Sponsors Link

11 Cara Menjadi Ibu yang Baik Untuk Anak Perempuan Anda

Sponsors Link

ads

Mempunyai seorang anak perempuan menjadi sebuah kesulitan yang dirasakan oleh banyak ibu. Selain harus mengetahui cara menjadi ibu yang baik untuk anak laki-laki, cara melatih kesabaran menghadapi anak, mengetahui tips dan persiapan menjadi ibu rumah tangga serta cara sabar menghadapi anak rewel, seorang ibu harus lebih paham bagaimana cara menjadi ibu yang baik untuk anak perempuan.

Mungkin anda atau ibu lain banyak menganggap, kehadiran anak perempuan adalah cerminan diri kita ketika kecil dan kita mencoba untuk membentuk karakternya sebagaimana yang kita inginkan. Ketahuilah, setiap anak baik perempuan dan laki-laki memiliki keinginan dan impian mereka sendiri. Kita tidak berhak terlalu mengatur jalan yang mereka inginkan, kita sebagai orang tua hanya perlu membentuk karakternya menjadi orang yang baik dan berguna. Simak penjelasan berikut tentang bagaimana cara menjadi ibu yang baik untuk anak perempuan anda :

  1. Mengajarkan hal baik dan terpuji

Sebagai orang tua sudah sepantasnya anda mengajarkan hal baik pada anak, terlebih kepada anak perempuan. Pada dasarnya sifat wanita adalah peka, begitupun dengan anak perempuan. Ajarilah ia hal-hal yang baik dan terpuji dan ketika ia melakukan hal yang terpuji dan baik maka pujilah ia. Setiap anak pasti menyukai pujian. Hal ini anda lakukan untuk merangsang anak anda terus melakukan hal yang baik dalam hidupnya karena ia akan merasa bangga telah menolong orang lain atau melakukan kebaikan yang lainnya. Tapi, jangan memberinya pujian yang berlebihan. Hal ini akan mengakibatkan efek buruk seperti tinggi hati atau sikap memamerkan pada teman-temannya. Tetap diukur kadar pujian yang akan anda berikan, selipkan pula nasihat-nasihat yang akan membuatnya membentuk karakter baik.

  1. Mengajarkan kerendahan hati

Anda pasti akan senantiasa memuji anak perempuan anda cantik untuk menyenangkan hatinya. Namun, ajarkan juga padanya untuk tidak mengumbar kecantikannya pada orang lain atau menyombongi fisiknya di depan teman-temannya. Sikap rendah hati senantiasa harus diajarkan oleh anda untuk anak perempuan anda, jangan sampai ketika beranjak dewasa ia menggunakan kecantikan fisiknya untuk menyakiti orang lain.

Sponsors Link

  1. Ajari ia menjadi rajin

Keuntungan memiliki anak perempuan adalah mereka akan mengerti bagaimana perasaan ibunya dan pastinya akan membantu anda saat memasuki usia senja. Untuk itulah, agar mereka terbiasa dekat dengan anda dan senantia membantu anda dalam mengurus rumah maka sudah sebaiknya anda mengajarkannya menjadi rajin. Ketika dewasa nanti, tentu saja mereka harus pergi dari rumah dan tinggal bersama suami, disini tentu saja membuat anak perempuan anda harus rajin mengurus suami dan dirinya sendiri. Itulah mengapa mengajarkannya soal kerajinan begitu penting sejak dini.

  1. Mengajarinya masak

Masak identik dengan kaum hawa. Ketika berkeluarga tentu seorang istri akan memenuhi tugasnya untuk memberi makan suami dan anak. Hal ini juga akan membantu anda saat memasak di dapur, tentu anda akan senang bukan jika memasak ditemani oleh anak perempuan anda? Berbagi resep dari internet bersama dan mengeksplorasi resep-resep baru untuk hidangan di atas meja?

  1. Mengajarkan cinta dan kasih

Anak perempuan anda kelak akan menjadi ibu sama seperti anda. Maka ajarkanlah mereka cinta dan kasih yang nantinya akan mereka ajarkan pula pada anak mereka. Jangan sampai anda sebagai seorang ibu namun tidak menunjukkan contoh cara menjadi ibu yang baik untuk anak perempuan. Seorang anak akan menjadi cerminan bagaimana ibu atau orang tuanya membesarkannya.

  1. Ajari ia untuk peduli pada hal sekitar

Sebagai seorang perempuan sebuah kepedulian adalah hal yang penting. Jangan sampai anda membentuk seorang anak perempuan yang cuek pada hal sekitar seperti membersihkan kamar atau membantu kedua orang tua atau yang lebih parah adalah acuh dalam menjaga diri sendiri. Jika ingin menjadi ibu yang baik untuk anak perempuan anda maka ajarilah ia untuk peduli pada diri sendiri, orang disekitarnya, dan hal-hal kecil lainnya. Jangan sampai anda melewatkan hal ini saat membesarkannya.

ads
  1. Ajari ia menjaga perkataannya

Tidak baik bagi perempuan sering mengeluarkan kalimat-kalimat umpatan yang kasar. Wanita identik dengan kelembutan dan hati yang baik, maka ajarkan anak perempuan anda untuk selalu berucap hal-hal yang baik. Berilah penjelasan padanya bahwa berkata kasar akan membuat dirinya terlihat buruk di mata orang lain sehingga ia akan sebisa mungkin enggan mengeluarkan umpatan ketika marah. Hal ini menjadi perhatian anda juga, jangan sampai anda kelepasan berbicara kasar di depan anak dan membuatnya mencontoh perbuatan anda tersebut.

  1. Ajarkan ia berbakti pada orang tua

Tidak hanya bagi anak perempuan, hal ini juga penting diajarkan untuk anak laki-laki. Tak jarang pergaulan dan tontonan membuat anak anda sering berlaku kasar, membantah, dan tidak mendengarkan ucapan anda. Untuk itulah sebelum media menguasai anak anda maka sejak awal anda perlu mengajarinya untuk menghargai, berbakti, dan mencintai kedua orang tuanya. Ketika masa puberti merubahnya, tidak akan sulit untuk menuntunnya kembali ke jalan semula karena anda telah menanamkan hal baik dari kecil.

  1. Buat anak anda mandiri

Sebagai anak perempuan, anda harus membiarkan ia belajar mandiri. Biarkan ia membersihkan kamar atau keperluannya sendiri, membantu boleh namun tidak baik jika sampai anda yang harus mengerjakaan apa yang seharusnya ia lakukan untuk melatihnya menjadi mandiri. Ingat, anak perempuan anda akan menjadi istri dari seorang pria maka dari itu anda harus mengajarinya menjadi mandiri agar bisa mengurus diri sendiri dan suaminya nanti,

  1. Ajarkan ia berhemat

Wanita menjadi icon keuangan dalam rumah tangga, jika ia boros maka sudah bisa dipastikan keuangan keluarga tidak akan memenuhi kebutuhan. Untuk itulah anda sebagai ibu harus mengajarinya berhemat. Berikan ia penjelasan tentang mana yang lebih penting antara kebutuhan dan keinginan. Sehingga ia akan bisa mengatur keuangannya untuk hal kebutuhan dan keinginan.

  1. Menjadi orang yang ia percaya

Sebagai seorang ibu sudah sepantasnya menjadi sandaran bagi anak-anaknya. Seorang anak perlu mengetahui bahwa anda senantiasa akan mendengarkan dan memihaknya. Katakan padanya bahwa untuk mencari anda jika ia merasa kesulitan dalam menjalani hidupnya, hal ini akan membuatnya ia percaya pada anda dan menghapus jarak. Dengan menjadi orang yang selalu berada disisinya, ia akan membuka diri, menceritakan banyak hal yang menjadi pertanyaan-pertanyaannya ketika beranjak dewasa sehingga ia tidak perlu salah mengambil langkah dan terjerumus ke jalan yang akan menghancurkannya.

Itulah 11 saran cara menjadi ibu yang baik untuk anak perempuan yang bisa anda lakukan sebagai ibu yang tengah membesarkan seorang anak. Ingatlah bahwa anak perempuan itu sensitif sebagaimana sifat wanita pada umumnya, jangan ajarkan ia terlalu keras namun juga jangan terlalu lembut. Bersikaplah menjadi ibu yang baik namun tegas dalam mendidik. Semoga bermanfaat, tetap semangat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting