Jangan Emosi Dulu, Begini 7 Cara Menghadapi Anak Nakal dan Bandel

37

Cara Menghadapi Anak NakalSemua orang tua pasti menginginkan memiliki anak yang anteng penurut dan mudah diatur. Namun pada kenyataannya, banyak orang tua yang merasa kewalahan dalam menghadapi anaknya yang nakal. Anak yang dikatakan nakal atau dinilai nakal biasanya adalah anak-anak yang terlalu banyak tingkah, tidak mau menurut, tidak bisa diam karena terlalu aktif dan sering mengabaikan perkataan orang tua. Bagaimana cara menghadapi anak nakal ini?

1. Hadapi dengan tenang dengan emosi

Pastinya anak yang nakal akan menguras emosi, tapi janganlah dituruti karena menghadapi anak yang nakal dengan emosi tidaklah tepat. Yang ada malah anak menjadi semakin nakal dan bisa meniru sikap orang tuanya emosian. Biasakan mengontrol emosi dengan cara melatih kesabaran menghadapi anak.

2. Anak harus dinasehati dengan cara yang benar

Umumnya cara menghadapi anak yang nakal adalah dengan memberikan nasehat kepada anak. Memang benar, namun lakukanlah dengan cara yang tepat yakni dengan melakukan pendekatan dan memberikan nasehat dengan lembut dan baik. Ini merupakan salah satu tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak.

3. Buatlah beberapa aturan yang harus dipatuhi anak

Cobalah memperlakukan beberapa aturan kepada anak untuk membatasi sikap anak dianggap sebagai suatu kenakalan. Tentu saja aturan yang dibuat harus ada konsekuensinya jika anak melanggar. Tindakan ini juga bisa untuk mengajarkan disiplin kepada anak dan juga sebagai cara mengatasi anak yang susah diatur dan cara mengatasi anak remaja yang susah diatur.

4. Hati-hati dalam memberikan hukuman kepada anak

Meskipun tergolong sangat nakal, namun berhati-hatilah dalam memberikan hukuman kepada anak. Memberikan hukuman yang salah atau terlalu keras justru bisa mengganggu psikologis dan meninggalkan trauma pada ana, kekerasan jelas dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Peran ibu dalam psikologi anak usia dini sangat mempengaruhi perkembangan anak, lho.

5. Tunjukkan kepada anak bagaimana seharusnya ia dalam bersikap

Jika ibu ingin mengubah sikap anak yang bandel menjadi baik, bisa dimulai dari memperlihatkan contoh yang baik kepada anak dengan cara menjadi ibu teladan. Pola dan tingkah laku anak biasanya diserap dari lingkungan dan orang-orang yang ada disekitarnya.  

6. Memanjakan anak boleh, tapi ada batasannya

Sebagai orang tua tentu rasanya ingin selalu memanjakan anak dan memberikan apa yang ia mau. Tapi ternyata ini adalah kesalahan besar karena bisa membuat anak menjadi manja dan nakal.

Anak yang manja biasanya sering bertingkah karena ia tahu orang tuanya akan memberikan semua keinginannya dan tidak akan  memarahinya meskipun ia melakukan suatu kesalahan. Jangan dikira ciri-ciri ibu yang baik dan cara menjadi ibu yang baik buat anak adalah ibu yang terlalu memanjakan anaknya.

7. Jangan berikan label negatif pada anak

Saat sudah merasa kesal sering orang tua memanggil anak dengan label negatif sesuai dengan kenakalan yang dilakukan anak. Kebiasaan ini justru tidak baik karena anak bisa beranggapan bahwa kenakalan adalah hal yang wajar dan melekat di dalam dirinya.

Begitulah 7 cara menghadapi anak nakal yang benar. Cara mengatasi anak laki-laki nakal dan suka berkelahi dan cara mengatasi anak yang suka melawan orang tua tidak harus dididik dengan keras dan kasar.