8 Kursus Menyenangkan Untuk Tumbuh Kembang Anak yang Lebih Baik

25

Moms, sudah tahu belum kalau ternyata manusia lebih mudah menyerap informasi dan belajar keahlian baru kalau sudah terbiasa sejak kecil? Untuk itulah terkadang penting bagi anak untuk mengikuti kursus-kursus tambahan di luar sekolah.

Kegiatan kursus bermanfaat gak hanya untuk perkembangan otak namun juga membantu anak belajar berinteraksi dengan sesamanya. Namun, kadang anak malas kalau mengikuti kursus karena bisa mengurangi waktu bermain.

Untuk itu, Moms harus pintar-pintar memilih kursus yang menarik tapi tetap bermanfaat untuk si kecil. Kursus memang bisa menjadi cara mendidik anak agar pintar. Berikut adalah daftar kursus menarik yang bisa membantu tumbuh kembang anak.

1. Kursus Musik

Belajar musik memang sebaiknya dimulai sejak dini karena anak kecil lebih mudah menyerap informasi daripada orang dewasa. Anda bisa mulai mengenalkan jenis-jenis alat musik, berbagai genre musik, dan cara membaca not balok.

Berbagai kursus musik populer diantaranya kursus piano, gitar, biola, harpa, drum, dan masih banyak lagi lainnya. Musik bisa menjadi cara membuat anak lebih cerdas.

2. Kursus Memasak

Apabila anak senang membantu pekerjaan di dapur, Moms bisa coba mendaftarkan anak untuk ikut kursus memasak. Di kelas ini, anak akan belajar dasar-dasar kemampuan yang diperlukan untuk bisa membuat makanan.

Selain itu, hal menyenangkan dalam kursus ini adalah anak bisa mencicipi berbagai macam masakan lezat yang dibuatnya. Hal menyenangkan seperti ini bisa menjadi cara mendidik anak agar mau belajar.

3. Kursus Fotografi

Jika anak senang menggunakan kamera milik Ayah atau Bundanya maka tidak ada salahnya mendaftarkan anak untuk bisa ikut kursus fotografi. Biasanya, untuk bisa ikut kursus ini anak harus sudah cukup kuat untuk membawa kamera yang berat.

4. Kursus Robotik

Kursus robotik akan sangat menyenangkan untuk anak yang memang senang merakit benda-benda. Di kursus robotik, anak tidak hanya akan diajarkan mengenai cara merangkai robot, namun juga mengenai pemrograman.

Jika anak serius menekuni hal ini maka saat dewasa nanti ia akan bisa menjadi ahli robot atau pemrograman.

5. Kursus Modeling

Kursus modeling tidak hanya mengajarkan anak mengenai cara berjalan, berlenggok, dan mengambil foto yang bagus. Namun, anak juga akan belajar untuk lebih tampil percaya diri di depan banyak orang.

Hal ini akan membuat anak juga lebih bisa berinteraksi dengan berbagai macam orang di sekitarnya. Kursus ini memang salah satu cara melatih mental anak agar berani.

6. Kursus Tari Tradisional

Dengan mengikuti kursus tari tradisional, anak akan belajar mengembangkan kemampuan motoriknya sambil belajar mengenali dan mencintai budaya khas Indonesia.

Indonesia punya banyak sekali jenis tari tradisional yang selalu menarik untuk dipelajari. Kursus tari juga membuat anak lebih sehat karena rutin bergerak aktif.

7. Kursus Seni dan Kerajinan Tangan

Jika anak menunjukkan bakat dan ketertarikan terhadap seni, coba daftarkan anak ke kursus seni atau kerajinan tangan. Ada berbagai tempat yang menawarkan free trial, jadi Moms tidak perlu kuatir anak tidak akan betah.

Dengan mempelajari seni, otak kiri dan kanan anak akan lebih terasah dan bisa berkembang lebih seimbang.

8. Kursus Berenang

Berenang adalah salah satu kemampuan bertahan hidup yang paling penting. Anak yang bisa berenang akan tidak takut terhadap air.

Selain itu, dengan rutin berenang anak akan menjadi lebih sehat, posturnya lebih bagus dan tegak, perkembangan tulangnya lebih baik, serta memiliki pernapasan yang lebih teratur. Untuk bayi saja ada banyak sekali manfaat baby spa swim.

Nah gimana Moms adakah kursus yang ingin Moms daftarkan untuk si kecil? Pastikan kursus itu cocok dan menyenangkan untuk anak ya.