Sponsors Link

10 Tips Ibu Rumah Tangga Mengatur Keuangan Secara Cerdas

Sponsors Link

tips mengatur keuangan ibu rumah tanggaSeorang istri akan mendapatkan pemasukan berupa uang setiap bulannya oleh suami, meskipun ia bekerja atau tidak. Untuk itu menjadi seorang istri selain dituntut untuk serba bisa melakukan segala hal, anda juga dituntut untuk pintar mengelola keuangan suami. Ada banyak tips untuk mencari Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Baik. Mengapa mengatur keuangan sangat penting untuk ibu rumah tangga? Karena sejatinya, kita harus menghitung dan mengetahui kita habiskan untuk apa saja keuangan kita dalam sebulan penuh. Dan berapa perkiraan yang harus dikeluarkan? Sangat Penting kan mom?

ads

Untuk itu beberapa tips ini sangat berguna lho mom untuk anda yang sedang bingung bagaimana sih cara mengatur keuangan keluarga. Bukan hanya untuk anda yang sudah menikah tapi untuk anda yang sedang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat juga sangat berguna agar keuangan anda dan suami tidak devisit ya mom! Berikut beberapa tipsnya:

1. Mencatat dan Mengevaluasi Kebutuhan Harian Anda

Mencatat dan Mengevaluasi semua kebutuhan per hari sangat penting mom, karena anda harus menghitung berapa rupiah yang harus anda keluarkan setiap harinya dan apa saja kebutuhan anda setiap hari. Hal itu untuk menghindari agar anda tidak boros ya mom.

2. Rencanakan Belanja Bulanan

Buatlah Anggaran Bulanan anda dan keluarga secara tertulis. Pisahkan Mana kebutuhan yang lebih penting dan harus dibeli dan mana kebutuhan yang tidak terlalu penting. Untuk kebutuhan Primer seperti biaya makan, biaya transportasi, tagihan listrik dan air, cicilan rumah maupun mobil harus di dahulukan ya mom. Sediakan amplop yang masing masing amplop bertuliskan berbagai kebutuhan primer tersebut dan ketika anda mendapatkan gaji suami setiap bulannya langsung sisihkan uang anda ke dalam amplop yang sudah dituliskan tersebut. Dengan begitu kebutuhan primer anda tidak akan terlewatkan. Menggunakan anggaran tertulis untuk merencanakan pengeluaran juga menghindari anda dari resiko pemborosan ya mom!

3. Biasakan Untuk Membeli Barang Yang Dibutuhkan Saja

Pemborosan Keuangan biasanya terjadi ketika anda menggunakan uang sesuai keinginan anda, padahal keinginan itu belum tentu menjadi kebutuhan anda. Oleh Karena itu, anda harus bisa membedakan mana barang yang benar-benar dibutuhkan atau hanya karena keinginan anda semata saja. Terkadang wanita ketika sedang berbelanja bulanan disebuah supermarket dan melihat ada barang yang tidak terlalu dibutuhkan diskon, maka ia cenderung membelinya. Nah, Anda harus belajar untuk menghindari hal-hal yang seperti itu ya mom karena anda harus mematuhi anggaran bulanan yang telah anda buat saja. Dan untuk menghindari pemborosan anda juga bisa membaca tips disini ya mom cara mengatur uang agar tidak boros.

4. Belajar Berhemat

Hemat Pangkal Kaya, coba terapkan pribahasa itu dalam kehidupan anda sehari-hari ya mom. Pangkas beberapa kebutuhan tersier anda dan kendalikan. Seperti Anggaran Untuk Shopping, cobalah untuk menghematnya. Hemat Sangat berguna lho mom karena untuk menjadi Ibu Rumah Tangga yang cerdas anda dituntut untuk menghemat anggaran bulanan anda. Anda juga bisa melihat beberapa tips dan cara menghemat pengeluaran rumah tangga.

Sponsors Link

5. Sisihkan Uang untuk Menabung tiap bulannya

Disaat kita menerima gaji atau pendapatan suami di awal bulan, sisihkanlah untuk menabung. Minimal dari penghasilan suami anda adalah 30 persennya, itu minimal ya mom jadi jika anda bisa menyisihkan lebih dari itu setiap bulannya justru lebih baik. Menabung Sangat Penting mom biasanya berguna untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang mungkin akan kita hadapi di masa mendatang. Untuk anda pasangan yang baru menikah juga menabung mungkin bisa membantu anda untuk membeli rumah impian anda dan suami. Jadi, apakah anda masih tidak ingin menabung? Yuk, mulai Menabung ya mom mulai sekarang dan baca juga tips menabung untuk ibu rumah tangga.

6. Kurangi Kebiasaan Makan Di Luar

Nah, untuk anda Ibu Rumah Tangga yang malas memasak untuk suami dan buah hati bahkan lebih sering membeli makanan jadi di restoran siap saji, atau malah tidak memasak karena tidak bisa masak mulai sekarang coba deh untuk belajar memasak ya mom. Memasak itu menyenangkan lho, bahkan memasak juga lebih hemat. Bayangkan ketika anda harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan yang siap saji diluar yang harganya jauh lebih tinggi melambung daripada ketika anda harus memasak sendiri. Maka, belajarlah memasak dan coba beberapa menu sarapan pagi yang anda ketahui. Jika anda kalkulasikan lebih dalam lagi, tentu lebih boros bukan? oleh karena itu, pangkas Anggaran anda agar bisa lebih hemat ya mom, setidaknya makanlah di restoran hanya sesekali saja untuk menyenangkan suami dan si buah hati.

7. Manfaatkan Promo Dan Diskon

Menggunakan Kupon Diskon dan Promo untuk membeli semua kebutuhan keluarga anda setiap bulan tentu sangat membantu anda. Terlebih saat ini banyak sekali supermarket atau minimarket yang menawarkan diskon lewat kartu kartu pelanggan yang tersedia. Maka manfaatkanlah ya mom, anda dapat membandingkan beberapa tempat untuk berbelanja bulanan yang lebih murah dan anda daftarkan identitas anda pada kartu pelanggan tersebut. Cukup membantu bukan?

8. Hindari Hutang

Terkadang godaan untuk berbelanja sangat besar, namun tidak sesuai dengan pendapatan yang anda terima setiap bulan. Oleh karena itu, coba dikontrol ya mom jangan sampai pengeluaran dan pemasukan anda setiap bulan tidak sebanding atau malah devisit. Hindari meminjam pada orang termasuk juga pada bank atau kartu kredit. Terkadang mempunyai kartu kredit justru membuat anda Ibu Rumah Tangga khilaf membelanjakan apa yang ia mau tanpa memikirkan tagihan setiap bulannya akan membengkak.  Jika anda tidak bisa mengontrol kartu kredit, cobalah untuk menghindarinya. Kebiasaan menggunakan kartu kredit sembarangan, akan berdampak buruk bagi keluarga anda dan jangan sampai anda dan suami mengalami keributan karena hutang kartu kredit.

Sponsors Link

9. Mencari Penghasilan Tambahan

Pada jaman seperti sekarang ini, Teknologi semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat, oleh karena itu jika anda Ibu rumah Tangga yang cerdas coba untuk memanfaatkan kesempatan yang ada ya mom. Putar Otak anda untuk mencari penghasilan tambahan lewat hal-hal baru yang anda dapat coba seperti menjual barang dan memasarkannya secara online, menjadi freelancer dan yang lainnya. Manfaatkanlah waktu luang anda, karena semakin bertambahnya penghasilan yang anda terima, maka semakin bertambah juga uang yang dapat anda sisihkan setiap bulan dan anda akan terhindar dari hal hal buruk yang bisa terjadi karena ketidakstabilan posisi keuangan keluarga anda.

10. Sering-Seringlah Berbagi

Berbagi pada orang yang kurang mampu memiliki banyak dampak positif untuk anda semua lho mom, selain meningkatkan rasa syukur anda juga memiliki kebahagiaan tersendiri ketika anda dapat membuat orang lain bahagia. Berbagi juga dapat menambah rezeki anda, Jadi biasakan  untuk berbagi kepada yang membutuhkan ya mom.

Nah, itu dia 10 tips Ibu Rumah Tangga Mengatur Keuangan, mengatur keuangan keluarga juga diperlukan kekompakan antara anda dan suami ya mom. Bersikaplah saling terbuka satu sama lain, dengan begitu keuangan keluarga anda akan selalu terkendali. Jadilah Menteri Keuangan yang hebat ya mom di ruman anda sendiri! Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Selain menyehatkan tubuh, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk perawatan kulit loh. Yuk tonton videonya!

Klubwanita TV