Simak 10 Tahap Korean Skincare Routine yang Kamu Wajib Tahu

1047

Tahap Korean Skincare Routine10 tahap Korean skincare routine bukan sekadar merawat kecantikan kulit: ini lebih tentang gaya hidup yang telah merambah kancah internasional, didasari dari budaya masyarakat Korea Selatan yang terobsesi ingin memiliki kulit sehat yang didukung dengan kemajuan di bidang sains. Bukan cuma soal seberapa banyak produk rangkaian perawatan wajah a la Korea yang kamu punya, tapi lebih menekankan pada produk-produk mana saja yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, dan menggunakannya menurut urutan yang tepat. Sudah siap memulai tahap Korean skincare routine pribadimu? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Menghapus make up dan menggunakan oil-cleanser

Oil cleanser atau pembersih wajah dalam bentuk minyak adalah esensi dari Korean skincare routine itu sendiri serta langkah pertama dalam double cleansing. Tak hanya menyamankan dan merilekskan kulit, dengan memijat lembut kulit menggunakan oil cleanser maka seluruh kotoran yang ada di dalam kulit dapat larut dengan mudah dan bekas make up pun dapat terangkat dengan sendirinya. Lakukan tahapan ini di pagi dan malam hari dengan memija perlahan kulit wajah yang kering, tambahkan air hangat untuk mengemulsi oil cleanser. Kemudian, bilas hingga bersih.

2. Mencuci muka dengan facial wash berbahan dasar air

Inilah langkah kedua dari double cleanse. Mencuci muka sebanyak 2 kali disarankan oleh para dermatologis dan ahli kecantikan karena langkah ini bagus untuk membuang kotoran yang dapat menyebabkan breakout. Produk pembersih dari skincare Korea untuk kulit berjerawat, kering, kombinasi, dan sensitif cenderung berbahan dasar air guna melarutkan kotoran seperti keringat dan debu yang menempel di wajah yang tidak terangkat dengan gampang sewaktu membersihkan dengan oil cleanser tadi.

3. Eksfoliasi

Salah satu alasan cewek suka nonton drama Korea selain karena para aktornya yang tampan, juga disebabkan oleh paras ayu dari pemain wanitanya. Eksfoliasi kulit, baik secara kimawi maupun fisika dapat membersihkan pori-pori dan menyapu bersih sel-sel kulit mati sebagai cara memiliki kulit glowing dan mulus. Eksfoliasi secara teratur juga mempermudah tahapan skincare selanjutnya untuk lebih meresap dalam lapisan kulit terdalam. Eksfoliasi dengan lembut sebanyak 1-2 kali seminggu khususnya pada bagian hidung dan pipi dengan pori-pori terbuka.

4. Toner

Toner adalah produk persiapan yang mutlak harus ada di dalam rangkaian perawatan wajah. Toner dengan gampangnya membasmi sisa-sisa pembersih wajah yang mungkin masih menempel di kulit, sementara itu di saat yang bersamaan ia juga mempersiapkan lapisan demi lapisan kulit untuk menyerap pelembab secara efektif. Ibarat spons, kulit kita sulit untuk menerima hidrasi dalam kondisi kering. Gunakan kapas untuk mengusapkan toner ke seluruh bagian wajah dan tepuk pelan kulit untuk membantu toner teresap hingga ke dalam. Tak melulu harus produk-produk mahal, kamu bisa mengalihfungsikan bahan yang ada di alam seperti manfaat teh hijau untuk kecantikan khususnya sebagai toner.

5. Essence

Essence memiliki ciri sebagai produk kecantikan dan perawatan wajah dengan tekstur ringan dan tersusun dari beragam komposisi bahan dengan khasiat melembabkan, mencerahkan, mencegah penuaan dini, yang kesemuanya dikemas dalam satu wadah. Curahkan beberapa tetes essence ke telapak tangan dan tepuk perlahan pada wajah serta leher.

6. Perawatan khusus sesuai jenis kulit

Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan produk khusus yang dibuat sesuai dengan jenis kulit: entah itu perawatan wajah kering, sensitif, atau perawatan wajah berjerawat a la KoreaBooster, serum, dan ampoule adalah produk perawatan yang berfungsi untuk menyempurnakan kulit. Dilengkapi dengan komposisi bahan bak “pembangkit tenaga listrik” yang super re-energizing, ketiga produk tersebut dibuat dengan menyasar pada permasalahan kulit tertentu seperti jerawat, kerutan halus, dan hyperpigmentation. Produk ini hanya boleh diaplikasikan pada bagian kulit yang bermasalah.

7. Sheet mask

Cara orang Korea merawat kulit wajah yang paling digemari para wanita dari seluruh dunia adalah penggunaan masker dalam bentuk lembaran tipis yang ditempelkan ke wajah selama beberapa menit. Ya, bisa dibilang sheet mask adalah jiwa dari tahapan Korean skincare routine itu sendiri. Sheet mask ini benar-benar bekerja secara efektif sebagai jembatan antara kulit dan essence yang terkandung di dalamnya, sehingga memudahkan kulit untuk menyerap manfaat essence tersebut. Cara memakai masker Korea disesuaikan kembali dengan jenis sheet mask yang ada. Beberapa review masker Korea yang bagus meliputi: Innisfree It’s Real Squeeze Mask Kiwi, Cosrx Holy Moly Snail Sheet Mask, dan SK II Facial Treatment Mask.

8. Krim mata

Kulit di sekitar area mata merupakan bagian yang paling tipis dan dan rapuh dari seluruh daerah wajah, dan dengan rutin mengaplikasikan krim mata dapat mengurangi bengkak, kerutan, serta lingkaran hitam di bawah mata. Krim mata diformulasikan supaya tidak mengiritasi serta mengandung bahan-bahan yang sangat baik untuk kecantikan kulit di sekitar mata. Ketika menggunakan krim mata, sapukan krim dengan jari kelingking dengan ekstra lembut dan berhati-hatilah supaya tidak menggosok dengan kasar.

9. Pelembab

Pelembab wajah Korea terbaik hadir dalam beragam bentuk: emulsionlotion, krim, gel, dan sleeping mask. Gunanya tentu untuk mengunci kelembaban di dalam kulit dan menyamarkan kerutan halus. Jangan lupa untuk melembabkan kulit baik di pagi maupun malam hari, dari Senin hingga Minggu tanpa bosan.

10. Perlindungan dari sinar matahari

Selalu pakai sunscreen atau sunblock sebelum bepergian kemana-mana, atau ketika kamu seharian berada di rumah sekalipun. Ini adalah cara paling mudah namun sekaligus paling efektif untuk mencegah penuaan dini (juga kanker kulit!). Gunakan sunscreen pada tahap terakhir sebagai perisai yang akan melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Apakah kita harus mengikuti 10 tahap Korean skincare routine ini? Jawabannya: tergantung pada kebutuhan kulit dan isi dompet kamu, hehe. Tapi, pada dasarnya 5 tahapan saja sudah cukup bagus sebagai permulaan. Jadi, apapun itu pilihanmu nanti, semoga kamu akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan supaya kulitmu makin sehat dan cantik bersinar. Good luck!