7 Cara Mengatasi Anak Flu dan Batuk Tanpa Obat-Obatan

69

Batuk dan flu memang sering menyerang anak-anak yang merupakan reaksi tubuh anak dalam melawan kuman dan penyakit yang masuk ke daam tubuh. Kenali bahaya asap rokok bagi wanita dan anak yang bisa jadi pemicu flu dan batuk.

Hindari penggunaan obat bebas pada anak, jika gejala flu dan batuk ringan sebaiknya simak beberapa cara mengatasi anak flu dan batuk tanpa mengkonsumsi obat berikut ini.

1. Perbanyak asupan cairan

Saat anak mengalami flu dan batuk baiknya lebih banyak memberikan asupan cairan pada anak agar ia tidak dehidrasi. Berikan dalam jumlah sedikit namun sering untuk menghindari kembung pada anak. Sama halnya dengan cara mengatasi anak demam setelah imunisasi yang harus terus dihidrasi.

Tidak hanya itu, wanita yang rajin minum air putih juga akan terhindar dari penyebab kulit kering akibat tubuh yang dehidrasi.

2. Uap panas

Uap panas yang menghasilkan udara hangat dan lembab bagus untuk melancarkan pernapasan anak yang tersumbat akibat lendir. Bisa dengan mandi air hangat atau dari mesin penguap dan penting untuk memperhatikan panas suhu yang dihasilkan agar tidak terlalu panas untuk anak.

Uap panas dari rebusan ramuan merapatkan daerah kewanitaan juga merupakan cara merapatkan mis V secara alami loh, bun.

3. Tetesan saline

Berikan 2-3 tetes saline atau cairan garam pada hidung anak yang tersumbat kerena flu dan biarkan selama 30 detik sebelum membersihkan hidung. Larutan dna pipet tetes ini bisa di dapatkan di apotik.

4. Berkumur dengan air garam

Cara mengatasi anak flu dan batuk pada anak yang telah berusia 4 tahun bisa dengan menggunakan larutan garam. Mintalah anak untuk berkumur dengan larutan ini dan mengadah hingga air menjangkau bagian belakang tenggorokan, lakukan sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Selain itu garam juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan whitehead di dagu dengan menempelkan campuran garam halus dengan perasan lemon.

5. Madu

Anak yang telah usia di atas 1 tahun bisa diberikan minuman madu sebanyak 1 sendok teh yang dicampur dengan air hangat atau perasaan lemon. Minuman ini akan meringankan gejala flu dan batuk pada anak. Manfaat royal jelly atau madu sudah dikenal luas untuk kesehatan dan kecantikan.

6. Berjemur di pagi hari

Sinar matahari pagi yang kaya vitamin D juga bagus untuk mengusir virus, bakteri dan jamun yang menyebabkan batuk dan flu pada bayi. Jemurlah bayi diantara pukul 8-9 pagi. Kekurangan vitamin D juga merupakan alasan wanita rentan terkena osteoporosis, loh. Jadi ikutlah berjemus di pagi hari bersama anak untuk menyerap vitamin D dengan gratis.

7. Posisikan kepala lebih tinggi saat tidur

Tinggikan kepala anak saat tidur dari biasanya agar anak bisa bernapas lebih lega. Dan juga pantau suhu tubuh bayi yang kemungkinan bisa meningkat ketika ia terkena flu dan batuk.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak flu dan batuk tanpa obat jika gejala flu dan batuknya ringan. Hindari juga bahaya bulu kucing bagi wanita dan anak yang bisa menjadi penyebab flu dan batuk. Cekatan dalam hal kesehatan keluarga merupakan cara menjadi ibu dan istri yang baik dalam berumah tangga.