Sponsors Link

6 Bahaya Air Es bagi Wanita Haid Wajib di Ketahui

Sponsors Link

bahaya minum es saat haidSetiap wanita dewasa pasti akan mengalami proses alamiah yang diberikan kepada Tuhan kepada setiap wanita yang ada didunia. Menstrusasi atau haid merupakan proses alamiah yang terjadi satu kali selama satu bulan. Menstruasi pada setiap ornag akan memberikan reaksi yang berbeda. Ada yang merasa nyeri perut pada saat haid, ada yang merasa nyesi punggung dan pinggang, ada juga yang pusing-pusing, dan lain-lain. Reaksi-reaksi tersebut terjadi karena perubahan yang terjadi pada hormone esterogen menjadi hormone progesteron. Reaksi-reaksi mestruasi yang berbeda pada setiap orang pun mendapatkan respon yang berbeda-beda untuk setiap tubuh. Ada ang merasakan tubuh yang lemah saat haid, ada juga yang kaki gelisah, sakit perut, kram pada perut, serta gejala lain yang mebuat tubuh menjadi tidak nyaman. Bahkan ada tubuh yang merespon hingga tak sadarkan diri karena terlalu nyeri sakit yang diberikan.

ads

Banyak pendapat yang muncul, bahwa wanita yang sedang menstruasi tidak boleh mengkonsumsi es dan tidak boleh keramas. Apakah pendapat tersebut mitos atau fakta? Apa bahaya air es bagi wanita haid? Apa bahaya keramas untuk wanita haid? Banyak yang beranggapan bahwa minuman es bagi wanita haid akan membuat darah nya menjadi beku. Bekunya darah akan membuat aliran darah  menjadi tidak lancar. Namun apakah itu benar-benar fakta?

Berikut dampak dari bahaya air es bagi wanita Haid :

  1. Perut Kembung

Saat wanita menstruasi datau haid, apabila mengkonsusmi es atau minuman dingin, maka membuat kembung merasa penuh dan kembung. Hal ini membuat tidak nyaman bagi kaum wanita. Karena saat haid, tidak hanya merasakan perut kembung, juga bersamaan dengan rasa nyeri yang diakibatkan karena mestruasi atau siklus alamiah. Nyeri haiid atau dismenore disebabkan kontraksi rahim dengan hormone yang dikeluarkan saat menstruasi. Mengkonsumsi es justru akan memperparah keadaan. Dismenore juga akan menekan pembuluh darah, sehingga pasokan oksigen terhambat.

  1. Peradangan

Peradangan akan timbul dan akan menjadi parah pada saat mesntruasi jika disertai dengan mengkonsumsi minuman dingin atau es. Minuman dingin atau es ini akan meningkatkan pelepasan prostaglandin yaitu hormone untuk rasa nyeri. Sehingga saat haid, prostaglandin akan keluar lebih banyak sehingga menyebabkan peradangan.

  1. Resiko Kram

Minuman dingin atau es juga membuat kram pada wanita meningkat. Kram timbul di bagia tubuh bawah perut. Hal ini terjadi karena rahim melakukan kontraksi hebat agar meluruhkan darah haid, hal ini sebenarnya tejadi normal pada setiap wanita. Mengkonsumsi es atau minuman dingin akan membuat pergerakan rahim untuk meluruhkan haid akan berhenti lebih cepat, sehingga menyebabkan menstruasi tidak teratur. Penyebab haid tdak lancar inilah yang membuat kram pada saat haid.

  1. Resiko Osteoporosis

Hubungan haid dengan masalah tulang merupak hal yang sudah melekat Saat wanita haid, akan mempengaruhi pada kondisi tulang wanita. Pada saat haid, bila mengkonsumsi minuman dingin atau es akan membuat kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium akan menurun. Setiap hari manusia membutuhkan kalsium sebesar 800mg untuk kesehatan tulang yang baik. Jika mengkonsumsi minuman dingin, maka jumah ini tentu tidak akan terpenuhi. Sehingga memungkinkan terjadinya tulang rapuh atau osteoporosis.

Sponsors Link

  1. Tubuh Obesitas

Pada saat haid, emosi pada wanita cenderung tidak stabil. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap wanita yang sedang menstruasi. Ketidakstabilan emosi ini bisa enyebabkan obesitas pada wanita. Pasalnya wanita yang emosinya tidak stabil maka akan menjadi stress, stress inilah yang membuat kebanyakan wanita mencoba menghilangkannya dengan makan. Pada saat minum minuman dingin pun akan membuat penumpukan lemak yang tinggi pada perut. Dan dapat memicu terjadinya perut buncit. Mengkonsumsi minuman dingin akan memperlambat metabolism dalam tubuh karena semua cairan dalam tubuh akan tertampung oleh lambung. Semakin banyak es yang dikonsumsi maka semakin banyak pula lemak yang tertampung pada lambung sehingga membuat obesitas dan perut buncit.

  1. Menghentikan Kontraksi pada Rahim

Kontraksi pada rahim akan berhenti karena mengkonsumsi es. Karena pada saat haid, rahim akan selalu melakukan kontraksi agar terjadi peluruhan untuk melepas darah kotor pada dinding rahim. Mengkonsumsi es dapat membuat darah kotor yang menempel pada dinding rahim akan membeku, sehingga rahim tidak dapat bekerja baik untuk meluruhkan darah kotor. Sehingga kontraksi pada rahim akan berhenti secara mendadak. Hal ini akan mengakibatkan haid berhenti secara cepat atau berhenti mendadak, dengan kata lain haid menjadi tidak lancar. Biasanya hadi akan lebih cepat berhenti tetapi sebenarnya itu masih belum keluar secara sempurna, masih ada darah haid yang masih tersisa di dinding rahim.

Jika mengalami dampak di atas, maka anda dapat melakukan beberapa cara agar dapat mengurangi sedikit rasa nyeri :

  • Kompres dengan air hangat pada bagian yang mengalami nyeri misalnya perut.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik
  • Mencoba untuk mandi menggunakan air hangat, air hangat juga mampu melancarkan peredarah darah. Darah yang beku akibat minuman es dapat menjadi lanca karena mandi menggunakan air panas.
  • Biasakan untuk olahraga ringan, paling tidak 20 menit sehari.
  • Menghindari minum minuman keras alcohol dan jauhkan dari rokok
  • Mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh
Sponsors Link

Minuman dingin sebaiknya dihindari pada saat menstruasi. Tidak boleh mengkonsumsi minuman dingin juga hanya untuk sementara, hanya saat menstruasi saja. Hal itu dilakukan demi kesehatan dan juga supaya wanita tidak merasakan sakit yang hebat pada saat menstruasi. Cara mengatasi nyeri haid dapat berkurang dengan cara-cara diatas.  Apabila sakit pada haid sangat parah dan sangat membantu bisa melakukan konsultasi kepada dokter untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Berikut klubwanita.com memaparkan makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh wanita pada saat haid :

  • Mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung biji-bijian.Jangan mengkonsumsi makanan yang bisa menganggu kadar gula seperti gandum.
  • Menghidari jenis minuman yang mengandung kafein contohnya kpo dan the. Minuman berkafein bisa menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar dan akan mengganggu menstruasi.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans seperti makanan yang mengandung minyak atau digoreng.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang merupakan hasil olahan susu. Olahan susu dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan kram.
  • Mengurangi segalam jenis makanan yang mengandung pemanis yang tinggi, karena akan meyebabkan lepasnya prostoglansin yang bisa menyebabkan nyeri hebat pada saat haid.
  • Tidak mengkonsumsi minuman keras alkohol. Karena minuman berakohol akan memperburuk system reproduksi dan merusak keseimbangan hormone.

Saat haid, lebih baik jika anda mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena makanan sehat selain sehat untuk tubuh, makanan sehat juga akan membantu siklus haid. Dalam artian, makanan haid bisa membantu mengurangi rasa  nyeri yang ditimbulkan pada saat haid. Mengkonsumsi minuman dingin tidak memberikan keuntungan sama sekali untuk tubuh. Jadi, lebih baik pada saat haid untuk tidak mengkonsumsi minuman dingin.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Selain menyehatkan tubuh, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk perawatan kulit loh. Yuk tonton videonya!

Klubwanita TV