Sponsors Link

20 Menu Sarapan Pagi Sederhana dan Enak

Sponsors Link

Sarapan merupakan hal penting yang sebenarnya wajib dilakukan sebelum memulai kegiatan harian Anda. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan karena dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas Anda selama bekerja maupun melakukan kegiatan tertentu. Sarapan kaya nutrisi sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki waktu berkerja yang sangat padat dan menuntut pikiran serta tenaga yang memadai. Padatnya kegiatan di pagi hari membuat beberapa orang tidak memiliki watu untuk sarapan atau mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk tubuh. Kerap kali mereka juga mengonsumsi makanan yang salah saat sarapan di pagi hari. Setelah membahas resep sarapan praktis, tulisan ini akan membahas tentang menu makanan yang baik untuk sarapan pagi Anda.

ads
  1. Bubur ayam

Makanan yang satu ini tentu saja sangat familiar bagi Anda. Bubur ayam merupakan makanan yang kerap kali dijadikan pilihan untuk sarapan pagi. Tekstur bubur yang lebut membuatnya mudah untuk dicerna di mulut. Untuk makanan pagi, bubur memang salah satu pilihan yang tepat.  Bubur ayam sendiri mengandung karbohidrat yang berasal dari nasi atau beras yang diolah sedemikian rupa. Selain karbohidrat, suiran ayam yang ada dalam makanan ini mengandung protein hewani dan lemak. Jika Anda tidak sempat untuk membuatnya, menu bubur ayam tidak sulit untuk ditemukan di beberapa tempat-tempat makan yang menyediakan sarapan pagi. Anda dapat memilih the manis hangat sebagai minumannya. The manis dapat memberi asupan antioksidan dalam tubuh Anda. Gula yang ada di dalam the manis tersebut juga dapat membantu tubuh Anda untuk menghasilkan energi untuk aktivitas sehari-hari Anda.

  1. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan menu makanan pagi yang kerap kali dijajakan oleh beberapa penjual makanan yang bisa Anda temukan di pinggiran jalan atau tempat-tempat makan yang menyediakan sarapan pagi. Semangkok kacang hijau hangat dapat memberi asupan gula, karbohidrat, protein, dan lemak nabati yang sangat berguna bagi tubuh Anda. Kandungan gizi tersebut sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi dan konsentrasi yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan aktivitas harian Anda. Terkadang kacang hijau terasa terlalu manis sehingga Anda harus menambah konsumsi air putih. Air putih ini nantinya berguna untuk menetralisir kadar gula dalam darah dan membantu pencernaan dalam menjalankan kinerjanya.

  1. Bubur sumsum

Sejenis bubur namun disiram sengan kuah cokelat yang terasa manis? Ya, bubur sumsum. Menu makanan pagi ini merupakan salah satu menu tradisional Indonesia yang mungkin cocok untuk sarapan pagi Anda. Bubur putih yang ada dalam menu makanan ini berasal dari tepung beras dan santan cair encer yang dimasak hingga mengental. Kuah yang disiramkan di atas bubur tepung beras ini berasal dari campuran air dan gula merah yang dimasak hingga gula tersebut mencair dan mendidih. Tidak jauh berbeda dengan kacang hijau maupun bubur ayam, bubur sumsum juga memberi asupan gizi yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi yang akan Anda gunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk menyeimbangkan rasa manis yang berasal dari kuah gula merah, Anda dapat membuat the hijau tanpa gula sebagai minuman pagi Anda.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Perkedel ayam

Bagi Anda yang takut terlalu banyak kalori yang masuk dalam tubuh Anda di pagi hari, mungkin Anda dapat mencoba perkedel ayam sebagai menu sarapan pagi Anda. Aturlah berapa banyak jumlah kentang yang akan Anda buat perkedel. Untuk menghindari lemak yang tinggi dari daging ayam, Anda dapat memilih fillet dada tanpa kulit dan lemak sebagai campurannya. Hindari penambahan garam atau bumbu bersodium terlalu banyak. Pastikan Anda mengolahnya dengan cara yang tepat, apabila Anda memiliki microwave, Anda dapat menghangatkannya dengan margarine rendah lemak atau 1 sendok makan minyak zaitun.

  1. Tahu dan tempe goreng

Jika Anda termasuk orang Indonesia yang tidak bisa lepas dari menu makanan Indonesia, mungkin tahu dan tempe goreng merupakan menu sarapan yang cocok untuk pagi hari Anda. Asupan protein nabati yang berasal dari makanan olahan kedelai tersebut dapat memaksimalkan tubuh Anda untuk membakar lemak dalam tubuh Anda sendiri. Untuk menemani tahu dan tempe goreng, Anda dapat menambahkan sedikit nasi ataupun perkedel ayam sebagai asupan karbohidrat Anda. Melengkapi protein yang Anda konsumsi di pagi Anda, minumlah segelas susu rendah lemak.

  1. Roti bakar

Jika makanan yang berbahan dasar nasi dirasa sangat berat untuk pagi hari Anda, maka roti menjadi salah satu pilihan yang cukup seimbang untuk mengganti asupan kerbohidrat yang seharusnya masuk ke tubuh Anda. Roti bakar merupakan salah satu menu makanan yang tepat untuk sarapan pagi Anda. Tambahkan sedikit margarin dan selai cokelat, stroberi, maupun selai kesukaan Anda, lalu panggang. Praktis bukan? Sebagai minuman yang cocok untuk roti bakar ini, kopi atau cappuccino hangat merupakan menu minuman yang direkomendasikan untuk Anda.

  1. Omelet keju

Pada resep makanan pagi praktis yang sebelumnya telah diulas, omelet keju merupakan salah satu resep sarapan praktis yang bisa Anda buat untuk makanan pagi Anda. Protein hewani yang terkandung dalam telur dan keju, dapat meningkatkan energi Anda di pagi hari Anda. Sebagai minumannya, Anda dapat memilih the hijau tanpa gula sebagai sumber antioksidan dan sedikit kafein yang dapat memberi sedikit dampak pada kesegaran tubuh Anda.

  1. Roti isi telur dan ham

Bagi orang-orang barat, roti isi merupakan salah satu menu makanan yang cukup praktis dan mudah untuk dibuat. Jika Anda ingin mendapatkan asupan gizi seimbang, maka Anda dapat mempertimbangkan menu makanan ini sebagai sarapan pagi Anda. Karbohidrat yang berasal dari roti dan protein hewani yang berasal dari irisan ham dan telur dapat mengenyangkan pagi hari Anda, tentu saja bukan kenyang yang berlebihan. Sebagai minuman pagi, susu plain rendah lemak hangat dapat Anda coba.

  1. Nasi uduk

Menu makanan Indonesia yang satu ini sagat familiar bagi Anda yang doyan jajan. Nasi uduk merupakan menu olahan nasi yang dapat Anda coba sebagai menu makanan pagi Anda. Anda tidak perlu mengolahnya, cukup sediakan sejumlah uang untuk membelinya di penjual makanan pagi yang menyediakan nasi uduk. Anda dapat memilih sayur atau lauk pelengkap yang biasanya juga disediakan  untuk menemani nasi uduk ini. Jika Anda dalam masa diet, perhatikan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh Anda. Mintalah jeruk nipis hangat pada tempat makan Anda sebagai minuman penetralisir.

Baca juga:

  1. Nasi kuning

Menu makanan Indonesia yang kerap kali dijadikan sarapan pagi adalah nasi kuning. Menu makanan ini merupakan menu praktis selanjutnya yang dapat Anda coba. Mengapa praktis? Karena Anda cukup menyediakan sejumlah uang, kemudaian Anda sudah bisa mendapatkan sepiring nasi kuning berserta sayur dan lauk pauknya. Untuk menambah asupan gula, Anda dapat memilih the manis sebagai minuman yang menemani nasi kuning Anda.

  1. Sereal dan yoghurt

Jika Anda selalu memiliki pagi yang sibuk dan tidak sempat keluar untuk sekedar membeli nasi uduk atau nasi kuning, maka sereal dan yoghurt merupakan mernu makan pagi yang dapat Anda coba. Pilihlah sereal yang megenyangkan namun rendah kalori dan gula. Campurkan yoghurt ke dalam semangkuk sereal pagi Anda. Praktis kan? Jangan khawatir, asupan karbohidrat dan protein yang dibutuhkan tubuh telah berhasil terpenuhi oleh sarapan ini.

ads
  1. Soto ayam

Meskipun termasuk ke dalam makanan berat, soto ayam dapat Anda coba sebagai makanan sarapan pagi Anda. Kuah yang segar dan gurih bisa jadi meningkatkan mood di pagi hari Anda. Apabila Anda membelinya di warung makan, Anda juga dapat memesan jeruk hangat untuk menemani semangkok soto yang segera Anda nikmati.

  1. Nasi goreng

Beberapa orang merasa kurang kenyang dan terlihat lemas apabila tidak mengonsumsi nasi sebagai makanan paginya. Jika Anda termasuk ke dalam kelompok tersebut maka nasi goreng dapat menjadi menu pilihan sarapan pagi Anda. Campurkan sosis, daging, dan beberapa sayuran di dalamnya. Selain memerkaya rasa, mereka juga akan memberikan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh juga lho!

  1. Oat meal buah

Penyuka sereal biasanya sudah familiar dengan oatmeal. Makanan ini termasuk dalam jenis makanan yang kaya serat atau fiber. Serat yang terkandung dalam oatmeal mampu memberi rasa kenyang sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet. Anda dapat mencampurkan buah-buahan dalam semangkok oatmeal yang Anda siapkan, kemudian siram dengan susu atau yoghurt plain rendah lemak kesukaan Anda.

  1. Smoothie buah

Jika Anda merupakan penggemar berat buah, smoothie buah mungkin dapat Anda masukkan dalam menu sarapan pagi Anda. Temukan resep smoothie buah yang lezat di resep sarapan pagi yang praktis untuk mengetahui smoothie istimewa untuk pagi yang istimewa juga. Untuk menemani smoothie buah, Anda dapat membuat roti panggang margarin sederhana. Simple bukan?  

Baca juga:

  1. Cake

Cake merupkan menu sarapan pagi selanjutnya. Sepotong cake akan membantu tubuh Anda memproduksi energi karena cake memiliki beberapa kandungan gizi penting yang diperlukan olehh tubuh. Jika Anda tidak suka memasak, Anda dapat membeli cake kesukaan Anda di hari sebelumnya. Anda dapat memasukkannya ke kulkas atau mendiamkannya di suhu ruangan. Dan Anda dapat menikmatinya di pagi hari Anda.

  1. Donat

Sama halnya seperti cake, donat merupakan maknana yang dapat Anda pilih sebagai makanan pilihan untuk sarapan Anda. Takut tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya? Anda dapat membeli di sore hari dan menyimpan dan menghangatkannya di pagi hari.

  1. Telur dadar

Telur dadar merupakan menu sarapan pagi seimpel yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Khawatir dengan rasa telur dadar yang Anda buat? Yuk simak tulisan resep srapan pagi praktis! Di sana ada beragam resep sarapan pagi yang sangat mudah untuk dibuat.

  1. Sandwich

Jika Anda memiliki pagi yang sedikit kacau dari biasanya dan tidak memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan pagi Anda, maka Anda bisa menyiapkan sandwich sederhana untuk mengisi perut Anda sebelum memulai aktivitas Anda di pagi hari.

  1. Mi goreng

Anda salah satu penggemar mi? Tampaknya Anda dapat memasukkan makanan kesukaan Anda ke dalam menu sarapan pagi yang praktis untuk dibuat. Jangan mi instan ya! Pilihlah bihun jagung atau mi kuning ayng dimasak sengan cara tumis atau goreng. Jangan lupa tambahkan sayur dan daging sesuai selera Anda.

20 menu makanan pagi yang sudah diulas di atas dapat menjadi rekomendasi makanan yang bisa Anda coba. Ingat jangan biarkan perut Anda kosong ketika Anda beraktivitas. Kebiasaan mengosongkan perut di pagi hari dapat memicu timbulnya gejala maag atau penyakit yang menyerang lambung lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

, , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick