi reseller baju dan kosmetik menjadi salah satu bisnis yang bisa anda coba. Anda tidak perlu harus repot repot berbelanja,  dan menyetok barang. Cukup menghubungi agen atau toko yang terpercaya. Anda bisa memasarkannya melalui grup bbm, whatapps atau social media lainnya yang anda miliki.

Sponsors Link

15. Membuka Usaha Loundry

Salah satu usaha yang sedang berkembang saat ini yaitu usaha jasa loundry pakaian. Jika anda sudah memiliki mesin cuci yang memadai, tentunya kemaouan mencuci anda sudah tidak diragukan lagi. Usaha ini dapat anda jadikan salah stu bisnis yang patut ditekuni. Apalagi jika anda tinggal di sekitar lingkungan anak kuliah dan sekolah tentunya jasa loundry pakaian sangat mereka butuhkan.

16. Membuka Toko Kelontong

Meskipun usaha ini sangat umum dan sudah banyak yang menekuninya tentunya tidak ada salahnya untuk ikut terjun membuka toko kelontong. Isi toko anda dengan kebutuha  sembako yang lengkap, serta tawarkan harga yang reltif tidak terlalu mahal dari toko toko besar lainnya. Jika perlu beri layanan delivery untuk pengisisn galon dan tabung gas. ( Baca juga : Perbedaan Kista dan Miom Pada Wanita , Gejala Miom Pada Wanita )

17. Usaha Jasa Pembayaran Tagihan

Membayar tagihan telepon, air, tv kabel dan listrik merupakan hal yang biasa orang lakukan setiap bulan. Namun,kerena kesibukan yang ada kebanyakan dari mereka terkadang malas dan tidak sempat. Oleh karena itu, membuka usaha jasa pembayarab tagihan bis menjadi bisnis yang patut anda tekuni. Dalam satu kalibtransaksi pembayaran anda akan memperoleh minimal 2 ribu rupiah. Kalikan saja dengan jumlah transaksi pembayaran yang bisa anda lakukan dalam sebulan.

Demikianlaj tadi 17 usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Pilih salah satu jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian anda. Jangan lupa berusaha dan berdoa agat nantinya udaha yang anda tekuni bisa memberikan hasil yang menguntungkan dan membantu perekonomian keluarga.

, , ,
Oleh :
Kategori : Karir dan Pekerjaan