Yuk Ketahui 14 Tips Menabung untuk Pelajar SMP/SMA yang Paling Efektif

1840

Tips Menabung untuk PelajarSebagai seorang pelajar, menabung bisa jadi tantangan finansial tersendiri buatmu. Ada saja barang-barang yang menggoda imanmu, terutama ketika mendapatkan uang saku tambahan saja sudah cukup susah. Tapi, kalau kamu memang bertekad ingin menabung, akan lebih mudah kalau kamu menentukan goal yang spesifik, membuat keputusan menabung yang cerdas, dan mencari cara untuk mendapatkan uang saku tambahan yang cocok buatmu. Di dalam tips menabung untuk pelajar ini, mari kita bahas satu per satu strategi menabung yang ada.

1. Tentukan goal spesifik berapa banyak jumlah uang yang ingin ditabung

Tak hanya untuk pelajar, tapi poin ini kami muat dalam tulisan tips menabung untuk mahasiswa juga karena sebegitu pentingnya untuk menentukan tujuan mengapa kalian hendak menabung. Ini akan memudahkan kalian sendiri nantinya. Selain itu, menentukan goal juga memotivasi kalian supaya tidak boros dalam menggunakan uang.

2. Simpan uang di tempat yang aman

Dalam tips menabung untuk ibu rumah tangga, tempat penyimpanan uang teraman tentunya adalah di bank, yang menawarkan suku bunga per tahun cukup tinggi supaya perputaran uangnya makin cepat. Kalau buat kamu, cukuplah untuk menabung di dalam celengan. Hal ini dikarenakan kamu juga belum cukup usia untuk membuka rekeningmu sendiri, atau jika menumpang pada tabungan orang tuanmu ada kemungkinan uangnya akan terpakai.

Simpan celenganmu di tempat yang aman supaya tidak hilang apalagi dicuri. Penting juga untuk diingat, kamu harus meletakkan celenganmu di tempat yang tersembunyi. Jauh dari pandangan, jauh dari pikiran.

3. Buat grafik untuk mengetahui jumlah terbaru uang simpanan

Setelah kamu menentukan tujuanmu menabung, buat grafik yang terdiri dari satu persegi panjang besar dengan keterangan angka 0 di sebelah kiri dan jumlah yang kamu tentukan di sebelah kanan. Tiap kali kamu menabung, beri stiker atau warnai bangun datar tersebut sesuai dengan jumlah yang kamu masukkan ke dalam celengan. Tempelkan grafik ini di dekat meja belajar supaya kamu makin giat menabung. 

4. Simpan uang di beberapa celengan berbeda jika goals-mu lebih dari satu

Pisahkan tabungan untuk membeli video game baru dan jalan-jalan ke Bromo dalam 2 celengan berbeda. Misal: celengan ukuran sedang untuk tabungan video game dan celengan agak besar untuk tabungan liburan. Jangan mencampuradukkan celengan karena tujuan menabungmu bisa kabur dan tidak jelas ke depannya.

5. Segera masukkan uang ke dalam celengan

Tiap kali menerima uang saku dari orang tua atau pemasukan dari bisnis yang kamu lakoni, sisihkan beberapa dan masukkan ke dalam celengan. Dengan begitu, kamu jadi berpikiran bahwa tidak ada uang lebih yang bisa dijajankan sekarang. Di samping itu, kecil kemungkinannya kamu membeli barang-barang baru secara sembrono.

6. Buat keputusan berbelanja yang bijak

Poin keenam dalam tips menabung untuk pelajar ini juga efektif sebagai cara mengatasi kecanduan belanja yang paling kami rekomendasikan. Sebelum membeli apa-apa, pikirkan dulu dengan hati-hati, apa kamu benar-benar butuh barang itu? Jika tidak, lebih baik uangnya ditabung, karena kamu punya tujuan yang lebih penting daripada sekadar membeli barang tersebut. Selalu pikirkan bahwa kamu punya kepentingan yang lebih mendesak. Dengan begitu, tak akan mudah untuk tergoda beli ini-itu.

7. Temukan cara gratis untuk bersenang-senang

Untuk bersenang-senang di akhir pekan atau sekadar melepas penat sepulang sekolah tidak melulu harus membuatmu bokek, kok. Ada banyak cara gratis untuk bersenang-senang yang mungkin tidak kamu sadari. Daripada pergi nonton di bioskop atau mencoba skating rink baru di mall, coba deh main-main di taman atau adu sepakbola kecil-kecilan bersama teman. Untuk kegiatan indoor, kamu bisa mengunjungi perpustakaan, memainkan online games, atau melukis.

8. Bawa snack dan minuman dari rumah daripada jajan di luar

Ini dia cara menjadi wanita hemat yang harus kamu perhitungkan. Meniru dari cara mengatasi anak jajan terus di luar, tips menabung untuk pelajar ini mengajarkanmu supaya hemat uang jajan dan menjaga kesehatan badan.

Mungkin kelihatannya jumlah yang kamu keluarkan untuk membeli soda dan snack tidak seberapa, tapi ingatlah dengan kata pepatah: sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit! Lainkali, sebelum kamu bepergian, siapkan jajanan dan minuman dari rumah, sehingga kamu tidak perlu mengocek dompet ketika kamu haus atau lapar nanti.

9. Bawa uang secukupnya saja ketika bepergian

Inti dari tips menabung yang efektif adalah bagaimana cara mengatur uang agar tidak boros, bukan berarti kamu harus hidup pelit dan tidak menjajankan uangmu sama sekali. Triknya adalah mengesampingkan sendiri jumlah uang yang benar-benar boleh digunakan, dan bawa sedikit dari uang itu ketika kamu butuh bepergian ke suatu tempat.

Misal, ketika kamu pergi menonton bersama teman-teman, cukup bawa uang untuk membeli karcis, dan beberapa lembar rupiah untuk uang “berjaga-jaga”, siapa tahu kamu harus menghadapi situasi darurat nanti.

10. Tanyakan pada orang tua perihal uang saku tambahan

Tak banyak ragam pekerjaan paruh waktu yang bisa ditawarkan pada anak-anak usia sekolah di lingkungan masyarakat kita. Tapi, kamu bisa mengakalinya dengan meminta uang saku tambahan pada orang tuamu. Minta pada ayah atau ibumu ketika mereka sedang tidak sibuk dan berada dalam mood yang baik, kemudian bicarakan dengan sopan dan santai tentang keinginanmu untuk menabung itu.

Jika idemu itu ditolak, jangan lekas marah tanpa alasan yang jelas. Hargai keputusan orang tuamu, mungkin saja hal itu disebabkan karena selama ini kamu tak cukup membantu pekerjaan rumah tangga, atau karena nilai ujianmu yang kurang memuaskan.

11. Tawarkan jasa pada orang tua dan tetangga

Kamu selalu rajin bersih-bersih rumah dan pekarangan sekitar? Saatnya memanfaatkan perangaimu ini sebagai lahan mencari uang. Tanyakan pada orang tuamu apakah kamu bisa mendapatkan “gaji” tiap kali melakukan pekerjaan rumah dengan baik.

Jika kamu punya tetangga yang sibuk dan jarang pulang, kamu juga bisa menawarkan jasa bersih-bersih rumah, mengasuh anak, atau menata kebun dan pekarangan dengan sejumlah biaya. Ingat, kamu hanya boleh bekerja untuk orang yang dikenal, ya.

12. Mulai bisnis kecil-kecilan di depan rumah

Beberapa ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba sekarang juga yakni menjual makanan ringan dan minuman di depan rumah. Kamu bisa memanggang kue atau membuat minuman-minuman kekinian dan buka sendiri kedai jajananmu di depan rumah. Minta ijin terlebih dulu pada orang tuamu supaya mereka tidak khawatir jika bisnismu ini mengganggu kegiatan belajarmu nanti. 

13. Jual kerajinan tangan bagi yang kreatif

Salah satu hobi yang berpotensi menghasilkan uang di bidang seni antara lain dengan membuat kerajinan tangan dan produk seni lainnya untuk dijual secara online. Cara mendapatkan uang di Internet untuk pelajar yang satu ini cukup populer lho, dan tidak membutuhkan banyak tahapan yang susah atau rumit.

Manfaatkan hobimu itu untuk menambah pemasukan sekaligus uang tabunganmu di dalam celengan. Minta bantuan pada orang tua untuk memasarkan produkmu pada kolega atau rekan bisnisnya, supaya pelangganmu makin banyak dan tak hanya terfokus pada teman-teman di sekolah.

14. Asuh balita atau anak tetangg bagi yang super bertanggung jawab

Kalau kamu penyayang anak-anak, adacara mengisi waktu luang di rumah yang berpeluang menghasilkan pundi-pundi rupiah buatmu. Tawarkan jasa baby sitting untuk keluarga di sekitar lingkungan rumahmu yang tak punya cukup waktu untuk mengasuh anak-anak mereka. Berikan mereka tarif per jam yang masuk akal dan mulai habiskan waktumu dengan lebih produktif.

Kamu harus bertanggung jawab ketika bekerja di sektor yang satu ini. Supaya lancar, tanyakan pada orang tua si anak yang kamu asuh itu apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum mulai mengasuh anak, seperti yang boleh dan tidak boleh dilakukan, kesukaan dan kebiasaan si anak, dsb.

Nah, menabung itu tak sulit, bukan? Terlebih setelah mengikuti tips menabung untuk pelajar yang kami bagikan ini, dijamin kamu bisa segera mengumpulkan uang yang kamu butuhkan untuk apapun keperluanmu itu. Semoga berhasil, kawan-kawan!