Moms, Berikut 5 Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak Secara Alami Yang Bisa Dicoba

7

Menjadi seorang istri sekaligus seorang ibu bukanlah hal yang mudah, mengingat tanggung jawab ibu terhadap anak maupun keluarga sangat lah besar. Seorang ibu harus bisa melaksanakan dan melakukan banyak hal sekaligus, untuk itu seorang ibu dituntut mengerti dan paham mengenai cara menjadi ibu yang kuat.

Anak juga merupakan sumber kebahagiaan dalam keluarga, anak yang cerdas dan aktif menjadi kebanggaan setiap keluarga, untuk itu tugas ibu adalah mencerdaskan sang anak tersebut. Terkadang anak tak selalu menurut pada orang tua, untuk itu ibu harus mempelajari juga cara melatih kesabaran menghadapi anak supaya anak dapat menjadi seperti apa yang ibu inginkan.

Bukan hanya itu saja, ada satu masalah yang sering dialami oleh para ibu seperti anak yang tidak suka makan. Anak akan cenderung lebih suka bermain dibandingkan makan, padahal hal ini tidaklah baik untuk kesehatan. Untuk itu, dibawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara menambah nafsu makan anak yang bisa ibu terapkan dirumah. Yuk disimak:

      1. Buat tampilan makanan yang menarik

Salah satu tips menjadi ibu yang baik untuk anak dalam segi penambahan nafsu makan adalah meningkatkan kekreativitasan sang ibu, maksudanya ibu harus bisa menyajikan makanan dengan tampilan yang menarik sehingga anak akan tergugah selera nya untuk makan.

Ada banyak hal yang bisa ibu coba dalam membuat kreasi makanan yang menarik ini seperti sajian makanan yang berwarna-warni dan menarik mata, kombinasi bermacam-macam sayur dengan warna dan bentuk yang berbeda, dan disajikan bersama makanan lain yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, dalam porsi makan yang seimbang.

Memberikan menu makanan yang sama setiap hari hanya akan membuat anak menjadi bosan dan enggan untuk makan, sehingga dalam hal ini kekreativan ibu snagatlah penting.

2. Ajak anak untuk memasak bersama

Mengajak anak untuk memasak bersama juga bisa menjadi salah satu cara menjadi ibu yang dicintai anaknya, bukan hanya tentang menjalin kekompakan namun hal ini juga bisa menunjukan seberapa besar rasa sayang ibu terhadap anaknya.

Ajak anak-anak berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan, dengan begitu ibu juga akan tahu menu makanan apa yang ingin dimakan oleh sang anak nantinya baik itu menu yang disukai sanga anka ataupun yang tidak disukai.

Jelaskan juga pada si anak sayuran apa saja yang memiliki banyak manfaat dan khasiat sehingga anak akan emnjadi teratrik untuk memilih sayuran tersebut.

3. Hindari tindakan memaksa

Memaksa makan sang anak mungkin merupakan keputusan terbaik yang bia diambil oleh orang tua, namun jika kita bahas secara lebih mendalam lagi hal ini snagatlah salah.

Meskipun orang tua merasa khawatir karena ankanya tidak makan, namun tindakan memaksa justru akan membuat anak menjadi enggan untuk makan dan merasa tertekan sehingga nafsu makan yang dimilikinya akan hilang.

4. Sajikan makanan yang enak

Anak biasanya tidak akan menolak jika disajikan dnegan makanan yang menggoda dan enka, untuk itu tugas ibu adakah dnegan menyajikan makanan yang lezat tersebut.

Untuk menarik nafsu makan ibu juga bisa mencobanya melalui aroma makanan yang menyenangkan dan menggod bisa juga dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum disajikan.

Jangan terlalu memaksa anak untuk mengkonsumsi semua makanan yang ada dimeja makan, berilah kebebasan pada anak untuk memilih menu makanan yang dia inginkan.

5. Konsultasikan ke dokter

Jika gangguan nafsu makan berlarut-larut, konsultasikan kondisi tersebut ke dokter. Kekurangan zat mineral diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan memicu gangguan kesehatan seperti indera pengecap.

Untuk itu, jika anak tetap menolah untuk makan meskipun ibu sudah mencoba berbagai cara maka langkah terakhir adalah dengan mengkonsultasikan nya ke dokter.

Itulah tadi cara atau tips meningkatkan nafsu makan anak yang bisa ibu coba dirumah. Selamat mencoba dan terima kasih.