Sponsors Link

12 Bahaya Asap Rokok bagi Wanita yang Paling Mengerikan

Sponsors Link

bahaya asap rokokSudah menjadi rahasia umum bagi semua orang, bahwa rokok sangat berbahaya bagi penggunanya, apalagi bahaya rokok bagi wanita. Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan serta janin. Apakah bahaya rokok hanya sebatas kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin saja? Tentu saja itu hanya SEBAGIAN kecil dari bahaya rokok. Sebenarnya bahaya di timbukan karena rokok ini bukan hanya untuk orang-orang yang merokok saja. Tetapi juga untuk orang-orang yang menghirup asap kotor dari rokok tersebut. Jadi, rokok itu tidak hanya berbahaya bagi PEROKOK saja tetapi sangat berbahaya bagi SEMUA ORANG. Dampak yang ditimbulkan oleh rokok  secara langsung seperti mata perih, pusing, batuk.

ads

Terdapat 2 jenis asap yang ditimbulkan oleh rokok, yang pertama asap utama dan yang kedua asap sidestream. Asap utama merupakan asap yang dihembuskan pertama kali, sedangkan asap sidestream merupaka asap yang melayang saat masih menyala. Asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok, akan menyatu dengan udara dan bertahan sekitar 2,5 jam. Baik di luar ruangan maupun didalam ruangan. Yang paling berbahaya adalah asap rokok didalam ruangan. Asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok didalam ruangan, maka asap yang mengandung tembakau itu akan cenderung mengantung dan tidak hilang. Otomatis orang-orang yang berada dalam ruangan tersebut mau tidak mau pasti akan menghirup asap rokok sidestream tersebut.

Jika diluar ruangan, sama saja asap yang dihembuskan akan mengendap di udara sekitar 2,5 jam lamanya. Artinya meskipun tidak ada orang disekitar yang hirup asap rokok dari perokok, tetapi asap rokok akan menyebar di udara sehingga siapa pun pasti akan terkena dampak dari asap rokok ini. Berdasarkan fakta, rokok mengandung ribuan jenis bahan kimia yang sangat berbahaya, oleh karena itu asap rokoknya pun juga mengandung kurang lebih 50 jenis bahan kimia yang membahayakan. Sudah 7 Juta lebih kematian yang disebabkan oleh asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok setiap tahunnya. Terdapat lebih kurang 890.000 kematian perokok pasif yang terjadi di seluruh dunia. Jadi, bahaya yang ditimbulkan oleh rokok untuk perokok pasif  SAMA BAHAYANYA dengan perokok aktif.

Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa perokok pasif memiliki resiko bahaya 3 kali lipat lebih bedar dibandingkan dengan perokok aktif. Karena perokok aktif yang menhirup asap rokok akan dikeluarkan kembali , sedangkan perokok pasif yang menghirup asap rokok, tidak bisa untuk menlepaskan kembali karena asap yang masuk melewati hidup tidak terfilter dengan sempurna. Sehingga asap rokok yang dihirup oleh perokok pasif akan tersimpan dalam tubuh perokok pasif hingga merusak organ dalam. Berikut, akan dipaparkan bahaya asap rokok bagi wanita sebagai perokok pasif  :

  1. Penuaan Dini

Setiap wanita pasti mendambakan memiliki wajah yang awet muda, dan pastinya mengusahakan agar wajahnya tidak mengalami penuaan dini. Perokok pasif wanita yang menghirup asap rokok akan mudah mengalami penuaan dini. Hal itu dikarenakan racun yang terkandung dalam asap rokok membuat sel-sel kulit menjadi lebih cepat menua karena perubahan biokimia dalam tubuh.

  1. Gangguan Kesuburuan

Rokok akan menyebabkan tingkat kesuburan pada wanita berkurang. Sehingga wanita perokok akan mengalami penurunan tingkat kesuburan mencapai 70% – 75%, sehingga akan sulit untuk hamil dan beresiko tinggi terhadap kemandulan. Itu terjadi karena respon pembuahan atau ovulasi berkurang, penurunan  implantasi, serta fertilisasi zigot pada janin. Sekitar 15% – 20% wanita yang menghirup asap rokok memiliki resiko lebih besar dibandingkan dengan yang tidak menghirup asap rokok.

Sponsors Link

  1. Kanker Payudara

Selain menyebabkan infertilitas ternyata asap rokok juga dapat menjadi penyebab kanker payudara. Penderita kanker payudara yang menjadi perokok (baik pasif maupun aktif) mempunyai resiko kematian 25% lebih besar daripada  penderita kanker payudara biasa. Resiko tersebut setiap harinya akan terus menerus meningkat sesuai dengan jumlah rokok yang dihisap oleh perokok.

  1. Serangan Jantung dan Stroke

Resiko serangan jantung tidak hanya untuk perokok aktif saja, tetapi perokok pasif jug amemiiki resiko terhadap serangan jantung. Terutama bagi wanita yang berusia diatas 35 tahun. Resiko serangan jantung akan lebih besar 50% daripada pria. Paparan asap rokok akan membuat penurunan fungsi jantung untuk memompa serta menerima oksigen dan akan meningkatkan trombosit. Tekstur dara akan lebih lengket dan menggumpal sehingga muncul resiko stroke akibat asap rokok

  1. Masalah Kehamilan

Asap rokok yang dihirup oleh ibu hamil akan sangat mempengaruhi kehamilan dan calon bayi dalam kandungan ibu. Karena sangat beresiko tinggi untuk mengalami berbagai komplikasi. Komplikasi yang terjadi bermacam-macam, seperti kelainan atau cacat, bayi lahir dengan berat dibawah normal, hingga resiko keguguran. Juga terdapat resiko bayi lahir premature, organ rusak, gangguan pernapasan pada janin, bayi lahir dengan tidak bernyawa dan perkembangan janin akan ternganggu

  1. Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru umumnya diderita oleh kaum pria kerna kebanyakan yang merokok adalah pria, namun bertambahnya tahun kasus penderita kanker paru-paru pada wanita meningkat. Karena resiko kanker paru-paru perokok pasif lebih besar daripada resiko kanker paru-paru perokok aktif. Hal itu diduga karena wanita berada disamping pasanganya saat merokok sehingga secara tidak langsung wanita pun menghirup asap rokok. Sehingga asap yang masuk lewat hidung tidak dapat terfilter dengan baik. Asap rokok dapat menggangu fungsi paru-paru.

ads
  1. Asma atau Sesak Nafas, Batuk pilek, dan gangguan pernapasan

Asap rokok dapat meningkatkan produksi sputum serta akan membuat ketidaknyamanan pada dada atau sesak. Untuk anak-anak yang menghirup asap rokok akan meningkatkan resiko LRTIs atau infeksi saluran pernapasan bagian bawah, contohnya bronchitis dan pneumonia. Asap rokok yang dihirup perokok pasif bisa menyebabkan peningkatan prevalensi cairan pada telinga tengah serta saluran pernapasan bagian atas akan mengalami iritasi. Asap rokok menyebabkan peningkatan asma pada anak meningkat. Sekitar 200.000 sampai 1.000.000 kasus anak-anak yang asmanya memburuk akibat dari asap rokok.

  1. Penyempitan Pembuluh Darah

Resiko penyempitan pembuluh darah atau Aterosklerosis pada jantung akibat menghirup asap rokok. Penyempitan pembuluh darah ini akan berdampak sangat fatal karena darah akan menggumpal jadi satu dan bercampur dengan lemak. Kemudian darah yang menggumpal akan menempel pada pembuluh darah, dan akan menyebabkan kematian mendadak.

  1. Infeksi Telinga

Infeksi telinga yang terjadi pada anak-anak, kebanyakan disebabkan oleh asap rokok atau tembakau yang dihirup. Infeksi telinga yang terjadi pada anak bisa menyebabkan infeksi jangka panjang bahkan seumur hidup. Karena itu, 20% kasus infeksi pada anak usia 1-2 tahun akan merusak pendengaran yang mempengaruhi kehidupan jangka panjangnya. Bahkan beresiko hingga mengalami ketulian pada anak.

  1. Resiko Meningokokus

Paparan asap rokok dapat meningkatkan resiko meningokokus, yaitu penyakit akibat infeksi kuman meningokokus yang bisa menyebabkan meningitis, cacat, keracunan pada darah, bahkan kematian. Resiko meningokokus dapat meningkat karena kemampuan bakteri meningokokus untuk mematuhi mocusa meningkat.

  1. Mengurangi Vitamin dan Antioksidan

Asap rokok yang dihirup dapat membuat konsentrasi askorbat berkurang dan membuat berkurangnya antioksidan yang penting dalam darah. Sehingga harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk mengimbanginya.

  1. Obesitas

Wanita yang menghirup asap rokok memiliki resiko yang besar untuk mengalami obesitas. Karena semakin banyak asap rokok yang dihirup maka kadar nikotin yang ada pada asap rokok dalam tubuh meningkat sehingga terjadi obesitas.

Rokok tidak hanya berbahaya bagi perokok itu sendiri, tetapi juga sangat berbahaya bagi orang-orang yang ada disekitar mereka. Terutama bahaya asap rokok bagi wanita Karena banyak sekali penyakit-penyakit berbahaya yang muncul akibat kandungan-kandungan yang ada dalam rokok itu. Asap rokok yang dikeluarkan perokok akan menyebar dengan udara yang sangat berbahaya jika dihirup. Karena terdapat ribuan senyawa kimia yang terkandung dalam sap rokok tersebut seperti nikotin, sianida, tar, arsenic, ammonia, benzene, menthanol, cadmium, dan senyawa kimia lainnya.

Konsentrasi asap rokok yang tinggi  memiliki konsentrasi nikotin dan tar 2 kali lebih tinggi, zat karsinogenik yang 3 kali lebih tinggi jumlahnya, kadar karbondioksia 5 kali lebih besar, serta ammonia yang jumlahnya 50 kali lebih banyak. So yang jelas, lebih baik anda menghindari orang-orang yang merokok dilingkungan anda. Dan untuk perokok lebih baik untuk saling menghargai,  agar orang-orang disekitarnya. Karena jika anda merokok sama saja seperti anda membunuh orang-orang yang anda cintai.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup