Sponsors Link

25 Cara Mengatur Uang Belanja Agar Tidak Boros

Sponsors Link

Mengatur uang belanja adalah hal yang wajib dilakukan seorang ibu rumah tangga. Baik wanita yang bekerja di luar rumah atau ibu rumah tangga sangat lumrah untuk bisa mengatur uang belanja dengan benar. Karena, salah salah saja dalam mengatur uang belanja maka akan berakibat pada pemborosan keuangan keluarga. Bahkan dampak jangka panjangnya masalah keuangan akan berimbas ke masalah masalah lainnya. (Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Keluarga , Cara Mendapat Anak Laki-laki )

ads

Seorang ibu rumah tangga haruslah pandai dalam mengatur uang belanJa yang telah diberikan oleh sang suami. Jumlah uang belanja yang tetap namun, harga bahan sembako yang terus naik tentu harus membuat anda memutar kepala. Agar uang belanja yang diberikan oleh sang suami tetap cukup. Pada fakta nya diluar sana tidak banyak ibu rumah tangga yang mampu blmengatur uang belanja dengan baik. Banyak kaum ibu ibu yang masih memboroskan uang belanja hanya untuk membeli keperluan yang tidak penting. Padahal jika kita bisa mengelola dan mengatur uang belanja dengan benar, tentunya jika ada sisa bisa dipergunakan untuk tabungan masa depan.

Bagi beberapa ibu rumah tangga, mengatur uang belanja agar tidak boros tentunya cukup sulit. Apalagi jika anda hidup di lingkungan perumahan atau perkotaan yang penuh dengan persaingan. Daripada memikirkan gengsi yang tidak ada habisnya. Lebih bijak jika anda mengikuti 25 cara mengatur uang belanja agar tidak boros. Sumak selengkapnya.

1. Susun Anggaran dan Terapkan 

Dengan menyusun anggaran tentunya anda akan mengetahui alokasi dan dan jumlah kebutuhan perbulannya. Hal ini juga berguna untuk menyesuaikan antara pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai muncul istilah lebih besar pasak dari pada tiang. Yang artinya lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Menyusun anggaran saja tidaklah cukup jika anda tidak menerapkannya secara langsung. Dengan menyusun anggaran sesuai kebutuhan kemudian menerapkan nya maka diharapkan dapat menghindari dari pemborosan uang belanja.

Baca juga :

2. Lakukan Analisa yang Tepat

Kebiasaan belanja yang berlebihan tentunya merupakan salah satu kebiasaan memboroskan uang belanja. Melakukan analisa teerhadap kebiasaan tersebut sangatlah penting. Dengan analisa dan pengurangan terhadap kebiasaan belanja yang berlebih tentu akan dapat menghemat uang belanja.

3. Menghemat Keuangan Secara Perlahan

Kebiasaan berhemat tentunya tidak bisa diperoleh secara instan. Tentunya kebiasaan ini harus melalui proses yang panjang. Oleh karena itu lakukan kebiasaan hemat secara perlahan. Jangan terlalu terburu buru, untuk bisa berhemat di semua lini. Mulailah kebiasaan berhemat dari hal hal yang kecil dan sederhana.

4. Kontrol dan Awasi Setiap Pengeluaran

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengatur keuangannya. Mengawasi dan mengontrol setiap pengeluaran merupakan cara yang efektif untuk menghindari pemborosan uang belanja. Selalu luangkan waktu saat libur untuk mengecek semua pengeluaran kita. Cara ini akan membantu kita bisa lebih mengawasi dan mengontrol.

Sponsors Link

5. Ganti Kebiasaan Lama dengan Kebiasaan Baru

Mengubah kebiasaan boros menjadi hemat tentunya harus segera dilakukan jika menginginkan ada nya perubahan dalam keuangan keluarga. Untuk itu tentunya diperlukan perubahan salam kebiasaan yang lama dan menggantinya dengan kebiasaan baru. Anda bisa merubah kebiasan  belanja ke mall dengan mengantinya belanja di pasar  tradisional. Harga yang ditawarkan di pasar tradisional tentunya lebih murah di banding di mall. Atau anda bisa mencoba untu membeli kebutuhan melalui situs online yang terkenal dengan harga yang murah.

6. Hindari Godaan

Salah satu penyebab sulitnya mengatur uang belanja adalah dikarenakan ketidakmampuan kita dalam menahan godaan. Godaan yang dimaksud adalah godaan terhadap barang barang yang dipajang di mall atau pusat perbelanjaan. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari hindari mengunjungi mall atau pusat perbelanjaan.

Baca juga :

7. Kurangi Hobi Makan Diluar

Salah satu penyebab pemborosan uang belanja adalah karena adanya kebiasaan sering jajan dan makan di luar rumah. Harga makanan di luar tentu dibandrol lebih maha daripada dibangdingkan kita memasak sendiri di rumah. Mengapa orang sering jajan diluar? Jawabannya tidak lain adalah karena malas, ribet dan terlalu repot untuk memasak. Padahal kebiasaan makan diluar tentunakan menguras isi dompet. Jika ingin mengatur uang belanja agar tidak boros. Tentunya anda harus menanggalkan kebiasaan yang satu ini.

8. Jangan Memegang Uang Cash Terlalu Banyak

Keinginan untuk berbelanja tentunya dipengaruhi salah satu faktor yaitu jumlah uang cash yang ada di dompet. Ketika melihat isi dompet yang masih banyak. Tentunya hasrat dan keinginan untuk berbelanja akan meningkat. Beda hal nya saat melihat isi dompet yang pas pas an. Tentunya hasrat berbelanja dapat anda tahan. Untuk menyisati hal ini, lebih baik anda tidak menyimpan uang cash dalam jumlah besar di dompet. Simpan seperlunya saja. Namun, jangan sampai tidak ada sama sekali.

9. Kurangi Hobi Nongkrong dan Jalan Jalan

Jika anda salah satu orang yang sangat menyukai kegiatan nongkrong dan jalan jalan. Sebaiknya segera evaluasi hal ini. Karena salah satu pemborosan dalam uang belanja adalah adanya kebiasaan jalan jalan yang nongkrong yang terlalu sering. Kegiatan ini sangat baik dilakukan untuk melepas penat dan stres tentunya jika tidak dilakukan terlalu sering.

10. Simpan uang Ditempat Berbeda

Salah satu cara mengatur uang belanja agar tidak boros adalah dengan menyimpan uang di tempat berbeda. Misal letakkan uang di dompet, kemudian masukan kedalam amplop dan simpan didalam lemari. Letakan pada tempat yang berbeda agar anda lebih bisa mengkontrol uang.

Baca juga :

11. Kontrol dan Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit merupakan hal yang umum saat ini. Kartu kredit sangat membantu dalam melakukan segala transaksi. Namun, jika tidak pandai pandai mengaturnya penguunaan kartu kredit merupakan sumber pemborosan uang belanja. Oleh karena itu kontrol seketat mungkin, penggunaan dan pengawasan kartu kredit.

ads

12. Bandingkan Harga Produk Sebelum Membeli, Pilih yang Paling Murah

Saat akan membeli produk ada baiknya untuk membandingkan harga dengan produk yang lainnya. Dengan membandingkan harga temtu kita akan memperoleh harga paling murah. Cara ini cukup efektif dalam mengatur uang belanja agar tidak boros.

13. Jangan Mudah Terbujuk Rayuan Sales

Salah satu pemborosan uang belanja adalah kita cenderung  membeli barang sesuai keinginan padahal barang tersebut tidak dibutuhkan. Penyebabnya tidak lain adalah karena bujukan rayu dari sales. Oleh karena itu, usaha kan untuk menolak dengan halus tawaran para sales.

14. Hemat Pengeluaran yang Tidak Perlu

Salah satu hal yang cukup efektif untuk mengemat uang belanja adalah dengan menghemat utuk membeli keperluan yang tidak perlu. Sebisa mungkin hindari untuk berbelanja mengikuti keinginan. Jangan membeli barang yang tidak diperlukan.

Baca juga :

15. Manfaatkan Promo Voucher Belanja

Anda dapat memanfaat kan voucher dan promo belanja murah agar uang belanja yang dikeluarkan bisa lebih hemat. Beberapa pusat perbelanjaan menawarkan diskon dan promo khusus dengan syarat menjadi member. Anda tentu dapat memanfaatkan hal ini dalam upaya mengatur uang belanja agar tidak boros.

16. Siapkan Celengan Dirumah

Membelanjakan uang receh atau pecahan kecil mungkin akan membuat anda gengsi. Untuk menyiasatinya anda bisa menggunakan celengan atau wadah untuk menyimpanbuang receh atau uang sisa dari jatah belanja bulanan. Menyimpan uang dalam celengan akan lebih aman. Karena celengan tidak bisa dibukan dengan leluasa.

17. Simpan Struk Pembayaran

Menyimpan struk pembayaran merupakan cara efektif dalam mengatur uang belanja agar tidak boros. Dari struk belanja tersebut kita dapat mengontrol belanja pemgeluaran menggunakan uang belanja. Struk pembelanjaan akan membantu kita dalam menganalisis kebutuhan perbulannya. Sehingga kita dapat mengontrol dalam pembelian jumlah kebutuhan rumah tangga.

18. Cari Penghasilan Tambahan

Salah satu cara mengatur uang belanja agar tidak boros adalah dengan mencari tambahan penghasilan. Selain bisa menambah keuangan keluarga penghasilan tambahan juga akan membuat kondisi keuangan tidak kekurangan dan tetap stabil.

Baca juga :

19. Kontrol Pengeluaran Harian

Salah satu aspek penting dalam upaya penghematan adalah dengan mengontrol pengeluaran harian. Pengeluaran harian yang biasa dalam rumah tangga seperti uang saku anak, uang transportasi harian, uang belanja sayuran dan lain lain. Dengan mengontrol pengeluaran harian tentu akan membantu dalam upaya menghemat uang belanja.

20. Buat Catatan Pemasukan

Selain catatan pengeluaran sangat penting untuk membuat catatan pemasukan keuangan. Dengan mencatat setiap pemasukan tentu akan mrmbantu kita dalam mengkalkulasi pengeluaran setiap bulan nya.

21. Buka Rekening Tanpa ATM

ATM (Automatic Teller Machine) tentu sangat memudahkan dalam bertransaksi perbankan. Saat ini semua orang memiliki ATM karena sangat praktis dan memudahkan. Tanpa harus ke bank kita dapat saling berkirim uang. Tanpa perlu membaw uang cash dalam jumlah banyak kita sudah bisa melakukan pembayaran. Namun, ATM juga merupakan senjata yang bisa memperboros keuangan belanja anda. Jika merasa masih memiliki saldo di ATM anda akan leluasa untuk mengesek nya pada mesin ATM. Jika tidak bisa mengontrolnya tentu akan menjadi boomerang bagi keuangan keluarga anda.

Sponsors Link

22. Perbanyak Kesibukan Dirumah

Dengan memiliki banyak kesibukan dirumah. Tentu akan membuat anda tidak berpikir untuk sering keluar rumah. Kesibukan dirumah akan membantu anda dalam mengatasi kejenuhan. Sehingga keinginan untuk belanja atau jalan jalan akan menjadi berkurang.

Baca juga :

23. Hindari Godaan

Salah satu ketidakmampuan seorang wanita adalah menahan keinginan dari godaan barang barang yang cantik dan unik. Padahal barang tersebut bukanlan barang yang dibutuhkan. Hal ini tentu akan berimbas pada jumlah pengeluaran belanja semakin membengkak.

24. Selalu Berusaha

Semua cara yang telah diuraikan diatas tidak akan berhasil tanpa adanya usaha dan niat dari anda. Untuk bisa mengatur uang belanja agar tidak boros tentu diperlukan usaha yang ekstra keras. Jika kita terus mencoba dan berusaha maka menghemat uang belanja tidak akan menjadi sulit.

25. Jangan Lupa Bersedekah 

Bersedekah merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur kepada sang pemberi rizki. Tidak ada salahnya untuk mensedekahkan sedikit dari jumlah uang belanja yang kita punya. Karena sedekah memiliki manfaat luar biasa bagi pemberinya.

Itulah tadi 25 cara mengatur uang belanja agar tidak boros. Sebagai ibu rumah tangga tentu harus pandai dan terlatih dlam mengatur uang belanja. Sebab keungan keluarga yang terkelola dengan baik merupakan salah satu indikasi keberhasilan anda sebagai ibu rumah tangga. Semoga artikel ini dapat membantu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick