Sponsors Link

11 Tips Sabar Menghadapi Anak Kecil yang Bandel dan Susah Diatur

Sponsors Link

Apakah anak anda termasuk anak yang sedikit bandel atau susah diatur? Mungkin bisa dipastikan kalau anda kesulitan mengurusinya. Banyak hal yang perlu diketahui seorang wanita sebelum memutuskan untuk berkeluarga ataupun mempunyai anak. Setidaknya anda harus mengetahui bagaimana persiapan menjadi ibu rumah tangga yang baik sehingga anda mengetahui bagaimana cara menjadi ibu yang baik buat anak.

ads

Dalam tumbuh kembangnya, seorang anak akan mengalami fase bandel atau susah diatur. Terlebih ketika mereka sedang aktif-aktifnya bermain dengan teman sebayanya. Tentu untuk anda sebagai ibu yang mungkin baru pertama kali merasakannya akan kewalahan mengikuti kemauan sang anak. Lalu bagaiamana sih tips sabar menghadapi anak kecil yang bandel ini? Mari simak penjelasan berikut :

  1. Lakukan pendekatan

Ketika anak anda mulai susah diatur hindari menghadapinya dengan amarah. Hal ini akan menyebabkan si anak semakin sulit untuk diatur dan malah berbalik marah pada anda. Jika hal ini terjadi, tentu akan merepotkan anda bukan? Maka dari itu, cobalah lakukan pendekatan dengan baik dan berikan nasehat yang lembut juga mudah dimengerti oleh anak anda. Selain itu anda juga harus menunjukkan ketegasan anda sebagai orang tua khususnya ibu. Misalnya ketika ia merengek minta dibelikan mainan, maka jika anda mengatakan tidak anda harus menjaga ucapan anda tersebut. Jangan sampai anda luluh hanya karena ingin membuatnya berhenti menangis, ini tidak akan membuat anak anda berubah menjadi anak penurut.

  1. Buat peraturan khusus

Urusan rumah tentu membutuhkan peraturan layaknya kantor atau sekolah. Namun, tentu saja peraturan yang dibuat tidak seketat tempat-tempat yang formal tersebut. Sebagai ibu anda perlu membuat peraturan yang tentunya telah didiskusikan dengan anak anda. Dimana peraturan ini akan berisi tentang apa yang harus dan tidak harus dilakukan sang anak dan hukuman serta hadiah yang diberikan kepada mereka. Hukuman yang diberikan tentu saja hal-hal yang menghindarkan ia dengan perbuatan nakal. Tentu saja hal ini akan membuat anda lebih sabar menghadapi mereka.

  1. Tunjukkan sikap manis dan lembut

Seorang ibu tentu memiliki sisi lembut dan manis dalam dirinya. Ketika anak anda melakukan hal yang buruk atau memalukan di tempat umum maka jangan langsung memarahi anda. Hal ini akan membuat mereka merasa malu dan mungkin akan semakin bertingkah nakal untuk menutupi rasa malu mereka. Tak jarang jika anda langsung memarahinya, mereka akan menangis sambil meronta atau berteriak-teriak. Sebagai ibu yang baik, maka cobalah menarik nafas dan mengatur emosi anda kemudian tanyakan padanya dengan lembut dan manis alasan kenapa melakukan tindakan tersebut. Secara senantiasa mereka akan mudah dikendalikan oleh anda dan menjadi salah satu cara sabar menghadapi anak rewel.

  1. Jangan terlalu memanjakan

Ketika baru mempunyai anak tentu anda ingin memanjakan mereka dengan segala hal yang mereka inginkan. Sesungguhnya hal ini adalah sesuatu yang salah. Dengan dimanjakan, anak-anak akan besar kepala dan merasa semua keinginannya harus dikabulkan. Sebagai ibu, sudah seharusnya anda memperlakukannya dengan biasa, jangan terlalu memanjakan anak anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

Sponsors Link

  1. Berikan contoh yang baik

Orang tua khususnya ibu adalah contoh nyata bagi ana-anaknya. Setiap hari mereka melihat ibunya, tentu hal yang dikerjakan sang ibu akan diikuti oleh anak mereka. Inilah yang harus anda perhatikan, usahakan berikan anak anda contoh yang baik saat di luar atau di dalam rumah. Segala sikap yang anda lakukan tentu akan diserap oleh anak anda dan dipratekan. Selain itu juga tontonan sinetron, tayangan kekerasan dan kriminalitas juga akan memancing sisi buruk anak. Tentunya hal ini menjadi cara mendidik anak agar pintar.

  1. Jangan memberi julukan ‘anak bandel’ pada anak

Semarah-marahnya anda pada anak anda yang bandel, jangan sekalipun menjulukinya ‘anak bandel’ atau embel-embel jelek lainnya. Apa yang diucapkan orang tua adalah doa bagi anak, maka ketika anda mengucapkan hal tersebut secara otomatis akan mendoakan anak anda menjadi semakin bandel selain itu anak anda akan menganggap jika sifat bandel tersebut sudah menjadi sifat bawaannya padahal sifat bandel terbentuk dari lingkungan serta tontonan mereka. Sebagai orang tua berikanlah ucapan-ucapan yang baik untuk anak anda agar ia mudah dikendalikan.

  1. Mendidik dengan agama

Memberi didikan anak anak dengan agama tentu hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Sedari amat kecil cobalah lakukan pendekatan terhadap anak dengan agama. Hal ini tentu akan berdampak pada karaktek yang nantinya tumbuh pada anak anda. Mereka yang diajarkan agama akan lebih mengerti bagaimana mendengarkan orang tua dan berprilaku baik. Tentunya hal-hal yang buruk tidak akan didekati oleh sang buah hati.

  1. Bersikap tenang

Tips sabar menghadapi anak kecil yang perlu anda ketahui sebagai ibu adalah bersikap tenang. Anak-anak yang cenderung nakal tentunya akan membuat anda merasa habis kesabaran, padahal sebenarnya mereka hanya perlu diperhatikan oleh anda yang mungkin semakin sibuk dengan pekerjaan rumah atau kantor yang menumpuk. Jika mereka menunjukkan sikap nakal maka cobalah untuk menarik nafas dan tetap tenang saat menghadapinya. Hal ini akan menumbuhkan rasa sabar dalam diri anda.

Sponsors Link

  1. Pergunakan bahasa yang halus

Tak jarang orang tua yang tengah marah akan mengeluarkan kata-kata kasar saat memarahi anaknya. Padahal hal ini kan berakibat fatal jika dilakukan terus menerus. Seorang anak memiliki perasaan yang peka terhadap ucapan orang tuanya, maka jika anda mengucapkan kalimat yang kasar ia akan senantiasa mengingat hal ini dan menjadi mudah marah. Terlebih lagi mungkin nantinya ia akan ikut-ikutan memakai ucapan kasar kepada temannya. Tentu anda tidak mau hal ini terjadi bukan?

  1. Berikan pelukan setiap hari

Hati seorang anak sangatlah peka, mereka perlu mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang lebih dari orang tuanya di saat tumbuh kembangnya. Maka dari itu jangan lupa berikan mereka sebuah pelukan setiap hari, baik saat melakukan hal baik ataupun melakukan hal buruk. Hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi psikologis anak, mereka akan merasa bisa mempercayai anda dan nyaman dengan adan sehingga anda akan mudah mengendalikan anak untuk hal-hal yang baik.

  1. Mendengarkan mereka bicara

Orang tua yang baik adalah mereka yang mau mendengarkan anaknya. Kebanyakkan dari orang tua enggan untuk mendengarkan keluhan atau perasaan anak mereka. Hal ini akan membuat anak anda merasa sedih dan melakukan hal buruk untuk menyampaikan perasaannya serta perhatian orang tuanya. Dengan saling mendengarkan akan terjalin hubungan yang erat bagi anak dan anda.

Itulah 11 tips sabar menghadapi anak kecil yang perlu anda ketahui jika memiliki anak yang nakal di masa pertumbuhannya. Jangan lupa untuk lebih sering memberikan pujian kepada mereka sebagai rasa terimakasih karena melakukan hal baik, hal ini untuk menjauhkan mereka dari hal buruk. Semoga berhasil dan tetap semangat!

, , ,




Oleh :
Kategori : Parenting