Sponsors Link

7 Cara Menjadi Ibu Teladan Dalam Mendidik Anak

Sponsors Link

cara menjadi ibu teladan

ads

Teladan dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai  sesuatu yang patut di tiru atau dicontoh. Hal ini mencakup kepada perbuatan, sikap dan perilaku dan hal lain sebagainya sebagai cara menjadi ibu yang dicintai anaknya .

Pastinya tauladan yang patut dicontoh adalah hal yang berkaitan dengan nilai kebaikan. Berkaitan dengan hal ini maka tentunya sangat penting bagi seorang ibu untuk menjadi teladan bagi anaknya.

Tentunya untuk memenuhi kriteria sebagai ibu teladan bukanlah hal yang mudah seperti juga pada cara menjadi ibu yang baik bagi anak perempuan . Sebab, anda harus memberikan contoh perbuatan dan prilaku yang baik untuk anak. Namun, tidak ada kata terlambat untuk coba memulai menjadi ibu teladan. Tentunya dengan 7 Cara Menjadi Ibu Teladan dalam mendidik  anak. Simak selengkapnya.

1. Tanamkan Nilai Agama Sejak Kecil

Nilai agama merupakan poin penting yang harus ditanamkan sejak dini. Terutama  dalam pola mengasuh anak seperti pada cara menjadi wanita yang sabar dan penyayang . Nilai agama juga memberi pengaruh dan teladan baik sebagai bekal anak untuk bisa berjalan sesuai dengan koridornya. Selain itu, nilai ini juga lekat dengan bagaimana cara agar anak dapat membedakan hal baik dan buruk sejak dini.

2. Jadilah Sahabat Bagi Anak

Jika anda ingin menjadi teladan anak, maka jadilah orang yang paling dekat dengan anak. Hubungan anak dan orang tua kadang memberi ruang yang kosong karena anak akan menganggap bahwa orang tua tidak sama dengan sahabat mereka. Oleh sebab itu, jadilah orang tua yang mampu menjadi sahabat anak sebagaimana cara sabar menghadapi anak rewel . Sehingga anak tidak malu-malu untuk menceritakan sefala keluh kesah yang dialaminya.

3. Andalah Sepatutnya yang Menjadi Contoh Bagi Mereka Maka Berperilaku Baiklah

Sebagaimana telah dibahas diatas bahwa teladan merupakan sebuah contoh mengenai perilaku baik. Oleh sebab itu, tidak lain adalah dari diri anda harus melakukan hal tersebut. Berperilaku baiklah agar anak anda dapat mencontoh perilaku anda secara langsung. Mencontohkan perbuatan baik tidaklah sulit sebab nilai kebaikan selalu dapat anda tebar setiap hari.

4. Jangan Mengulang Kebiasaan Buruk

Setiap manusia pastilah memiliki sisi yang berkenalikan dari sisi baik yakni sisi buruk. Sebab kodratinya manusia tidak ada yang sempurna, dimana selalu dapat melakukam kesalahan dan kekhilafan sebagaimana cara melatih kesabaran menghadapi anak . Namun, bukan berarti perbuatan buruk tersebut dapat diulang secara terus menerus. Sebab jika hal demikiam terjadi maka anda tidak akan mempu menjadi sumber teladan bagi anak.

5. Jadilah Ibu yang Peduli

Teladan bermula dari sikap peduli anda sebagai tanggung jawab ibu terhadap anak . Baik terhadap orang lain maupun terhadap buah hati anda. Sikap peduli ini tentu menjadi sebuah contoh perilaku yang baik yang akan dicontoh oleh anak. Sikap peduli juga akan membuat anda lebih peka dan memiliki jiwa sosial yanh tinggi, tentu saja hal ini merupakan poin plus yang bisa dipelajari oleh sang anak. 

Sponsors Link

6. Penuhilah Rumah Dengan Kasih Sayang

Nilai kasih sayang, cinta dan kebahagiaan hanya bisa tercipta dalam keluarga yang benar-benar mengutamakan nilai ini. Tentunya nilai kasih sayang yang ditanamkan sejak dini bukan hanya kepada sesama keluarga namun juga keaemua makhkuk hidup. Akan bisa menjadi sebuah teladan yang melekat di masa depan anak. Kasih sayang merupakan bagian dari nilai kemanusiaan atau humanity yang akan lebih memuliakan manusia.

7. Ketegasan itu Juga Penting

Seorang ibu yang tegas akan bisa menjadi teladan bagi anaknya. Sebab dari ketegasan ini anak belajar disiplin sebagai ciri-ciri ibu yang baik . Nilai inilah yang akan sangat berguna bagi anak saat mereka mulai memasuki kehidupam di luar rumah. Seperti di sekolah, kampus hingga tempat kerja. Disiplim adalah sesuatu yang sudah melekat dan akan sulit hilang dalam diri seseorang.

7 Cara Menjadi Ibu Teladan dalam mendidik  anak. Semoga tips diatas dapat membantu para orang tua dalam mendidik anak demi kesuksesan masa depan anak yang cerah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting