Sponsors Link

6 Tanggung Jawab Ibu terhadap Anak yang Harus Anda Pahami

Sponsors Link

tanggung jawab ibu terhadap anakMenjadi seoarang ibu merupakan suatu anugerah bagi seorang wanita. Anak merupakan hadiah dari Tuhan yang harus dijaga dan dididik dengan sepenuh hati. Lantas, apa, sih, tanggung jawab ibu terhadap anaknya? Yuk, kita simak.

ads

 1. Mendidik

Tugas ibu yang paling penting adalah mendidik anaknya ke jalan dan dengan cara yang benar. Sebagai perempuan, Anda sebaiknya mendidik anak agar pintar, baik pintar dalam hal pikiran, akhlak, maupun keimanan. Jadi, didiklah anak Anda menjadi pintar dalam ketiga aspek tersebut.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mendidik karakternya sejak kecil. Bagaimanapun, karakter akan terbentuk di lingkungan keluarganya sendiri. Karakter anak Anda mencerminkan bagaimana Anda dan suami mendidiknya. Jadi, jangan sepelekan hal ini.

2. Membimbing

Salah satu tanggung jawab ibu terhadap anaknya adalah membimbing anaknya ke jalan yang benar ataupun tingkah laku yang baik. Ketika anak Anda bersikap buruk, sebaiknya Anda tahu cara melatih kesabaran menghadapi anak Anda. Kalau tidak, maka itu sama saja Anda menunjukkan sikap yang tidak baik kepadanya.

Begitu juga ketika anak Anda bertingkah yang sudah di luar batas. Sebaiknya Anda tahu tips sabar menghadapi anak kecil ataupun remaja. Dengan begitu, anak Anda bisa menjadi anak yang baik dan berbakti kepada orang tuanya.

3. Menegur

Ibu juga punya tanggung jawab untuk menegur anaknya jika salah. Tentunya bukan dengan cara kekerasan yang tidak patut untuk ditiru oleh anak. Gunakanlah teguran halus dulu pada suatu kesalahan. Jika dia mengulangi kesalahan yang sama, tegurlah lebih tegas. Jika masih, beri ancaman. Jika memang masih, maka abaikan dia. Bilang padanya kalau Anda kecewa.

Dengan begitu, dia akan menjadi segan dan patuh dengan Anda. Ini merupakan salah satu cara menjadi ibu yang baik buat anak. Kalau Anda berceloteh dan marah saja tanpa cara yang tepat. Maka anak Anda hanya akan menghiraukan perkataan Anda.

4. Menyayangi dengan Tulus

Salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik adalah dengan menyayangi mereka dengan tulus. Berilah perhatian dan kehangatan kepada mereka agar mereka selalu nyaman di dekat Anda dan tidak bisa jauh dari Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjadi sosok ibu dan istri yang sangat dirindukan.

Menyayangi juga sebaiknya dilakukan dengan tulus. Ikhlas tanpa pamrih. Jika Anda senantiasa mengharapkan imbalan atau perhatian, itu akan membuat hubungan Anda dan keluarga Anda jadi renggang. Jadi, jangan sampai Anda jadi tidak tulus, ya.

Sponsors Link

5. Mendoakan

Ibu tentunya harus mendoakan anak-anaknya agar bisa menjadi anak yang baik dan selamat di dunia maupun di akhirat. Biar bagaimanapun, doa ibu adalah doa yang sangat ampuh untuk anaknya. Jadi, jika Anda berdoa hal yang baik, maka Tuhan juga akan memberikan anak Anda yang terbaik.

Meskipun anak Anda terkadang menjengkelkan, namun tetaplah doakan dia. Anda harus tahu cara menjadi ibu yang baik untuk anak laki-laki yang biasanya suka bandel dan nakal. Anda harus tetap mendoakan dia agar bisa menjadi anak yang nurut dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

6. Menghibur

Salah satu tanggung jawab ibu adalah menghibur anaknya yang sedang sedih ataupun sakit. Anda sebaiknya mengerti dan paham mengenai cara menjadi ibu yang baik untuk anak perempuan Anda yang biasanya akan lebih mudah untuk curhat pada Anda.

Itulah 6 tanggung jawab ibu terhadap anak yang harus Anda ketahui ketika sebelum ataupun setelah membina rumah tangga. Lakukanlah hal terbaik yang bisa Anda lakukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting