Wajib Tahu Moms, 5 Cara Mengatasi Anak Yang Sulit Makan Nasi Dijamin Berhasil

Mendidik seorang anak merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi seorang ibu, apalagi ibu muda yang baru pertama kali merasakan sensasi ini pasti amatlah menyenangkan dan membahagiakan.

Seorang ibu memang memiliki kewajiban untuk mendidik dan merawat anak dengan tepat, baik dengan mendidik anak agar pintar ataupun yang lainnya, karena melalui didikan ibu inilah seorang anak mampu menjadi pribadi yang baik kelak.

Mendidik anak tidak melulu diterapkan pada pola asuh nya namun mendidik anak juga bisa melalui menjaga dan menjamin kesehatan sang anak, baik dari segi kesehatan maupun keamanan.

Untuk seorang ibu muda, sangat penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang diberikan ke anak, karena dengan begitu anak dapat tumbuh dan berkembang psikis maupun psikologis nya.

Namun, tak jarang setiap ibu mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan anak yang tidak mau makan nasi. Makan nasi merupakan hal yang penting, maka apabila anak tidak makan nasi hal ini menjadi kekhawatiran ibu.

Untuk membantu kaum ibu mengatasi anak nya yang tidak mau makan nasi, berikut akan dijelaskan mengenai cara mengatasi anak yang sulit makan nasi yang ampuh dan berhasil ketika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk disimak:

1. Buat menu masakan yang menarik

Untuk menarik minat anak untuk mengkonsumsi nasi ada salah satu alternatif yang bisa ibu lakukan, biasanya anak anak akan tertarik dengan bentuk bentuk atau karakter benda yang lucu.

Hal ini bisa ibu gunakan sebagai ide untuk menarik minat anak supaya hobi mengkonsumsi nasi, caranya dengan membentuk nasi tersebut menjadi bentuk atau karakter yang lucu sehingga anak akan tertarik untuk mencoba atau mengkonsumsi nya.

2. Jangan biasakan anak makan jajanan

Anak tidak suka mengkonsumsi nasi karena lebih suka mengkonsumsi hal lain misal nya jajan. Anak lebih suka mengkonsumsi jajan ketimbang nasi karena jajan dirasa lebih enak padahal dari segi manfaat, jajanan tidak memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan secara seperti tidak mengenyangkan, menurunkan nafsu makan, dan mampu menimbulkan beberapa penyakit apabila dikonsumsi terus menerus.

3. Beri contoh bahwa mengkonsumsi nasi itu baik

Saat anda menganjurkan sang anak untuk mengkonsumsi nasi, maka anda sebagai orang tua harus memberikan contoh kepada sang anak sebagaimana kita ketahui bahwa peran ibu dalam psikologi anak usia dini sangat penting. Misalnya saat anda menyuruh sang anak untuk makan nasi, maka anda juga harus mengkonsumsi nasi juga.

Sehingga hal ini mampu menimbulkan kebiasaan bagi sang anak untuk terbiasa makan nasi, selain anda lingkungan sekitar juga bisa mengajarkan pada sang anak untuk terbiasa makan nasi.

4. Selalu sabar menghadapi anak

Cara lain yang bisa bunda gunakan untuk mengatasi anak yang enggan makan nasi adalah dengan selalu membujuk sang anak, namun yang perlu bunda perhatikan adalah pastikan melakukan semua kegiatan dengan sabar. maka dari itu, sangat penting untuk mempelajri cara melatih kesabaran menghadapi anak.

5. Beri vitamin penambah nafsu makan

Langkah terakhir yang bisa anda gunakan untuk membuat anak doyan mengkonsumsi nasi adalah dengan memberikan vitamin tambahan penafsu makan, usahakan vitamin ini berbentuk menarik dan memiliki rasa yang enak. Sehingga anak akan tertarik untuk mengkonsumsi nya, meskipun vitamin ini tidak bisa mendorong anak untuk hobi makan nasi namun hal ini bisa membuat anak doyan makan nasi.

Itulah tadi cara mengatasi anak yang sulit makan nasi bagi seorang ibu, sehingga para ibu tidak perlu khawatir ketika berhadapan dengan masalah ini lagi. Ternyata banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi ibu atau istri yang baik, untuk itu kamu perlu mempelajari cara menjadi ibu dan istri yang baik sekaligus  cara menjadi ibu yang baik buat anak. Selamat membaca dan selamat mencoba ya moms, semoga bermanfaat dan terimakasih.