Sponsors Link

10 Persiapan Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses

Sponsors Link

persiapan menjadi ibu rumah tanggaMenjadi ibu rumah tangga merupakan sebuah pekerjaan mulia yang tidak semua wanita dapat melakukannya dengan baik. Di era modern seperti saat ini, orang-orang pasti memiliki cita-cita setinggi langit dan mereka berlomba-lomba untuk meraih mimpi tersebut. Hal ini juga berlaku bagi wanita baik yang belum atau sudah menikah. Kebanyakan dari kaum hawa pasti memilih untuk meraih cita-citanya dengan berbagai alasan seperti mengisi waktu, mencari tambahan financial keluarga hingga alasan agar gelar yang didapati ketika menempuh pendidikan tidak sia-sia.

ads

Sebelum kita membahas persiapan menjadi ibu rumah tangga, alangkah baiknya kita mengulas sedikit tentang kelebihan menjadi ibu rumah tangga berikut ini :

  1. Menghemat pengeluaran keluarga

Tak jarang seorang ibu mendapat julukan ‘Menteri Keuangan’ dalam keluarga. Mungkin bagi anda wanita yang belum berkeluarga akan heran, kenapa menjadi ibu rumah tangga justru akan menghemat pengeluaran? Jawabannya sederhana, menjadi wanita karir bersamaan dengan menjadi ibu rumah tangga memang membuat penghasilan keluarga menjadi lebih namun, tanpa sadar pengeluaran juga akan menjadi banyak tanda anda sadari. Seorang ibu yang menjadi wanita karir harus membeli pakaian kantor, biaya transportasi dan lain sebagainya apalagi jika sudah memiliki anak maka akan sangat mungkin jika anda menyewa pengasuh untuk menjaga anak anda dan juga mengurus rumah.

  1. Menyimpan banyak energi

Biasanya jam masuk kantor adalah pukul delapan hingga pukul empat atau lima sore. Itu belum ditambah dengan waktu perjalanan anda dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Belum lagi jika terjebak macet, maka waktu anda akan dihabiskan berada di luar rumah. Biasanya hal ini membuat seorang ibu yang juga sebagai wanita karir akan meninggalkan rumah pada waktu sebelum matahari terbit dan sampai kembali dirumah pada saat malam sudah menyapa. Belum lagi ditambah dengan beban pekerjaan yang menunggu di kantor. Hal ini akan menyerap energi seorang ibu. Ketika sampai di rumah, tak jarang seorang ibu tidak dapat menemani anaknya bermain dan mengurus kebutuhan pasangan.

  1. Dapat mengikuti perkembangan anak

Menjadi wanita karir sekaligus menjadi ibu rumah tangga tidak serta merta menghapus tanggung jawab utama sebagai wanita, yaitu membesarkan anak. Perbedaan menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga akan terlihat dalam hal ini. Dengan fokus menjadi ibu rumah tangga saja maka anda lebih mempunyai banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama si buah hati. Terlebih ketika anak baru memasuki usia batita (bayi dibawah tiga tahu) karena di usia ini biasanya anak akan menunjukkan perkembangan-perkembangan kecil dan cepat sehingga anda tidak akan melewatkan momen sekali seumur hidup ini. Berbeda dengan menjadi wanita karir sekaligus, anda akan kehilangan kesempatan tersebut. Perlahan-lahan, anda juga dapat mengetahui dengan mudah cara melatih kesabaran menghadapi anak karena memiliki waktu banyak dengan anak.

Sponsors Link

  1. Kedekatan dengan keluarga lebih erat

Cara menjadi ibu dan istri yang baik adalah dengan mempunyai waktu yang banyak untuk keluarga. Menurut penelitian yang telah dilakukan, anak-anak yang tidak didampingi orang tua dalam waktu lama cenderung mengalami peningkatan masalah perilaku. Dengan menghabiskan waktu bersama keluarga khususnya anak-anak, maka anda dapat melihat perkembangan perilaku anak dengan baik. Anak juga tidak akan canggung dengan ibunya sendiri jika mereka sering menghabiskan waktu bersama anda.

  1. Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mulia

Menjadi ibu rumah tangga tentu tidak mudah. Seorang ibu rumah tangga yang baik adalah wanita yang dituntut menjadi seorang multi-talenta. Ibu rumah tangga dituntut menjadi koki handal untuk keluarga, menjadi guru saat mendampingi anak-anaknya belajar dan menjadi perawat ketika salah satu keluarganya sakit. Maka menjadi ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang mulia yang pernah ada.

Setelah mengetahui kelebihan ibu rumah tangga yang dijelaskan diatas tentu bagi anda yang belum menikah ingin mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi ibu rumah tangga. Yuk, simak tips persiapan menjadi ibu rumah tangga yang baik untuk keluarga anda :

  1. Rajinlah Beribadah

Banyak dari kita menjalani ibadah karena suruhan orang tua dan didasari dengan keterpaksaan. Sudah saatnya anda perlu menyadari bahwa ibadah adalah jalan bagi kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Kehidupan rumah tangga juga perlu pondasi religi untuk memperkuat hubungan dengan pasangan. Selain itu, nantinya anda juga harus mengajarkan tentang agama kepada anak-anak anda. Hal ini menjadi salah satu cara menjadi ibu rumah tangga yang baik.

  1. Perlu memperhatikan hal-hal sederhana

Menjadi ibu rumah tangga tidak hanya bertugas merawat anak dan mengurusi suami. Setelah memutuskan untuk berumah tangga hal-hal sulit namun remeh pasti akan anda alami. Anda akan mulai mengatur segala hal sesuatunya di dalam rumah sehingga anda perlu berlati mulai dari sekarang. Jika anda sudah mulai memperhatikan hal-hal kecil dan sepele di sekitar anda berarti anda sudah siap menjadi ibu rumah tangga.

  1. Belajar mandiri sejak dini

Hal ini mungkin menjadi faktor penting sebelum anda memilih untuk menjadi ibu rumah tangga. Dengan menjadi wanita mandiri, maka anda dapat mengurus dan mengatur diri dengan baik dan ini menunjukkan bahwa anda siap menanggung tanggung jawab untuk mengurusi keluarga. Jika anda belum bisa mengurus diri, bagaimana nanti anda harus mengurus suami dan anak anda?

Sponsors Link

  1. Tunjukkan sisi keibuan anda

Saat anda memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga maka tunjukkan sifat keibuan anda mulai sekarang karena setiap wanita di dunia pasti memiliki keinginan untuk menjadi seorang ibu. Kehadiran buah hati atau anak juga akan membuat sebuah keluarga menjadi paket lengkap nantinya. Maka dari itu, anda harus menunjukkan rasa keibuan agar pasangan anda juga yakin bahwa anda adalah wanita yang tepat untuk dinikahi olehnya.

  1. Mulailah untuk tidak jijik pada hal kotor

Ketika sudah mempunyai anak tentu mereka belum bisa membersihkan diri mereka sendiri. Alangkah baiknya mulai dari sekarang anda berlatih untuk tidak jijik pada sesuatu yang kotor, karena suatu saat nanti anda akan dihadapkan pada situasi anak anda menangis karena buang air besar. Bisa juga karena anak anda muntah, itulah mengapa anda harus memberanikan diri untuk tidak merasa jijik dengan hal yang kotor. Hal ini juga menjadi salah satu tips menjadi ibu yang baik untuk anak, maka rajin-rajinlah membersihkan kamar atau membantu ibu anda membersihkan rumah karena anda akan mendapatkan manfaatnya dikemudian hari.

Itulah penjelasan tentang kelebihan ibu rumah tangga yang harus anda ketahui dan 5 tips persiapan menjadi ibu rumah tangga yang baik dan bisa anda mulai persiapkan sejak dini. Menjadi ibu rumah tangga adalah hal yang dinantikan oleh setiap wanita dan jalan untuk menjalaninya juga tidak akan sesuai dengan apa yang anda bayangkan jadi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Semoga tips diatas membantu dan tetap semangat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting