19 Ide Bisnis Rumahan dalam Skala Kecil yang Paling Anti-Mainstream Tahun 2019

31

Ide Bisnis RumahanJangan lengah hanya dengan membaca judul artikel ini: disini kami bocorkan ide bisnis rumahan skala kecil tapi punya potensi besar untuk membuatmu kaya secara bertahap. Dengan memulai petualangan kewirausahaanmu dalam sector bisnis yang benar-benar punya peluang bagus, kamu bisa segera membangun kerajaan bisnis rumahanmu sendiri sekarang juga. Siap? Eits, sebelum itu, ketahui dulu langkah-langkah apa saja yang perlu kamu lakukan sebelum menjajal sendiri ide bisnis yang paling unik di Tahun Babi ini. Yuk, kita kupas satu per satu.

  1. Menentukan goals atau tujuan dari dibentuknya bisnis skala kecil/rumahan

Mengerjakan survei online berbayar atau berbelanja sambil menerima cashback adalah contoh cara mengisi waktu luang di rumah yang menghasilkan uang. Memang sih, kita dibayar untuk itu, tapi seberapa besar yang bisa kita dapatkan meskipun setelah mengerahkan segenap usaha dan waktu yang kita punya? Lain halnya jika kamu menentukan dengan pasti tujuan dan kapan kamu akan mulai mengembangkan bisnis kecil-kecilanmu sampai menghasilkan jutaan rupiah, yang mana notabene sangat cocok dijadikan sebagai batu loncatan untuk kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang.

Yang harus kamu lakukan sekarang adalah: ambil pena dan secarik kertas, lalu tuliskan dengan jelas alasan kenapa kamu mau bersusah payah merintis bisnis ini. Berapa budget yang kamu punya sebagai modal awal (ketahui tips menabung untuk ibu rumah tangga dan tips menabung untuk mahasiswa kalau kamu butuh modal yang cukup)? Apa kamu sanggup menanggung resiko apapun yang mungkin muncul suatu hari nanti?

Jawab pertanyaan-pertanyaan ini dan tentukan sendiri apa yang sebenarnya kamu mau dari bisnis ini. Apakah itu supaya kamu bisa berhenti kerja kantora, dan mulai bekerja dari rumah supaya kamu lebih focus mengurus keluarga? Ingat, kamu sendiri yang tahu jawabannya.

  1. Temukan bisnis skala kecil yang cocok

Tidak semua bisnis rumahan diciptakan sama. Kamu harus pandai-pandai memilih mana yang bisa kamu nikmati dalam jangka panjang nanti. Tapi, mayoritas ide di bawah ini termasuk dalam cara mendapatkan uang dari Internet, mungkin lebih cocok bagi kamu yang senang bekerja secara online.

Di bawah ini kami sediakan list ide bisnis rumahan yang sebagian besar cocok untuk ibu rumah tangga, pelajar, dan mahasiswa. Lebih bagus lagi kalau kamu memiliki skill tertentu yang berhubungan dengan sektor bisnis tersebut. Beberapa ide bisnis di bawah ini bahkan ada juga lho yang tidak memerlukan modal awal terlalu besar. Apa saja contohnya?

  1. Admin sosial media
  2. Customer service di wilayah pinggiran
  3. Virtual assistant (VA)
  4. Penjaga hewan peliharaan
  5. Persewaan kamar atau rumah dengan afiliasi Airbnb
  6. Pengasuh bayi atau anak-anak paruh waktu
  7. Travel organizer
  8. Designer kartu nama
  9. Dropship barang-barang seni
  10. Kurator barang-barang seni
  11. Ilustrator untuk hadiah pernikahan
  12. Fotografer makanan, lifestyle, dan hewan, yang satu ini contoh hobi yang berpotensi menghasilkan uang tambahan
  13. Sopir ojek online, notabene jadi pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga dan para suami yang terbukti paling diminati
  14. Persewaan mobil/kendaraan bermotor
  15. Instruktur yoga, cara menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga yang menyukai olahraga dan memiliki passion di bidang kesehatan
  16. Wedding planner
  17. Tutor les privat musik
  18. Tutor les mata pelajaran online, pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah kalau kamu lebih prefer bekerja secara online
  19. Tutor les privat Bahasa

3. Ikuti kemana uang melangkah

Saat menentukan bisnis skala kecil apa yang paling cocok buatmu, jawablah terlebih dahulu pertanyaan di bawah ini.

Siapa target konsumen/pasar yang dituju?

Bagaimana cara kerja bisnis ini supaya bisa menghasilkan uang?

Yang perlu kamu lakukan adalah:

Atur timer selama 5 menit dan tuliskan 10-20 klien prospektif yang ada di pikiranmu. Apa yang membuatmu terpikirkan tentang mereka? Apa permasalahan yang bisa kamu selesaikan untuk mereka, dan bagaimana?

Buat secara sederhana saja. Setelah kamu berhasil menulis 20 customer pertama, tuliskan kembali 20 kemungkinan pelanggan berikutnya. Mungkin kesannya agak canggung melakukan hal ini, tapi inilah rahasia supaya ide bisnis rumahanmu bisa sukses: mayoritas dari pesaingmu biasanya tidak bisa menjawab dua pertanyaan di atas secara reflex dan dengan percaya diri. Ya, mereka tidak bisa.

  1. Sentuhan akhir

Berbicara tentang “berjualan, jangan lupakan bagian serunya: memesan kartu nama untuk bisnismu sendiri! Tapi, sebelum itu, kamu harus pikirkan terlebih dahulu apakah kamu bersedia membawa bisnis ini ke arah yang lebih profesional. Apa saja yang perlu dipertimbangkan? Ada banyak: urusan perpajakan, memisahkan antara pengeluaran pribadi dan bisnis (jangan sampai tercampur aduk, ketahui perbedaan cara menghemat pengeluaran rumah tangga dan pengeluaran bisnis supaya kamu tidak kekurangan modal di awal merintis), dll. Kalau kamu yakin bisnis ini adalah apa yang memang kamu cari selama ini dan kamu tidak keberatan untuk mengerahkan seluruh tenaga dan daya upayamu, segera order kartu nama. Piih yang mewakilkan citra bisnismu tanpa mengesampingkan kesan elegan, modern, dan profesional.

Sudahkah kamu mencoba salah satu dari ide bisnis rumahan yang ada di atas? Bagikan pengalaman suksesmu pada kerabat dan teman-teman, lalu ajak mereka supaya bisa sukses bersama. Semoga bisnis yang akan ataupun sudah kamu lakukan bisa selalu berlangsung dengan baik tanpa ada halangan tertentu.