Sponsors Link

14 Tips Menjadi Ibu yang Sukses Mendidik Anak Bandel dan Susah Diatur

Sponsors Link

14 Tips Menjadi Ibu yang Sukses Mendidik Anak Bandel dan Susah Diatur

ads

Hidup selalu berjalan, mulai dari masa kanak-kanak, sekolah, kuliah, dewasa, hingga akhirnya berkeluarga. Dalam setiap tahapan itu, ada peran tertentu yang diambil sebagai wanita. Mungkin ketika masih bersekolah, peranmu hanya sebatas murid yang baik dan anak yang penurut. Namun seiring berjalannya waktu, akan ada peran baru yang menanti, nih. Peran yang diidamkan semua wanita di dunia ini, yaitu menjadi seorang ibu.

Sekalinya kamu sudah menjalani, peran itu ternyata nggak mudah juga, lho. Menjadi seorang ibu bukan sekedar memberi makan anak, menydiakan tempat tinggal yang bersih dan layak, ataupun mengantarkan anak ke sekolah. Menjadi seorang ibu yang baik berarti juga menjadi ibu yang sukses mendidik anak. Apalagi, peran ibu dalam psikolog anak usia dini begitu esensial.

Nah, untuk mencapai hal itu tentu  memerlukan pengorbanan dan perjuangan yang lebih, apalagi jika anak yang dihadapi bandel dan sulit diatur. Tapi, jangan khawatir, ladies. Berikut ada beberapa tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak yang ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan.

  1. Komunikasi yang baik

Ternyata nggak hanya membangun hubungan dengan si doi yang membutuhkan komunikasi yang baik , tapi membangun hubungan dengan anak juga lho, ladies. Baik untuk anak yang masih balita sampai remaja sekalipun, kamu perlu mencoba membangun komunikasi dari hati ke hati dengan anak. Hal ini mungkin nggak begitu susah kalau anak masih kecil, tapi justru ketika masih kecil itulah fondasinya perlu dibangun. Karena kalau tidak, begitu anak sudah bertumbuh menjadi remaja, siap-siap deh, menghadapi anak yang sulit terbuka pada orangtua.

  1. Jadi contoh

Anak selalu meniru apa yang dilihatnya setiap hari. Nah, loh, sudahkah kamu jadi contoh buat anak? Jangan sampai apa yang kamu tegur dari anakmu masih sering kamu lakukan sendiri ya, ladies. Hindari juga bertengkar dengan suami di depan anak.  Coba praktekkan berbagai cara menjadi ibu teladan  seperti dalam hal membersihkan kamar, menggosok gigi, menabung, dan sebagainya.

  1. Quality time

Bagi ibu rumah tangga, mungkin yang satu ini nggak begitu sulit dilakukan.  Tapi, tidak peduli kamu ibu rumah tangga atau ibu yang bekerja, usahakan tetap menyisihkan waktu berkualitas dengan si kecil. Walau seringkali cara menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir cukup sulit terkait kesibukan, usahakan tetap melakukannya. 

Sponsors Link

Kedekatan hanya bisa terbangun ketika diusahakan. Kalau kamu bingung mau melakukan apa dengan anak, cari saja kegiatan yang dapat membuat kalian semakin dekat dan bersenang-senang, seperti memasak bersama, pergi ke kebun binatang, mengajak anak belanja, bahkan menemani anak bermain pun akan berkesan.

  1. Jangan membandingkan

Walau anakmu bandel, sulit diatur, dan membuatmu bingung, jangan sampai membanding-bandingkannya dengan anak lain, ladies. Hal itu hanya akan membuat mereka terluka dan semakin membandel. Ah, membandingkan mantan dengan yang baru saja sama sekali bukan tips move on setelah putus yang berhasil. Membandingkan anak juga bukan cara menjadi ibu ideal yang tepat.

  1. Beri pujian dan penghargaan

Siapa bilang penghargaan hanya ada bagi anak yang berprestasi dan penurut? Coba deh, perhatikan anakmu lebih lagi, dimana letak kelebihan dan bakatnya? Salah satu cara menjadi ibu yang baik buat anak yaitu dengan memberi sedikit pujian dan penghargaan yang tulus, terutama ketika si kecil sudah  berusaha. Pujian untuk usaha ternyata lebih bermanfaat dibanding pujian untuk hasil lho, ladies.

  1. Ijinkan anak gagal

Nggak ada satu pun orangtua di dunia ini yang ingin anaknya gagal. Tapi, mempraktekkan tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak berarti mengijinkan anak mengalami kegagalan tanpa merendahkannya. Bagaimanapun, semua orang pasti pernah gagal, bukan? Bantu dan motivasi anakmu lebih lagi untuk bangkit dan nggak mengulangi kesalahan yang sama. Dengan begitu, kegagalannya bisa menjadi langkah pertama menuju keberhasilan. 

ads

  1. Percaya

Mungkin nggak mudah, mempercayai anak yang bandel untuk melakukan sesuatu yang baik. Tapi, mempercayai anak secara cerdas itu penting bagi perkembangannya. Tidak mempercayai anak juga jadi penyebab anak tidak percaya diri. Kalau ibunya sendiri meremehkan dan nggak mempercayai, lantas bagaimana anak mau berkembang? 

  1. Libatkan si ayah

Orangtua si kecil bukan ibu saja, melainkan si ayah juga, kan? Dalam mendidik anak, perlu melibatkan peran kedua orangtua secara seimbang, lho.

  1. Berpikir kreatif

Dalam menghadapi anak yang berkepribadian sulit, kamu sebagai ibu perlu memutar otak lebih,nih. Cari trik dan cara menjadi ibu kreatif dalam mendidik anak. Misalnya saja, anak yang sulit makan sayur. Coba deh, hias bekal anak dengan tokoh kartun favoritnya. Sesekali bereksperimen membuat kreasi olahan yang baru dan disukai si kecil juga bisa membantunya menyukai sayur.

  1. Sabar

Sulit memang, tidak mengomel saat anak sulit diminta merapikan tempat tidur, tak mau mengerjakan tugas, dan sebagainya. Tips menjadi ibu yang sabar pun terkadang sulit dilakukan ketika anak sudah terlalu sulit diatur. Namun penting bagi ibu untuk belajar sabar menghadapi anak yang seperti ini. Tentunya bukan sabar dan diam saja, tapi berusaha mencari jalan keluar sekaligus mencari cara melatih kesabaran menghadapi anak .

  1. Didik dengan kasih

Mendidik dan membesarkan anak perlu kasih yang besar dan tulus dari seorang ibu. Ketika ‘tangki kasih’ anak penuh, maka anak akan tumbuh dengan lebih baik. Hindari cara-cara yang mengandung paksaan, apalagi kekerasan.

  1. Santai tapi tetap tegas

Nggak perlu tegang dan terlalu serius, menghadapi anak yang membuatmu bingung. Rileks saja, tapi jangan sampai lengah. Ketegasan diperlukan untuk menarik anak kembali menjadi benar ketika anak berjalan di jalan yang salah.

  1. Cari bantuan

Menjadi ibu tidaklah mudah, perlu banyak belajar, bersabar, dan berlatih. Kalau kamu kesulitan dan nggak tahu harus gimana, nggak ada salahnya kok, bertanya dan mencari bantuan pada orang lain. Coba ceritakan masalahmu dalam mendidik anak pada ibumu yang sudah lebih berpengalaman, pada psikolog anak, atau bahkan pada teman sesama ibu.

  1. Tetap sempatkan me time

Walau mungkin peranmu sebagai ibu membuatmu tak lagi sempat memikirkan diri sendiri, hal itu sebenarnya penting, ladies. Tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak bukan melulu soal si anak, tapi juga kondisi si ibu, nih. Sempatkan diri ‘me time’ seperti melakukan hobi, merawat diri, atau apapun yang bisa membuatmu siap kembali menjalankan peran sebagai ibu.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting