Tanpa Perlu Panik Mom, Inilah 10 Cara Menghadapi Anak Mimisan Paling Aman

18

Cara Menghadapi Anak MimisanSetiap anak sepertinya pasti akan mengalami mimisan, karena mimisan menjadi sebuah hal yang wajar terjadi pada anak dan ada banyak sekali cara cara menghadapi anak mimisan yang bisa dilakukan para orangtua di rumah. Berikut ini adalah 10 cara menghadapi anak mimisan:

1. Bersihkan hidung anak

Kondisi mimisan atau pilek seringkali menyerang anak bayi dan salah satu cara mengatasi anak bayi pilek adalah dengan selalu membersihkan hidung bayi saat cairan keluar dari hidung, hal ini perlu dilakukan agar tak terjadi pembekuan cairan yang bisa menghambat pernapasan anak.

2. Larang anak bermain di tempat yang panas

Faktor seringnya bermain di tempat yang panas akan membuat anak terserang flu disertai batuk dan salah satu cara menjadi ibu rumah tangga idaman adalah dengan melarang anak untuk bermain di tempat yang panas secara berlebihan.

3. Tenang

Saat anak mimisan janganlah menunjukkan sikapyang panik, karena akan membuat anak menjadi ketakutan dan salah satu cara menghadapi anak mimisan adalah dengan bersikap tenang, agar tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan anak.

4. Persempit durasi bermain diluar rumah

Mimisan adalah suatu kondisi yang bisa saja disebabkan oleh faktor cuaca yang terjadi ekstream dan saat kondisi cuaca sedang tidak baik tanggung jawab ibu terhadap anak menjadi lebih berat, karena harus bisa mengatur waktu anak agar tak terlalu banyak main di luar rumah.

5. Beri obat apotik

Banyak sekali obat generik yang tersedia di apotik untuk menyembuhkan mimisan pada anak, namun keampuhan obatnya tergantung kecocokkan anak terhadap dosis obatnya dan salah satu cara mengatasi anak flu dan batuk adalah dengan memberikan obat apotik.

6. Beri minum air putih

Ketika melihat anak mimisan segeralah kasih minum air putih untuk menjaga stabilitas tubuhnya dan cara ini menjadi pertolongan pertama yang paling penting bagi para anak yang terkena pilek atau mimisan.

7. Mandi air hangat

Sebaiknya bagi para ibu yang menemukan anaknya mimisan janganlah dulu memandikan anaknya dengan air dingin, hal ini dapat membuat suhu tubuh anak menjadi tidak stabil dan dengan mandi air hangat, kondisi anak akan lebih segar untuk menjauhkan berbagai macam penyakit.

8. Suruh anak istirahat

Anak yang sakit bisa saja dikarenakan kondisi tubuhnya yang lemah atau mengalami kelelahan dan hal ini bisa saja terjadi pada anak yang sering bermain di luar rumah, dengan memerintahkan anak untuk istirahat menjadi hal penting agar kondisi tubuhnya terjaga.

9. Kompres dengan air hangat

Saat anak mimisan atau pilek biasanya kondisi badannyapun panas dan salah satu cara untuk menghadapi kondisi ini adalah dengan melakukan kompres air hangat pada anak di bagian dahi sampai kepala. Cara ini terbilang masih sangat efektif dilakukan untuk menjauhkan anak dari kondisi sakit yang bisa saja menyerangnya.

10. Bawa ke dokter

Untuk menghilangkan rasa panik orang tua yang menemukan anaknya mimisan adalah dengan membawa anak ke dokter dan salah satu cara mengatasi anak flu berat dan batuk adalah dengan diberi resep obat oleh dokter anak.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara menghadapi anak mimisan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.