Sponsors Link

11 Manfaat Minum Kopi Untuk Wanita yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat familiar di telinga Anda, terutama kaum adam. Kerap kali Anda hanya memanfaatkan kopi sebagai minuman pencegah dan pengusir rasa kantuk bukan? Ternyata mengonsumsi kopi bukan merupakan kebiasaan baik bagi pria saja, namun bisa jadi wanita juga. Zat-zat yang terkandung dalam kopi yang akan dipaparkan di bawah ini sudah terbukti berguna bagi kaum wanita juga. Kandungan yang ada dalam kopi seperti kafein, antioksidan, lemak nabati serta beberapa kandungan kopi lainnya bisa jadi Anda akan nikmati apabila Anda mengonsumsinya setiap hari.

ads

Artikel lainnya:

Manfaat Mengkonsumsi Kopi Bagi Wanita

Berikut ini merupakan 11 manfaat minum kopi bagi wanita yang mungkin belum Anda ketahui:

  1. Meningkatkan asupan serat yang diperlukan tubuh

Serat merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Serat atau fiber berguna untuk mengikat kadar air yang masuk dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Serat ini kemudian dapat membantu proses pencernaan yang dilakukan oleh tubuh, sehingga proses pencernaan berjalan dengan lancar dan dapat terserap secara sempurna. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa secangkir kopi murni dapat menambah serat sebanyak 1,8 gram dari 20 – 38 gram serat/hari yang diperlukan oleh tubuh. Jika Anda mulai gemar mengonsumsi kopi, sebaiknya seimbangkan dengan konsumsi air putih yang diperlukan oleh tubuh ya.

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Selain mengandung serat, kopi juga punya kafein sebagai kandungan utama yang ada di dalamnya. Kefein sendiri dapat berguna untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh. Mengonsumsi 3 -4 mg kafein/berat badan Anda (kg) satu jam sebelum berolahraga, dapat menjaga kebugaran tubuh Anda selama berolahraga. 1 – 2 cangkir kopi ini akan meningkatkan ketahanan tubuh Anda sebesar 30% selama berolahraga. Anda akan merasa lebih segar, serta mampu melakukan aktivitas keolahragaan lebih lama dari biasanya. Kafein dalam kopi yang Anda minum dapat mengurangi pesan kelelahan yang dikirimkan ke otak Anda, sehingga Anda akan merasa segar dalam kurun waktu yang lebih lama dari biasanya.

  1. Mengurangi rasa sakit

Pasca berolahraga, biasanya Anda akan merasa nyeri di sekujur tubuh Anda. Anda merasa daerah bahu, bertis, paha, serta otot-otot yang lain terasa lebih kencang dari biasanya. Hal ini biasanya akan mengakibatkan rasa nyeri pada otot maupun persendian yang Anda miliki. Kabar baik bagi Anda yang ingin mengurangi rasa nyeri pada otot maupun persendian Anda pasca berolahraga. 2 Cangkir kopi yang Anda konsumsi sebelum maupuan sesudah berolahraga, dapat membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri yang ditimpulkan akibat aktivitas olahraga yang Anda lakukan. Menurut Journal of Pain yang diterbitkan pada Mei 2007, kandungan kafein yang ada dalam kopi ini dapat mengurangi rasa nyeri hingga 48%.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan memori atau ingatan

Anda sering lupa meletakkan sesuatu yang baru saja Anda pegang atau gunakan? Mungkin Anda perlu mengonsumsi kopi di pagi hari untuk meningkatkan memori atau ingatan Anda. Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Universitas John Hopkins, kandungan kafein yang ada dalam kopi terbukti meningkatkan ingatan seseorang yang meminumnya hingga 24 jam setelah dikonsumsi.. Cobalah meminum kopi di pagi hari, sebelum ke kantor maupun melaksanakan aktivitas lainnya.

  1. Menurunkan resiko diabetes tipe 2

Diabetes merupakan jenis penyakit yang kerap kali kita temui di lingkungan sekitar kita. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam tubuh akibat gen, pola makan maupun asupan nutrisi dalam makanan yang kurang terjaga. Kopi sendiri memiliki manfaat untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 atau diabetes melitus merupakan kelainan metabolik yang disebabkan oleh tubuh yang kurang efektif menggunakan insulin atau kekurangan insulin relatif, sehingga tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula dalam darah.  Mengonsumsi 6 cangkir kopi murni tanpa campuran gula setiap hari akan mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 22%. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Harvard, menunjukkan bahwa resiko diabetes tipe 2 akan menurun sebesar 9% untuk secangkir kopi yang dikonsumsi. Usahakan untuk mengonsumsi kopi murni tanpa campuran gula maupun mocca. Namun apabila Anda tidak tahan akan rasa pait yang ditimbulkan oleh kopi, Anda dapat mencoba gula stevia untuk mengganti gula tebu yang biasa Anda gunakan sebagai pemanis dalam kopi Anda.

Artikel lainnya:

  1. Menghindari Alzheimer

Alzheimer merupakan kelainan yang mengakibatkan gangguan otak yang bersifat progresif atau perlahan. Biasanya penderita kelainan ini akan mengalaimi penurunan kemampuan berpikir, bicara, serta perubahan perilaku. Merujuk pada penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti asal Universitas Florida Selatan dan Universitas Miami, kafein dalam kopi dapat mengurangi resiko terkena Alzheimer. Satu orang dewasa yang rutin mengonsumsi sebanyak 3 cangkir kopi selama sehari terbukti memiliki resiko terkena kelainan ini lebih kecil dari orang dewasa yang hampir tidak pernah mengonsumsi kopi. Kandungan kafein dalam kopi ternyata memiliki banyak manfat ya!

  1. Mencegah kanker kulit

Di tahun 2011, Universitas Brigham dan Woman’s Hospital Medical School meneliti tentang hubungan kopi dengan kanker kulit yang kerap menyerang wanita. Kopi terbukti mampu mengurangi resiko kanker kulit secara umum. Wanita yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi minimal 3 cangkis sehari, akan mengurangi resiko terkena penyakit ini sebesar 20%. Meskipun kanker kulit biasanya disebabkan oleh sinar matahari yang selalu menyerang bagian kulit secara langsung, namun zat-zat yang terkandung dalam kopi dapat mengurangi resiko penyakit ini dari dalam tubuh Anda.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Gagal jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak asing di telinga kita. Saat seseorang mengalami gagal jantung, otot jantung menjadi sangat lemah dan tidak mampu memompa darah dalam jumlah yang cukup ke seluruh tubuh. Kopi memiliki manfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit gagal jantung, Dengan 2 cangkir kopi setiap hari, Anda dapat mengurangi peluang Anda untuk terkena penyakit ini. Jangan lupa sertai dengan kegiatan olahraga terataur dan pola makan yang baik.

ads
  1. Mengurangi resiko kematian

Kefein merupakan salah satu kandungan utama kopi, namun ternyata kandungan kopi bukan hanya itu saja. Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang terkandung dalam kopi. Senyawa ini berguna untuk menangkal zat radikal yang masuk dalam tubuh Anda, sehingga kekebalan tubuh Anda akan meningkat pesat. Kandungan Antioksidan juga mampu mencegah penyakit seperti asam urat, kanker, serta penyakit yang menyerang jantung. Menurunnya resiko terserang penyakit, membuat kopi memiliki manfaat untuk mengurangi kematian akibat hal tersebut. Journal The New England of Medicine yang diterbitkan pada tahun 2012 menuliskan bahwa wanita yang minum kopi sebanyak 2 cangkir setiap hari memiliki resiko kematian 15% lebih rendah, jika dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah minum kopi.

  1. Mengurangi resiko depresi dan bunuh diri

Anda kerap kali mendengar saran untuk menghirup aroma kopi sebelum meminumnya? Mungkin tulisan ini akan sedikit menjelaskan mengapa orang-orang senang menghirup aroma kopi yang diseduh air mendidih sebelum menikmatinya. Bisa jadi saran tersebut bukan merupakan isapan jempol semata. Aroma yang khas yang dihasilkan kopi mempu memberi efek positif untuk otak Anda. Efek relaksasi yang Anda dapatkan melalui aroma seduhan kopi yang masih hangat, dapat membuat tekanan atau stress dalam pikiran Anda akan berkurang sejenak. Kandungan Heterocyclic dalam kopi akan memengaruhi aroma sesuatu. Aroma yang khas biasanya akan membangkitkan perasaan bahagia, ketenangan, kenangan, dan perasaan lainnnya. Apabila Anda memiliki kebiasaan meminum kopi, cobalah menghirup aromanya sebelum menikmatinya. Hal ini akan menstimulasi otak Anda untuk merasakan kebahgiaan maupun ketenangan, serta memunculkan kenangan-kenangan masa lalu yang bisa membuat Anda tersenyum. Perasaan rileks dan santai yang  Anda peroleh setelah menghirup aroma kopi akan mengurangi stress dan menghindarkan Anda dari depresi, bahkan bunuh diri akibat tertekan oleh masalah yang Anda miliki.

Artikel lainnya:

  1. Mencegah penuaan dini

Hampir semua wanita tidak menginginkan wajahnya mengeriput dan kulit yang terlihat menua. Mungkin kopi dapat menjadi salah satu alternative pencegahan penuaan dini dan mengeriputnya kulit-kulit wajah Anda. Kandungan antioksidan yang ada dalam kopi memang sudah terbukti menangkal berbagai jenis penyakit yang diesbabkan oleh masuknya zat radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksidan ini juga dapat mengurangi resiko penuaan dini akibat masuknya zat radikal bebas melalui kulit Anda. Kandungan antioksidan akan meningkatkan regenerasi sel-sel kulit Anda yang mati dan mempercepat pertumbuhan sel-sel tersebut.

Sebelas manfaat kopi yang sudah dituliskan di atas tentu saja dapat Anda rasakan hanya dengan mengonsumsi kopi setiap harinya! Bukan kopi instan ya, pilihlah jenis kopi murni atau kopi yang biasa dijual dalam bentuk biji yang sudah siap digiling. Pastikan Anda melihat sendiri penggilingannya! Hal ini untuk menghindarkan bahan campuran lain yang masuk ke dalam kopi Anda. Bahan campuran lain yang tercampur dalam kopi seperti pemanis buatan maupun bubuk moka memang dapat memperkaya cita rasa dalam kopi, namun kandungan zat yang bermafaat dalam kopi dapat berganti menjadi zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh kita. Cobalah mengonsumsi kopi-kopi original yang diproduksi oleh beberapa daerah di Indonesia, seperti jenis kopi Gayo, Aceh, Kalimantan, Maluku, hingga daerah timur seperti Papua. Apabila Anda gemar meminum kopi, pastikan untuk mengatur pola makan serta asupan nutrisi yang Anda perlukan. Jangan sampai asam lambung Anda meningkat dan terkena gejala Maag, apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi kopi dan melupakan asupan nutrisi yang tubuh Anda perlukan melalui makanan. Rasa kenyang yang biasanya Anda peroleh melalui secangkir kopi memang bisa menahan rasa lapar Anda untuk sementara, namun jangan lupakan makanan bergizi. Seimbangkan dengan konsumsi buah, sayur, dan olahraga yang rutin untuk memaksimalkan kesehatan dan kebugaran yang Anda peroleh melalui kopi.

Artikel lainnya:

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup