Begini 8 Cara Mengatasi Anak Demam Setelah Imunisasi dengan Cepat

57

Cara Mengatasi Anak Demam Setelah ImunisasiSetelah diimunisasi sering kali anak menjadi rewel dan demam, ini adalah hal yang biasa terjadi setiap kali anak mendapatkan vaksin.

Yang penting bunda selalu siaga memantau kondisi dan suhu tubuh sikecil dan melakukan tindakan yang dapat membantu meredakan demam anak. Berikut cara mengatasi anak demam setelah imunisasi yang bisa dilakukan dirumah.

  1. Tingkatkan asupan cairan.

Peningkatan suhu tubuh karena demam pada anak akan membuat tubuh anak kehilangan cairan lebih banyak. Selalu jaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh anak dengan memberikan lebih baik ASI.

Dalam ASI juga terkandung zat anti-inflamasi yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Perlu diketahui, cukup banyak dampak susu formula pada bayi usia 0-6 bulan yang tidak baik dan cukup berbahaya.

  1. Berikan pijatan.

Untuk memperlancar sirkulasi darah lakukan pijatan lembut ada anak. Pijatan ini akan membuat anak lebih tenang, nyaman dan tidak rewel. Selain itu manfaat baby massage bisa membuat anak tidur lebih nyenyak dan membuat anak lebih relaks.

  1. Jangan berikan pakaian yang tebal.

Hindari pemakaian baju, jaket atau selimut berbahan tebal saat anak demam. Justru anak membutuhkan pakaian yang tipis dan longgar agar demam anak cepat turun.

Sedikit tips membeli pakaian untuk anak, pilihlah bahan pakaian yang lembut dan nyaman di kulit anak. Jangan hanya berfokus pada model baju kekinian dan mengabaikan bahan pakaian yang belum tentu nyaman untuk si kecil.

  1. Obat penurun demam.

Pemberian obat penurun panas seperti paracetamol anak akan meredakan rasa nyeri pada bekas suntikan imunasi. Obat ini juga akan membantu menurunkan panas anak lebih cepat. Tips menjadi ibu yang baik untuk anak adalah dengan siap siaga menyediakan obat-obatan penurun panas anak.

  1. Kompres air hangat.

Saat tubuh anak sudah mencapai 38 bantulah dengan kompres air hangat. Jangan gunakan handuk yang terlalu basah agar anak tetap bisa nyaman dan hangat. Hindari penggunaan kompres air dingin saat demam pada anak dan hindari juga bahaya air es bagi wanita haid

  1. Kompres bekas suntikan.

Bekas suntikan imunisasi pada si kecil biasanya akan meninggalkan bekas yang meradang dan akan menghilang setelah beberapa hari.

Rajin-rajinlah mengompres tempat bekas suntikan ini dengan air hangat untuk mengurangi peradangan. Kompres dengan air dingin merupakan cara mengatasi nyeri haid berlebih pada wanita loh.

  1. Lebih banyak istirahat.

Biarkan anak lebih banyak beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Istirahat yang cukup akan membuat demam pada anak lebih cepat turun dibanding anak yang lebih banyak beraktivitas saat demam. Hindari anak dari dampak negatif gadget dan dampak negatif game online yang bisa menyita waktu istirahat anak.

  1. Jauhkan dari AC atau kipas.

Meski anak membutuhkan ruangan yang sejuk, namun hindari penggunaan AC dan kipas pada ruangan yang justru emberik dampak buruk pada kesehatan anak.

Beberapa studi telah mengatakan bahwa anak sering terkena AC dan kipas lebih rentan terkena penyakit pnemonia, sesak napas dan demam.

Itulah 8 cara mengatasi anak demam setelah imunisasi. Menjadi ibu yang selalu siaga dan cekatan merupakan cara menjadi ibu rumah tangga yang baik dan pastinya disayang suami.