Sponsors Link

15 Kiat Menabung untuk Membeli Rumah Impian dengan Gaji Kecil

Sponsors Link

Kiat menabung untuk membeli rumah sangatlah penting diketahui oleh pasangan-pasangan yang baru memulai rumah tangga dan belum memiliki rumah sendiri. Seperti diketahui harga rumah saat ini tidaklah lagi murah. Rumah merupakan kebutuhan pokok, tetapi sult sekali untuk mendapatkan rumah yang layak dengan keadaan keuangan pegawai biasa. Oleh sebab itu, ada kiat-kiat yang harus anda ketahui untuk dapat menabung dan mengumpulkan uang untuk membeli rumah idaman anda.

ads

Zaman yang semakin berkembang ini memang tidak dapat dipungkiri membuat harga-harga rumah pun semakin melambung adanya. Sedangkan dengan tidak memiliki rumah, seseorang tidak dapat membangun kehidupan dengan tenang dan tidak khawatir lagi mengenai tempat tinggal. Itulah sebabnya anda memerlukan kiat menabung untuk membeli rumah. Sedikitnya terdapat 15 kiat yang perlu anda praktekan untuk dapat mengumpulkan uang dan membantu anda untuk mewujudkan rumah impian anda. Tentu anda tertarik ingin mengetahui apa saja kiat tersebut, sehingga akan di bahas pada penjelasan di bawah ini apa saja kiat yang dapat anda lakukan.

Baca Juga:

Tips Menabung untuk Membeli Rumah Idaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ada 15 kiat menabung untuk membeli rumah yang dapat membantu anda dalam mewujudkan impian anda memiliki rumah. Masing-masing kiat tersebut akan dijelaskan pada bagian di bawah ini. Semoga dapat anda mengerti dengan mudah dan membantu anda dengan efektif dalam upaya anda untuk memiliki rumah sendiri.

  1. Tidak Menunggu Lama Memutuskan – Mulai dari Sekarang

Kiat pertama untuk dapat memiliki rumah yang anda idamkan adalah dengan memutuskan dari sekarang. Jangan pernah menganggap remeh mengenai kepemilikan rumah sendiri. Semakin lama anda mengambil keputusan untuk memiliki rumah, maka akan semakin kecil pula peluang anda untuk memiliki rumah tersebut. Harga rumah akan terus bertambah dan usia anda pun semakin sulit untuk bekerja dengan menghasilkan uang sebanyak mungkin. Oleh sebab itu, mulailah dari sekarang untuk memutuskan anda ingin memiliki rumah sendiri. (Baca Juga: Cara Melancarkan Haid , Cara Mengatasi Nyeri Haid)

  1. Punya Tujuan Rumah Harapan yang Spesifik dan Jelas

Jika anda ingin memiliki rumah sendiri, tentunya anda harus memiliki tujuan rumah yang spesifik. Maksudnya adalah anda sudah memiliki kriteria rumah seperti apa yang anda mau, berapa luasnya, berapa harganya, di mana lokasinya, dan mampukah kemampuan anda untuk memilikinya. Jika anda telah memiliki tujuan yang jelas, maka rumah tersebut pun dapat lebih mudah anda miliki.

Baca Juga:

  1. Memiliki Harga Target Rumah yang Ingin Dimiliki

Selanjutnya setelah mengetahui tujuan rumah anda, maka penting juga untuk anda mengetahui kira-kira berapakah harga target rumah yang anda mampu. Dengan mengetahui batas kemampuan anda, maka anda pun dapat lebih mudah memaksimalkan kemampuan anda untuk mengumpulkan sejumlah uang tersebut. Jika anda tidak memiliki target harga yang jelas, maka anda pun akan kesulitan untuk memiliki rumah impian anda tersebut.

Sponsors Link

  1. Memutuskan Jumlah Tabungan Rutin yang Logis untuk Mencapai Harga Rumah

Jika sudah memiliki harga rumah yang kira-kira mampu anda capai, maka selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah bagaimana anda dapat menabung jumlah yang logis secara rutin untuk mencapai target anda tersebut. Setidaknya anda dapat memperhitungan berapa lama waktu menabung yang anda butuhkan untuk membayar uang mukanya.

  1. Mengurangi Beban Hutang Lain dengan Melunasinya

Jika anda ingin memiliki rumah dengan mencicil, maka cara untuk meringankannya adalah dengan tidak memiliki beban hutang besar lainnya di luar cicilan rumah. Oleh sebab itu, mulailah melunasi cicilan kendaraan, cicilan handphone, dan barang-barang lainnya yang kemudian dapat anda alokasikan untuk kebutuhan cicilan rumah.

  1. Menabung dalam Bentuk Emas Batangan

Kiat menabung untuk membeli rumah selanjutnya adalah dengan mengubah bentuk tabungan anda dari uang di bank menjadi emas batangan. Memiliki sejumlah tabungan uang di bank tidak dapat menjamin uang itu tidak akan terpakai karena lapar mata anda. Oleh sebab itu, anda lebih disarankan untuk menabung dalam bentuk emas batangan. Hal ini akan menyulitkan anda untuk menggunakannya untuk kebutuhan lain karena prosesnya yang rumit.

Baca Juga:

Baca Juga:

  1. Menjaga Pengeluaran Dana dengan Ketat dan Jelas

Untuk dapat memiliki sejumlah dana yang dibutuhkan untuk membeli rumah, maka tidak dapat dibohongi perlu dilakukan penjagaan dana dengan ketat dan jelas. Sebisa mungkin anda tidak menggunakan dana tabungan anda selain untuk mencapai impian anda memiliki rumah sendiri. Oleh karena itu, jadilah wanita yang tegas dalam menjaga pengeluaran dan tidak mudah tergoda.

Baca Juga:

  1. Membiasakan untuk Menghemat Berbagai Pengeluaran

Kiat menabung lain yang dapat anda coba praktekan adalah membiasakan diri anda untuk menghemat beberapa jenis pengeluaran yang sebenarnya belum mendesak. Hal ini dapat dicontohkan seperti kebiasaan untuk mengganti handphone untuk mengikuti tren. Seperti diketahui handphone yang belum rusak bukanlah kebutuhan mendesak, lebih baik dananya anda tabung untuk kebutuhan rumah anda.

  1. Memiliki Tabungan Khusus Nominal Tertentu

Jangan sepelekan tabungan nominal kecil namun konsisten. Tentu anda sering memiliki uang pecahan 2000 atau mungkin 5000 sisa dari perbelanjaan. Buatlah komitmen untuk selalu menabung uang pecahan tersebut setiap anda miliki. Jadi ketika anda memiliki beberapa lembar uang 2000an anda tidak lagi memikirkan untuk menghabiskannya jajan atau hal lainnya. Anda pun dapat melakukannya dengan uang koin.

  1. Memraktekan Prinsip Belanja Cerdas Sesuai Kebutuhan

Seorang wanita harus memahami dan memraktekan prinsip belanja cerdas sesuai keebutuhan. Maksudnya adalah jika anda ingin memiliki rumah maka anda dapat memulai dengan tidak membeli barang yang anda inginkan, melainkan yang anda butuhkan. Itulah sebabnya sebagai seorang wanita anda diharapkan dapat menggolongkan barang mana yang harus dibeli karena kebutuhan.

Baca Juga:

Baca Juga:

  1. Mengambil Tabungan Rumah Seperti Kredit atau Arisan

Cara mudah yang dapat anda jadikan kiat memiliki rumah sendiri adalah dengan mengambil tabungan rumah. Tabungan rumah ini dapat dalam berbagai bentuk seperti kredit ataupun arisan. Sebenarnya anda sedang menabung, tetapi hasil tabungan yang akan anda dapatkan kemudian adalah rumah bukan uang. Cara ini sangat efektif untuk anda yang sulit menabung uang sendiri.

  1. Meminta Bantuan Kantor untuk Mendukung Pinjaman

Kiat selanjutnya anda tentu dapat memanfaatkan status kerja anda sebagai pegawai tetap untuk meminta pinjaman. Pinjaman dari kantor ini dapat anda gunakan untuk memiliki rumah impian anda dan membantu anda lebih ringan dalam mencicilnya.

Sponsors Link

  1. Memiliki Usaha untuk Menjamin Pinjaman Pembelian Rumah

Jika anda bukan seorang karyawan tetap, maka yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan pinjama rumah adalah dengan menjaminnya dengan usaha anda. Kepemilikan usaha dapat membantu anda dalam mendapatkan pinjaman untuk membeli rumah dari bank.

Baca Juga:

  1. Melibatkan Keluarga dalam Mendukung Upaya Anda

Selanjutnya, kiat menabung untuk membeli rumah pun adalah dengan mengkomunikasikan niat anda kepada keluarga. Tanpa diketahui mungkin saja ada keluarga yang ingin membantu proses menabung anda dengan terlebih dulu memberikan uang muka pembangunan rumah. Hanya saja bantuan ini sifatnya tidak gratis.

  1. Mengangkat Kredit Bank untuk Pembelian Rumah

Kiat terakhir untuk menabung dan memiliki rumah anda sendiri adalah dengan mengangkat kredit bank. Kredit bank ini dapat diibaratkan sebagai cara menabung untuk anda bisa memiliki rumah sendiri.

Baca Juga:

Demikianlah kira-kira informasi mengenai 15 kiat menabung untuk membeli rumah yang dapat anda jadikan panutan. Kiranya informasi ini dapat memotivasi anda untuk tidak menyerah memperjuangkan untuk memiliki rumah sendiri dan rumah layak untuk kediaman anda dan keluarga. Oleh karena itu, tetaplah menabung dan dapatkanlah rumah impian anda dan keluarga. Selamat menabung!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick