7 Cara Mengatasi Anak yang Susah Diatur dan Tidak Mau Mendengar

360

Cara Mengatasi Anak yang Susah DiaturDalam membesarkan anak banyak terjadi drama dalam kehidupan sehari-hari yang menguras emosi dan kesabaran. Untuk itu ibu juga harus tahu cara melatih kesabaran menghadapi anak yang susah diatur dan keras kepala.

Mendidik anak susah di atur menjadi tantangan bagi seorang ibu karena ini bukanlah tugas yang mudah dalam membentuk karakter anak agar ia bisa menjadi anak yang penurut. Nah, berikut adalah cara mengatasi anak yang susah diatur dan tidak mau mendengar perintah dan nasehat orang tua.

  1. Bersikap baik dan manis pada anak.

Ketika anak bersikeras dengan kemauannya, bujuklah ia dengan bersikap manis dan baik padanya. Anak biasanya akan lebih tenang dengan bujukan dari pada dimarahi. Ini adalah cara menjadi ibu yang baik buat anak keras kepala.

  1. Berikan pilihan yang lebih menggiurkan bagi anak.

Saat anak tidak mau berhenti bermain di luar rumah, berikan pilihan permainan lain yang lebih seru yang bisa dilakukan di dalam rumah. Ini juga bisa dijadikan cara sabar menghadapi anak rewel yang tidak mau tenang.

  1. Buat peraturan tegas dengan imbalan.

Bicarakanlah dengan anak tentang peraturan yang tidak boleh ia langgar. Dan sediakan imbalan yang akan di dapat anak ketika ia berhasil mengikuti aturan yang dibuat. Ciri-ciri ibu yang baik itu bisa menemukan cara kreatif dalam mendidik anaknya.

  1. Jangan terbiasa memanjakan anak.

Cara mengatasi anak yang susah diatur adalah dengan tidak memanjakannya. Anak yang manja biasanya akan tumbuh menjadi anak egois dan mau menang sendiri. Cara menjadi ibu yang dicintai anaknya tidak harus dengan memanjakan anak loh. Memanjakan anak justru membuat anak menjadi tidak mandiri dan makin sulit di atur.

  1. Berikan penjelasan kenapa ia tidak boleh melakukan sesuatu.

Ketika melarang anak melakukan sesuatu yang sedang ia kerjakan, ikuti dengan memberikan penjelasan yang bisa dipahami anak dengan baik. Sehingga ia mengerti kenapa ia tidak boleh melakukannya dan kenapa orang tua melarangnya.

Inilah peran ibu dalam psikologi anak usia dini yang harus bisa mengarahkan anak untuk meninggalkan perilaku buruknya. 

  1. Lakukan pendekatan secara halus.

Jangan langsung memarahi anak saat ia tidak mau nurut, tapi lakukan pendekatan secara halus. Ajak anak berbicara dan tanyakan kenapa ia tidak mau mendengar nasehat orang tua. Tindakan ini lebih efektif dan lebih di dengarkan anak loh.

Meski terkadang sulit dan butuh waktu, namun tetaplah belajar cara menjadi ibu yang lemah lembut dalam bersikap dan mengajari anak.

  1. Jadilah telandan yang baik untuk anak.

Jadilah orang tua teladan dengan memberikan contoh yang baik pada anak. Seperti tidak menunjukkan sikap egois dan keras kepala di depan anak ketika berselisih dengan orang lain. Mencontohkan kebaikan kepada anak termasuk cara mendidik anak agar pintar bersikap baik.

Itulah 7 cara mengatasi anak yang susah diatur orang tuanya sendiri. Mendidik dan membesarkan anak agar tumbuh dengan prilaku yang baik merupakan tanggung jawab ibu terhadap anaknya. Menghadapi anak yang keras kepala dan sulit diatur tentu berbeda ya dengan cara menghadapi suami keras kepala yang juga susah di atur.