Sponsors Link

20 Cara Melebatkan Bulu Mata secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Hampir sebagian besar wanita di dunia ini ingin memiliki bulu mata yang lebat, tebal, lentik, dan menarik tentunya. Namun, sangat disayangkan bahwa tidak semuanya terlahir dengan karakteristik bulu mata ideal seperti yang kami gambarkan di atas. Ditambah lagi, karena kondisi tersebut banyak wanita yang akhirnya menyerahkan nasib bulu mata pendek dan tipisnya pada maskara yang menjanjikan bulu mata lentik dan tebal dalam seketika, atau bulu mata palsu. Hanya saja, hasil yang diperoleh dari dua cara tersebut tidak dapat bertahan lama, alias sementara saja. Bagaimana bila tanpa maskara dan bulu mata palsu? Apakah bulu mata mereka juga akan sama bagusnya?

ads

Baca Juga:

Apabila Anda juga mengalami permasalahan yang sama dengan ilustrasi di atas – yakni Anda menginginkan memiliki bulu mata asli yang tebal dan sehat hingga ke akar – maka Anda dapat mencoba 20 cara melebatkan bulu mata di bawah ini yang telah kami kumpulkan khusus untuk pembaca kami, tentu saja secara alami dan cepat. Dengan mengikuti kedua puluh cara berikut, kami harapkan agar cita-cita Anda untuk memiliki bulu mata lebat, tebal, lentik, dan menarik dapat segera terwujud. Baca sampai akhir untuk mengetahui tips lengkapnya, ya.

Bahan Bahan Alami Untuk Melebatkan Bulu Mata

  1. Telur

Telur! Ada alasan tertentu mengapa kami menempatkan salah satu bahan masakan ini pada posisi pertama dalam 20 cara mudah melebatkan bulu mata di artikel kali ini, dan pastinya, Anda harus tahu mengapa.

Tentu saja karena telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi di dalamnya yang dapat menjadi pertolongan pertama bagi Anda untuk melebatkan bulu mata sekaligus memanjangkannya. Tidak hanya itu, telur juga kaya akan biotin dan vitamin B yang mana dua zat ini sangat penting untuk meningkatkan bentuk bulu mata secara keseluruhan. Oleh karena itu, telur dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk menangani keluhan Anda tentang bulu mata yang pendek, tidak lentik, dan tidak lebat.

Untuk itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pecahkan satu butir telur.
  • Tambahkan 1 sdt gliserin dan kocok rata hingga tekstur telur mengental.
  • Rendam bola-bola kapas atau cotton bud ke dalam telur tersebut dan sapukan pada bulu mata.
  • Biarkan cairannya meresap hingga ke bagian terdalam bulu mata selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas bersih bulu mata menggunakan air dingin.
  • Ulangi cara melebatkan bulu mata ini selama 2-3 kali seminggu hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
  1. Minyak zaitun

Seperti yang kita ketahui bersama, minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A, D, dan E, serta antioksidan dan polyphenol di dalam minyak zaitun. Zat-zat tersebut sangat bagus untuk mengembalikan siklus pertumbuhan sel-sel bulu mata. Berdasarkan hasil studi tentang manfaat minyak zaitun untuk melebatkan bulu mata, penggunaan minyak zaitun dapat membantu Anda mempercepat pertumbuhannya.

Cara penggunaannya pun cukup gampang, yakni:

  • Ambil kuas maskara bersih dan celupkan ke dalam semangkuk minyak zaitun.
  • Sapukan maskara tersebut pada masing-masing bulu mata sebelum Anda tidur di malam hari.
  • Saat Anda bangun, Anda tidak perlu mencuci bulu mata Anda, melainkan cukup melanjutkan dengan skincare routine Anda seperti biasa.
  • Lanjutkan perawatan untuk melebatkan bulu mata ini selama kurang lebih 2 bulan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Tips: Anda juga dapat menambahkan sari lemon pada minyak zaitun dan simpan campuran kedua bahan tersebut selama seminggu sebelum digunakan.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Santan kelapa

Anda dapat merasa lega karena cara untuk melebatkan bulu mata berikutnya sangat mudah untuk didapat dan diterapkan. Ya, terima kasih kepada protein dan lemak esensial yang terdapat di dalam santan kelapa, Anda dapat melebatkan bulu mata Anda kembali seperti sedia kala.

Lalu, bagaimana cara melakukannya?

  • Rendam bola-bola kapas ke dalam santan kelapa.
  • Gosok perlahan pada tiap bulu mata, dan biarkan hingga terserap seluruhnya selama 10 menit.
  • Basahi bulu mata Anda dan gosok hingga tidak ada santan yang tertinggal setelahnya.
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, terapkan cara melebatkan bulu mata ini selama 1-2 kali sehari dalam beberapa bulan ke depan.
  1. Minyak kelapa dan minyak esensial lavender

Minyak kelapa memiliki efek melembutkan dan kaya akan bermacam-macam nutrisi, sementara itu minyak lavender telah dikenal sejak lama karena khasiatnya untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan mengeluarkan radikal bebas yang berbahaya dari tubuh. Lebih dari itu, minyak lavender juga mengandung zat-zat antibakteri dan antimikroba yang sangat baik untuk kesehatan bulu mata.

Yang perlu Anda lakukan untuk melebatkan bulu mata Anda dengan dua ramuan ini adalah:

  • Campur rata minyak lavender dan minyak kelapa dengan perbandingan setengah sdt minyak kelapa dan 2-4 tetes minyak lavender.
  • Aplikasikan pada bulu mata dengan perlahan menggunakan cotton bud atau jari.

Baca juga:

  1. Vaseline

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, menggunakan Vaseline untuk melebatkan bulu mata adalah salah satu cara terefektif yang pernah dilakukan. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa Vaseline memiliki kemampuan alami untuk mempercepat pertumbuhan bulu mata. Vaseline dapat melembabkan tekstur bulu mata dan menjadikannya lebih sehat, lebih lentik, dan lebih lebat.

Anda wajib mencoba cara melebatkan bulu mata yang satu ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

  • Sebelum Anda pergi tidur, gosokkan Vaseline pada tiap-tiap helai bulu mata dengan hati-hati.
  • Keesokan harinya, cuci bersih dari residu Vaseline dengan air hangat.
  1. Lidah buaya

Tahukah Anda tentang keajaiban lidah buaya dan perannya dalam pertumbuhan bulu mata? Lidah buaya mengandung beragam nutrisi dan vitamin yang mampu meningkatkan kerja sel-sel di dalam bulu mata, menjadikannya tumbuh 2 kali lebih cepat dari rata-rata. Terlebih lagi, lidah buaya juga senantiasa melembabkan bulu mata.

Jadi, masih mau menunggu keajaiban lain? Mengapa tidak mencoba cara melebatkan bulu mata dengan lidah buaya sekarang juga di rumah?

  • Kupas lidah buaya dari kulit dan duri-durinya. Jangan lupa untuk membersihkan dagingnya dari lendir dan bau yang kurang sedap dengan air mengalir.
  • Ambil daging buah yang sudah bersih dan blender sampai halus.
  • Campurkan 1 sdm gel lidah buaya dengan minyak jojoba dan ekstrak bunga chamomile masing-masing 1 sdt.
  • Oleskan ramuan tersebut pada bulu mata dengan kuas bersih sebanyak 2 kali sehari.
  • Cuci bersih dengan air hangat setelah 15 menit.

Cara lain yang lebih mudah dapat Anda lakukan sebagai berikut.

  • Gosok bulu mata dengan gel lidah buaya tiap malam sebelum Anda pergi tidur.
  • Bilas bersih keesokan paginya dengan air hangat.
  • Tekuni terus proses ini selama beberapa bulan ke depan hingga Anda mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga:

  1. Campuran minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak kacang almond

Telah kami paparkan di atas manfaat masing-masing dari minyak kelapa dan minyak zaitun. Lalu, bagaimana dengan minyak kacang almond? Tentu saja tak kalah bagusnya dengan kedua jenis minyak yang lain, minyak kacang almond mengandung sejumlah vitamin yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut seperti vitamin A, B dan E yang membantu mengurangi kerontokan rambut atau penipisan bulu mata. Di samping itu, minyak yang satu ini juga menguatkan akar rambut dan menyehatkannya.

Cara untuk melebatkan bulu mata dengan ketiga campuran minyak ini pun sangat gampang.

  • Campur minyak kacang almond dengan minyak kelapa dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1:1.
  • Hangatkan campuran ketiga minyak tersebut dan aplikasikan pada masing-masing bulu mata hingga ke akarnya menggunakan kuas bersih.
  • Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sebanyak 4-5 kali seminggu.
  1. Teh hijau

Teh hijau sangat akrab bagi kita sebagai salah satu tanaman dengan manfaat terbanyak dibandingkan tanaman sejenisnya. Teh hijau adalah sumber flavonoid yang berkontribusi besar dalam mempercepat pertumbuhan bulu mata.

Untuk melebatkan bulu mata menggunakan teh hijau, Anda hanya perlu mengikuti langkahnya berikut.

  • Campurkan bubuk teh hijau pada air bersih dan aduk.
  • Saring air tersebut dari bubuk teh hijau dan gunakan tiap kali mencuci wajah. Gosok-gosok bulu mata secara perlahan dengan air teh hijau tersebut.

Baca juga:

  1. Minyak kacang almond

Minyak kacang almond diketahui sebagai salah satu cara terbaik untuk melebatkan bulu mata yang mana Anda harus tahu dan ikuti demi kesehatan bulu mata Anda. Mengapa? Sebab minyak kacang almond mengandung vitamin E yang dapat menjadi penolong Anda untuk menstimulasi pertumbuhan bulu mata. Sehingga, Anda dapat memiliki bulu mata yang lebih lebat, lebih lembut, dan lebih lentik. Tak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan minyak ini untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata yang merusak penampilan.

Bagaimana caranya?

  • Sapukan minyak kacang almond dengan cotton bud pada bulu mata di tiap-tiap kelopak dengan hati-hati sebelum Anda pergi tidur di malam hari.
  • Cuci bersih bulu mata Anda dari residu minyak keesokan paginya dengan air hangat.
ads
  1. Kapsul vitamin E

Kegunaan kapsul vitamin E sebenarnya tidak jauh berbeda dari fungsi minyak-minyak esensial lainnya yang mana Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk melebatkan bulu mata Anda dalam waktu yang relatif cepat.

  • Ambil masing-masing 1 sdt minyak kelapa, vitamin E, dan minyak zaitun dan tempatkan pada botol bersih.
  • Kocok hingga tercampur rata.
  • Rendam kapas bersih pada campuran minyak tersebut dan gunakan untuk menggosok lembut masing-masing bulu mata.
  • Ulangi cara tersebut sebanyak 2 kali sehari untuk hasil terbaik.

Baca juga:

  1. Ekstrak bunga

Cara melebatkan bulu mata yang berikutnya dapat menguatkan akar-akar bulu mata Anda, menjadikannya lebih sehat dan secara tidak langsung melembutkannya pula di saat yang bersamaan.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Campurkan 1 sdt masing-masing ekstrak bunga calendula dan bunga cornflower. Aduk rata.
  • Gunakan bola kapas lembut untuk mengaplikasikan campuran ekstrak bunga tersebut pada bulu mata dan bilas bersih setelah penggunaannya.
  1. Kulit buah lemon

Kupasan buah lemon atau bagian kulitnya mengandung vitamin B, C, dan asam folat yang sangat tinggi, serta gizi lain yang menstimulasi pertumbuhan bulu mata.

Cara penggunaan kulit buah lemon untuk melebatkan bulu mata pun lumayan mudah dan dapat Anda lakukan di rumah, lho.

  • Letakkan 1 sdm kulit buah lemon kering di dalam wadah bersih dan tuangkan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak jarak hingga kulit lemon terendam di dalamnya.
  • Biarkan selama beberapa minggu hingga minyak meresap seutuhnya ke dalam kupasan kulit lemon.
  • Sapukan pada bulu mata sebelum Anda pergi tidur.
  • Bilas keesokan paginya dengan air hangat.
  • Cara ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda lakukan secara rutin selama beberapa bulan demi hasil yang memuaskan.

Baca juga:

  1. Air kelapa

Kandungan vitamin E, antioksidan dan asam lemak yang ditemukan di dalam air kelapa dapat membantu melembabkan bulu mata dan melindunginya dari serangan bakteri jahat. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata dan kulit.

Anda dapat melebatkan bulu mata Anda kembali dengan mengikuti tips berikut ini.

  • Rendam cotton bud pada air kelapa dan gunakan pada bulu mata seperti Anda menggunakan maskara.
  • Lakukan tiap menjelang waktu tidur malam dan cuci bersih bulu mata Anda keesokan paginya dengan air bersih.

Saat Anda melakukannya untuk pertama kali, Anda mungkin akan merasa kurang nyaman, namun setelah terampil, Anda tidak akan merasakan apapun. Juga, apabila ada beberapa tetes air kelapa yang masuk ke bola mata, Anda tidak perlu khawatir. Air kelapa tidak akan membahayakan mata Anda, kok.

  1. Shea butter

Shea butter sangat kaya akan vitamin B dan E, yang mana telah terbukti untuk menutrisi bulu mata, yang berdampak positif bagi kesehatan bulu mata tentunya. Juga, shea butter mampu melembabkan bulu mata setiap saat.

Untuk melebatkan bulu mata dengan shea butter, caranya cukup mudah, antara lain:

  • Beri bulu mata Anda shea butter hingga terlapisi seluruhnya menggunakan cotton bud.
  • Pijat lembut area sekitar bulu mata dan tunggu hingga 15 menit sampai shea butter meresap ke dalam bulu mata.
  • Coba terus cara ini selama beberapa minggu untuk mendapatkan bulu mata yang lebat dalam waktu instan.

Baca juga:

  1. Lip balm

Cara berikutnya dalam daftar 20 langkah untuk melebatkan bulu mata yang terbilang cukup  unik adalah dengan mengoleskan pelembab bibir alias lip balm pada bulu mata Anda. Ya, penggunaan lip balm ini tidak hanya melembabkan bibir supaya tidak kering, namun bulu mata juga. Bulu mata tidak hanya menjadi lebih lebat, namun juga lebih lentik dan lebih tebal. Untuk hasil terbaik, gunakan lip balm dengan rasa buah-buahan yang dapat Anda temui dengan mudah pada supermarket terdekat.

  1. Minyak argan

Minyak argan adalah ekstrak dari buah pohon Argan yang merupakan tanaman domestik Maroko. Minyak argan memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan kesehatan kita. Untuk bulu mata, khususnya, minyak argan dan kandungan vitamin A, E, dan asam lemak di dalamnya membantu mempercepat pertumbuhan bulu mata, melentikkan serta menguatkannya.

Gosok lembut bulu mata Anda menggunakan minyak argan ini setiao malam untuk mendapatkan hasil yang Anda idam-idamkan.

Baca juga:

  1. Minyak jarak

Seperti jenis-jenis minyak lain yang kami sebutkan di atas, minyak jarak pun sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bulu mata. Anda hanya perlu mencapurkan minyak jarak dengan sejumlah ekstrak vanilla untuk melebatkan bulu mata Anda.

Campur minyak jarak dan ekstrak vanilla dengan perbandingan 3:1 pada botol kecil dan kocok hingga tercampur rata. Kemudian, aplikasikan ramuan ini pada bulu mata Anda sebanyak 2 kali sehari untuk hasil terbaik.

  1. Minyak jeruk bali

Minyak esensial dari buah yang satu ini dapat merelaksasi Anda dengan aromanya yang menenangkan. Di samping itu, minyak jeruk bali juga dapat melebatkan bulu mata serta rambut Anda.

Sapukan minyak jeruk bali pada bulu mata Anda tiap malam menjelang waktu tidur dan bilas bersih bulu mata keesokan paginya.

Sponsors Link

  1. Petroleum Jelly

Kandungan melembabkan alami pada petroleum jelly menjadi agen utama yang dapat membantu mencegah penipisan bulu mata dan dapat menyehatkan kelopak mata pula. Maka dari itu, gunakan petroleum jelly ini untuk melebatkan bulu mata dan melentikkannya sekaligus.

Anda hanya perlu mengambil sedikit petroleum jelly dan mengoleskannya pada masing-masing helai bulu mata dengan cotton bud atau kuas maskara bersih. Biarkan petroleum jelly mengering selama 5 menit, kemudian cuci bersih mata Anda dari petroleum jelly yang tersisa dengan air hangat. Terapkan terus metode ini tiap malam selama seminggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang Anda impikan.

Perlu Anda tahu, petroleum jelly termasuk salah satu cara terefektif untuk melebatkan bulu mata yang perlu Anda pertimbangkan, sebab khasiatnya yang luar biasa tersebut.

  1. Serum bulu mata

Anda tidak boleh melewatkan serum bulu mata apabila Anda sangat ingin mendapatkan bulu mata lebat dalam waktu cepat. Penggunaan serum bulu mata dalam rutinitas sehari-hari Anda dapat melebatkan bulu mata Anda dalam waktu beberapa minggu saja. Tergantung dari merknya, sebagian besar serum bulu mata yang Anda temui di pusat-pusat perbelanjaan mengandung peptida, gel lidah buaya, dan bermacam-macam bahan lain yang dapat menguatkan bulu mata Anda.

Namun, karena harganya yang cukup menguras dompet, maka kami akan membagikan trik untuk membuat serum bulu mata sendiri di rumah.

Yang harus Anda siapkan:

  • 1 sdt minyak jarak
  • 2-3 tetes minyak esensial lavender
  • 2 tetes minyak atsiri kayu cedar
  • Botol maskara bersih

Langkah-langkah yang Anda perlu lakukan:

  • Tuang seluruh minyak dengan hati-hati pada botol maskara bersih
  • Tutup dan kocok hingga tercampur rata semua bahan
  • Lapisi tipis bulu mata dengan campuran minyak tersebut dengan kuas maskara.
  • Ulangi proses ini setiap malam dan Anda akan melihat perbedaannya dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Baca juga:

Telah kami bahas tuntas 20 cara melebatkan bulu mata secara alami dan cepat yang dapat Anda coba di rumah. Dari cara-cara yang telah kami bagikan di atas, ada beberapa yang mungkin tidak cocok untuk Anda, namun ada beberapa pula yang justru berdampak besar bagi pertumbuhan bulu mata Anda. Kunci dari perawatan untuk melebatkan bulu mata tentunya terletak pada kesabaran Anda. Ikuti tiap proses yang telah kami berikan secara tekun dan telaten agar hasil yang Anda idam-idamkan dapat segera tercapai.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengimbanginya dengan menjaga pola makan dan pola istirahat Anda, serta asupan cairan yang Anda konsumsi dalam sehari. Dengan begitu, Anda dapat memiliki bulu mata sehat yang tak hanya berlaku sementara saja, namun bertahan untuk jangka waktu yang lama. Selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Kecantikan