7 Cara Mengatasi Anak Cuek Tak Mau Mendengar Perintah Orang Tua

87

Cara Mengatasi Anak CuekPernahkah anda mengalami dimana anak mulai menjadi cuek dan mengabaikan perintah yang ditujukan padanya? Pasti sangat menjengkelkan bukan?

Menghadapi situasi ini, sebaiknya lakukan sedikit perubahan saat berbicara dan memberikan perintah pada anak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menghadapi anak cuek ini. Simak yuk cara mengatasi anak cuek dibawah ini.

  1. Bicara dari jarak dekat.

Saat berbicara dengan anak, pastikan untuk melakukan kontak mata dengan anak dan berbicaralah dengan posisi sejajar dengan anak. Hal ini dilakukan agar anak tahu dan paham bahwa orang tuanya sedang mengatakan sesuatu kepadanya. Inilah cara menjadi ibu ideal yang harus jeli memahami anak.

  1. Berikan perintah yang jelas.

Jangan berikan perintah yang bisa membuat anak bingung dan meraba maksud dari perkataan anda. Seperti perintah yang mengandung beberapa pesan dalam satu kalimat panjang, ini akan membuat anak bingung dan memilih mengabaikan. Simak juga cara mendidik anak agar pintar dan mau mendengar perintah orang tua.

  1. Berikan perintah dengan tegas.

Ketika menyuruh anak berikan pula pesan yang tegas yang mengandung arti harus segera di patuhi. Bukan perintah yang masih mengandung arti toleransi di dalamnya.

Seperti ‘Adek, ayo udah saat makan, berhenti bermain sekarang.’ Jika anak malah rewel baiknya pelajari cara sabar menghadapi anak rewel dan tidak mau diam.

  1. Bopong anak ketika ia cuek.

Saat anak cuek ketika di perintah, maka orang tua harus bertindak langsung mengajak anak melakukan perintah tersebut dengan membopongnya. Ini akan membuat anak berpikir bahwa perintah bukanlah sesuatu untuk diabaikan. Sebaiknya ibu tahu tips sabar menghadapi anak kecil yang cuek ini.

  1. Perintah yang disertai motivasi.

Cara mengatasi anak cuek berikutnya, berikan perintah yang sekaligus bisa memotivasi anak untuk melakukannya. Seperti ‘Habiskan makanannya ya, setelah itu kamu baru boleh main lagi’. Dengan begitu anak akan semangat menghabiskan makanannya. Inilah tips menjadi ibu yang baik untuk anak yang juga memahami kemauan anak. 

  1. Jangan perintah anak secara mendadak.

Jika hendak memerintah anak jangan secara langsung dan mendadak karena ia akan malas bangkit saat tengah asyik bermain.

Sebaiknya berikan peringatan terlebih dahulu sehingga anak tahu sebentar lain ia harus berhenti bermain. Ini adalah cara menjadi ibu yang dicintai anaknya karena bisa menjadi ibu pengertian bagi anak.

  1. Pastikan anak memperhatikan anda saat berbicara.

Jangan berbicara sambil lalu kepada anak karena anak akan mengabaikannya. Jika anak tengah asik bermain, rebutlah perhatiannya lalu berbicaralah kepadanya.

Dengan begitu apa yang dibicarakan akan sampai kepada anak dengan baik. Perlu juga bagi ibu tahu cara menjadi ibu kreatif yang bisa menarik perhatian anak.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak cuek yang suka mengabaikan perintah orang tua. Pastilah tidak mudah mendidik anak agar tumbuh menjadi anak yang baik, namun itulah tanggung jawab ibu terhadap anak yang tak boleh lelah mendidik anak.

Terkadang sulit ya menjadi ibu yang baik dan sabar, nah apakah anda sudah termasuk pada ciri-ciri ibu yang baik dalam menjalankan fungsi ibu dalam keluarga?