Inilah 4 Makanan Sehat untuk Kulit Cerah, Lembab, dan Bercahaya

39

makanan-sehat-untuk-kulit

Saat Anda merasa kehidupan yang keras ini sudah memberikan Anda terlalu banyak masalah untuk diatasi, tiba-tiba kulit Anda mulai bertingkah aneh. Anda melihat ke dalam cermin, dan disana terpampang kulit kusam dan berpigmen atau wajah yang dipenuhi jerawat menatap Anda. Tetapi, mengapa kulit Anda berteriak minta tolong? Apa yang menjadi biang kerok dari masalah ini? Apakah karena debu, polusi, radiasi, atau bahan kimia? Inilah yang harus kami katakan …

Kejam tapi benar adanya, kulit Anda adalah korban dari pilihan gaya hidup Anda yang buruk dan ketidaktahuan tentang bagaimana cara merawat kulit kering ataupun berjerawat dengan baik (dan melindungnya dari debu serta polusi). Mungkin Anda tidak diberkati dengan gen “kulit sempurna”, tetapi Anda dapat membalikkan keadaan jika Anda memperhatikan dengan baik apa yang Anda konsumsi dan apa saja produk yang Anda aplikasikan pada kulit.

Cara terbaik untuk meremajakan kulit adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan mengoleskan masker buah setiap hari. Investasikan 10 menit dari waktu Anda setiap hari untuk melakukan treatment ini dan lihat perbedaan nyata hanya dalam waktu dua minggu saja!

Ingin tahu buah apa saja yang menjadi rekomendasi makanan sehat untuk kulit? Artikel ini memiliki semua informasi yang Anda perlukan terkait makanan sehat untuk kulit. Yang harus Anda lakukan adalah membaca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan kulit bercahaya tanpa harus menggunakan riasan atau perawatan kulit mahal. Mari kita mulai.

1. Lemon

Lemon adalah zat pemutih alami dan makanan sehat untuk kulit yang kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta melindungi kulit dari hiperpigmentasi. Jadi, jika Anda memiliki pigmentasi yang tidak merata di kulit, bintik-bintik gelap, bekas jerawat, atau keratinisasi, coba gunakan lemon untuk mendapatkan kulit yang lebih bercahaya (ingin kulit mulus bersih tanpa bekas jerawat? Ikuti tips hilangkan bekas jerawat berikut ini).

 2. Pepaya

Pepaya adalah makanan sehat untuk kulit yang mengandung vitamin A, C, B, asam pantotenat, dan folat serta mineral seperti tembaga, kalium, dan magnesium. Buah ini juga mengandung enzim seperti papain dan chymopapain yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas dan memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Mengkonsumsi pepaya dapat membantu mencegah sembelit, yang merupakan salah satu alasan mengapa kesehatan kulit bisa memburuk sewaktu-waktu.

Pepaya juga dapat membantu mengobati kutil dan eksim kulit, lho! Para ilmuwan juga menegaskan bahwa pepaya dapat membantu menyembuhkan luka dan borok kulit kronis. Jadi, jika Anda memiliki masalah pencernaan, bekas luka, dan pigmentasi, Anda harus mengkonsumsi pepaya dan menjadikannya sebagai salah satu makanan sehat untuk kulit dan makanan sehat yang bagus dikonsumsi agar kulit mulus dan kinclong.

3. Alpukat

Alpukat adalah makanan sehat untuk kulit berikutnya yang kaya akan lemak sehat, serat makanan, dan vitamin E, A, C, K, B6, niasin, folat, serta asam pantotenat. Buah yang satu ini memiliki sifat antioksidan yang berfungsi membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan mencegah kerusakan DNA.

Mengkonsumsi alpukat dapat menurunkan resiko timbulnya penuaan dini sebab buah ini juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi kulit Anda dari radiasi sinar ultraviolet matahari yang kejam. Apabila Anda ingin manfaat alpukan ini terasa lebih maksimal, tidak ada salahnya untuk juga menerapkan rahasia awet muda a la wanita Jepang dan menggunakan produk yang mengatasi permasalahan seputar penuaan dini dengan tepat seperti rangkaian produk Wardah Renew You Anti Aging.

Kembali pada alpukat, lemak sehat yang terkandung di dalam alpukat juga bekerja efektif membantu mempertahankan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka di kulit.

4. Semangka

Merah, berair, manis, dan menyegarkan – mendengar deskripsi yang satu ini, pasti Anda bisa menebak dengan mudah apa makanan sehat untuk kulit yang berikutnya. Ya, semangka! Semangka bukan cuma enak dimakan, tetapi juga bagus untuk menutrisi kulit Anda, terutama jika Anda memiliki kulit berminyak dan cenderung berjerawat. Manfaat dari mengkonsumsi semangka sebagai makanan sehat untuk kulit akan terasa lebih maksimal lagi jika Anda padukan dengan skincare untuk kulit berminyak dan kusam.

Semangka mengadung serat makanan (0,4%), air (92%), karbohidrat (7,55%), gula (0,4%), vitamin C, A, B1, dan B6, karotenoid, flavonoid, dan likopen. Baiknya lagi, buah yang satu ini tidak mengandung lemak dan bebas kolesterol. Likopen yang ada di dalam semangka membantu membersihkan radikal-radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Secara khusus, air bekerja efektif dengan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan pergerakan usus.

Intulah empat buah merangkap makanan sehat untuk kulit yang dapat membantu Anda mendapatkan kulit cerah, lembab, dan bercahaya. Pastikan Anda menghindari makan gorengan dan makanan berminyak lainnya. Konsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, minyak ikan, dan kacang-kacangan, serta minum air yang cukup untuk menjaga kulit agar kulit Anda senantiasa berkilau.