Simak 7 Cara Mengatasi Anak Fobia yang Sering Panik

138

Cara Mengatasi Anak FobiaFobia atau Phobia merupakan rasa takut berlebihan pada anak terhadap sesuatu. Bisa terjadi karena faktor traumatis, genetik, budaya atau adanya perubahan fungsi otak. Fobia pada anak ini bisa saja terbawa hingga ia dewasa.

Ketakutan ini juga akan menjadi serius jika disertai dengan serangan panik pada anak. Oleh karena itu bantu anak keluar dari ketakutannya dan berikut adalah cara mengatasi anak fobia yang berlebihan.

  1. Latih anak mengatasi rasa takutnya

Ibu bisa mengatasi fobia pada anak dengan melatih anak mengatasi rasa takutnya sendiri. Saat anak ketakutan, peluklah anak dan mintalah ia untuk tetap tenang dan tidak perlu merasa cemas karena objek yang ia takutkan tidak akan membahayakannya. Temukan banyak ide dengan cara menjadi ibu kreatif dalam memberikan pelatihan pada anak.

  1. Buatlah anak merasa nyaman dan aman saat berlatih

Anak fobia harus dilatih untuk mengatasi ketakutannya yang berlebihan terhadap sesuatu. Agar anak mau berlatih, buatlah ia tetap merasa aman dan nyaman dalam melawan rasa takutnya. Memberikan kenyamanan dan membuat anak merasa terlindungi merupakan tanggung jawab ibu terhadap anaknya.

  1. Berikan pemahaman lebih banyak tentang sumber ketakutan anak

Cara mengatasi anak fobia berikutnya adalah dengan memberikan pemahaman tentang sumber ketakutan anak agar ia bisa tahu lebih banyak tentang objek yang ditakutkannya.

Anak yang semula memiliki pemahaman negatif tentang objek tersebut bisa berubah menjadi tidak takut lagi karena informasi yang telah diberikan. Bunda juga harus mengetahui tips sabar menghadapi anak kecil yang fobia ini.

  1. Selalu berikan dukungan pada anak

Selalu dukung dan motivasi anak mengatasi fobianya dengan terus menyemangati dan memberikan pujian saat ia mulai memiliki sedikit keberanian.

Jangan meledek atau menertawakan karna bisa mempengaruhi mental anak. Ini merupakan cara mendidik anak agar mau belajar lebih berani dan tidak takut lagi.

  1. Tantang anak untuk mengatasi fobianya

Cara mengatasi anak fobia juga bisa dengan memberikannya tantangan untuk menghadapi ketakutannya. Dengan sebuah tantangan keberanian anak bisa saja muncul saat ia harus berhadapan dengan ketakutannya.

Ini juga merupakan cara melatih mental anak agar berani menghadapi fobianya. Bisa juga diterapkan sebagai cara mengatasi anak pemalu disekolah

  1. Lakukan secara perlahan, jangan dipaksakan

Perlu diingat, jangan memaksa anak mengatasi fobianya karena bisa memberikan efek negatif pada psikologisnya. Kita tidak pernah tahu seberapa besar ketakutan anak terhadap sumber ketakutannya. Memarahi atau menertawakan justru malah menjadi penyebab anak tidak percaya diri dengan kemampuannya.

  1. Minta bantuan psikolog

Jika fobia anak terbilang parah hingga menimbulkan kepanikan pada dirinya sebaiknya mintalah bantuan psikolog untuk mengatasinya. Tidak hanya itu, psikolog juga bisa membantu mengatasi permasalahan anak seperti menemukan cara mengatasi anak cepat marah yang emosional dan sulit dibentuk.

Semoga 7 cara mengatasi anak fobia di atas bisa membantu bunda mengatasi ketakutan pada anak. Ciri-ciri ibu yang baik adalah ibu yang bisa membantu anak keluar dari permasalahannya karena juga ada peran ibu dalam psikologi anak usia dini. Semoga dengan cara diatas anak berhasil melawan rasa takutnya.