Sponsors Link

10 Wanita Berpengaruh di Indonesia Patut Diteladani

Sponsors Link

Wanita berpengaruh di Indonesia sudah cukup banyak jumlahnya. Keberpengaruhan ini banyak dihasilkan akibat dari prestasi dan kreasi wanita itu sendiri. Wanita merupakan sosok yang sering dianggap memiliki keterbasan. Seringkali diungkapkan bahwa kemampuan wanita adalah mengurus anak-anak dan rumah tangga saja. Padahal hal ini tidak benar adanya. Ada banyak sekali wanita yang dapat memberikan manfaat untuk dunia. Wanita-wanita ini kemudian dikenal sebagai wanita yang berpengaruh. Siapa sajakah wanita berpengaruh di Indonesia? Tentu anda tertarik untuk mengetahuinya bukan? Ada sedikitnya 10 orang wanita berpengaruh di Indonesia yang bisa anda kenali.

ads

Baca Juga:

Sebagai wanita berpengaruh, tentu tidak lengkap rasanya jika anda mengetahui wanita berpengaruh tanpa mengetahui apa prestasi dan kreasinya. Oleh sebab itulah, berikut ini daftar 10 wanita berpengaruh di Indonesia yang perlu kamu ketahui prestasi dan kreasinya. Semoga informasi ini dapat tersampaikan untuk menjadi inspirasi bagi anda para wanita Indonesia.

Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia

Berikut adalah beberapa wanita wanita hebat yang paling berpengaruh di Indonesia yang bisa kita teladani:

1. Raden Adjeng Kartini

RA. Kartini merupakan salah satu pejuang wanita di masa-masa awal Indonesia. Seperti diketahui di zaman sebelum kemerdekaan, wanita-wanita Indonesia tidak memiliki hak untuk mengecap pendidikan. Jangankan wanita, pria saja masih sedikit yang sempat mengikuti proses pendidikan selayaknya manusia-manusia lainnya. Ternyata hal ini menjadikan R. A. Kartini termotivasi untuk memerjuangkan hak pendidikan untuk wanita Indonesia. R. A. Kartini juga mencetuskan bahwa wanita tidak harus selalu bekerja di rumah, melainkan juga perlu mengedukasi mereka untuk dapat menjadi istri dan ibu yang pintar. Hal inilah yang menjadi alasan R. A. Kartini kemudian dikenal sebagai pejuang wanita yang memerjuangkan emansipasi wanita di masanya. Tentulah R. A. Kartini pun menjadi wanita berpengaruh di Indonesia.

Baca Juga:

2. Cut Nyak Dien

Satu lagi wanita berpengaruh di Indonesia yang merupakan pejuang adalah Cut Nyak Dien. Menurut sejarah, Cut Nyak Dien merupakan seorang pemimpin perah di Aceh yang terjadi di tahun 1873. Peperangan ini pecah antara Belanda dan masyarakat Aceh. Walau tidak memiliki senjata selengkap sekutu Belanda, Cut Nyak Dien tetap bisa mempertahankan perang yang berlangsung tahunan itu. Hal inilah kemudian yang menjadi alasan mengapa Cut Nyak Dien termasuk dalam salah satu wanita yang memiliki pengaruh besar di Indonesia.

Sponsors Link

3. Sri Mulyani

Selanjutnya, wanita berpengaruh di Indonesia yang sedang meningkat popularitasnya adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Seperti diketahui, Sri Mulyani merupakan Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dan juga Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo saat ini. Sebelumnya, Sri Mulyani juga pernah menjabat sebagai Direktur Bank Dunia. Sri Mulyani merupakan satu-satunya warga negara Indonesia yang pernah menjabat menjadi Direktur Bank Dunia. Kebijakan-kebijakan Sri Mulyani pun dinilai masyarakat merupakan kebijakan yang baik untuk kelangsungan negara, itulah sebabnya mengapa Sri Mulyani diketahui sebagai salah satu sosok wanita yang berpengaruh di Indonesia. (Baca Juga: Cara Melancarkan Haid , Cara Mengatasi Nyeri Haid)

4. Najwa Shihab

Selanjutnya, Najwa Shihab pun memiliki pengaruh yang cukup besar sebagai pembawa acara berita di televisi. Seorang pembawa berita yang cantik namun juga kritis pemikirannya, merupakan daya tarik utama dari seorang Najwa Shihab. Meniti karir sebagai wartawan membuat Najwa memiliki kemampuan menulis yang juga baik. Dalam program khususnya, yaitu Mata Najwa, Najwa sering membagikan Catatan Najwa yang memiliki rima indah berisi sindiran pedas, kritik, dan saran membangun mengenai isu-isu dalam negeri yang menarik perhatian. Itulah sebabnya, bagi para anak muda Najwa adalah sosok yang mengagumkan dan membanggakan.

5. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia yang dikenal “nyentrik´dan unik dalam bergaya, berkata, dan bertindak. Keunikan dari Susi Pudjiastuti pun membuatnya menjadi menarik perhatian. Latar belakangnya sebagai penguasaha walau memiliki riwayat pendidikan yang tergolong rendah pun, menjadi inspirasi bagi banyak orang bahwa jalan kesuksesan ada banyak cara mencapainya. Hal inilah kemudian yang menyebabkan Susi Pudjiastuti selalu menarik dan membanggakan untuk dipuji kinerjanya. Walau akhir-akhir ini sempat ada beberapa masalah dalam kementerian yang dipimpinnya, namun Susi Pudjiastuti tetap dapat mempertanggungjawabkannya dengan baik.

Baca Juga:

6. Anggun C. Sasmi

Satu lagi wanita yang memberikan prestasi yang berpengaruh untuk Indonesia adalah Anggun C. Sasmi. Sebagai seorang penyanyi, Anggun telah mencapai puncak popularitasnya di usia yang sangat muda. Saat itu hanya berusia 19 tahun, Anggun telah meraih kesuksesan sebagai seorang penyanyi wanita. Namun, Anggun tidak berpuas hati. Ia memutuskan untuk mengembangkan karirnya ke dunia Internasional. Sendirian dia pergi ke Eropa, menaruh peruntungan dengan bermodalkan suaranya ia berusaha mengenalkan bakat menyanyi di Eropa. Perjuangan Anggun ini cukup sulit, hingga akhirnya ia berhasil di kenal di Eropa sekarang ini. Kegigihan dari Anggun hingga mencapai kedudukannya saat ini sangatlah membanggakan untuk Indonesia.

7. Susi Susanti

Saat ini mungkin anda jarang melihat seorang atlet bulutangkis wanita yang mencapai prestasi tertinggi. Padahal dahulu kala kita memiliki Susi Susanti. Susi merupakan pemain bulutangkis wanita tersukses yang Indonesia pernah miliki. Semua gelar pernah ia persembahkan untuk negara Indonesia. Susi pun selalu mendapatkan emas dari berbagai ajang bergengsi seperti Olimpiade, World Championship, dan juga Asian Games. Kebanggaan yang diperoleh dari Susi Susanti membuatnya menjadi sosok yang berpengaruh khususnya di bidang olahraga. Itulah mengapa seorang Susi Susanti sampai saat ini masih dikenal dan dipuji prestasinya. Semoga akan bermunculan kembali atlet wanita yang bisa menyamai pencapaian Susi Susanti.

Baca Juga:

Sponsors Link

8. Christine Hakim

Prestasi dan kreasi dari wanita berpengaruh di Indonesia telah ditunjukkan oleh seorang aktris wanita Christine Hakim. Christine Hakim merupakan aktris film senior yang memiliki sederet film yang sukses di bawah sayapnya. Seorang Christine Hakim tidak ada yang tidak mengenalnya. Sosoknya pun dijadikan sebuah contoh bagaimana aktris yang baik dapat memberikan akting yang berkualitas. Sebenarnya, Christine Hakim sudah termasuk golongan aktris lawas. Hanya saja, sampai saat ini belum ada lagi sosok aktris wanita yang bisa menyamai prestasinya yang sudah diakui ini.

9. Martha Tilaar

Setelah melihat contoh wanita-wanita berpengaruh di Indonesia dari berbagai bidang, maka tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan Martha Tilaar sebagai wanita berpengaruh Indonesia dalam bidang bisnis. Meluncurkan produk perwatan dan kecantikan Sariayu dari Martha Tilaar merupakan bisnis lokal Indonesia terbaik yang pernah ada. Sudah puluhan tahun produknya diluncurkan dan sampai saat ini masih dipercaya kualitas dan khasiatnya untuk kecantikan wanita. Bisnis dari Martha Tilaar ini pun memberikan banyak lapangan kerja untuk para wanita, sehingga Martha Tilaar menjadi sosok yang sangat dibanggakan oleh Indonesia.

10. Dian Sastrowardoyo

Jika anda mencari sosok wanita berpengaruh untuk anak muda di Indonesia, maka Dian Sastrowardoyo merupakan salah satu wanita yang cocok dengan deskripsi tersebut. Sebagai sosok yang terkenal dari film romantisnya, Dian pun tidak meninggalkan kepentingan pendidikannya. Lulusan sarjana dan magister Universitas Indonesia ini mampu membanggakan prestasinya sebagai seorang wanita berpendidikan. Dian pun aktif dalam berbagai kegiatan sosial untuk memperbaiki pendidikan dan kesejahteraan wanita di Indonesia. Itulah sebabnya Dian merupakan salah satu sosok wanita yang memberikan pengaruh besar untuk anak muda Indonesia.

Baca Juga:

Itulah tadi beberapa informasi mengenai 10 wanita berpengaruh di Indonesia. Semoga informasi ini dapat menginspirasi anda untuk menjadi wanita yang lebih baik lagi!

, ,
Oleh :
Kategori : Karir dan Pekerjaan