Sponsors Link

4 Alasan Wanita Rentan Terkena Osteoporosis Dibanding Pria

Sponsors Link

Alasan Wanita Rentan Terkena OsteoporosisWanita tentunya ingin selalu hidup sehat hingga tua nanti. Namun, terkadang ada saja penyakit yang menganggu kesehatan para wanita ketika sudah memasuki usia yang bisa dibilang belum terlalu tua, salah satunya adalah oteoporosis. Nah, mau tahu alasan wanita rentan  terkena osteoporosis ? Mari kita bahas selengkapnya:

ads

1. Menopause

Masa menopause adalah masa dimana wanita sudah berhenti mengalami haid tiap bulan. Saat itulah hormon estrogen menjadi berkurang. Apa yang disebabkan oleh hal itu? Semakin berkurangnya hormon esterogen, maka semakin meningkat pula kemungkinan penyakit tulang pada wanita.

Oleh karena itu, wanita sebaiknya senantiasa menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium. Selain itu, jika memang belum menopause dan masih haid, sebaiknya jangan terlalu menyepelekan penyebab haid tidak lancar begitu saja. Mungkin Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Siapa tahu itu hormon eseterogen Anda terganggu.

2. Mengandung dan Menyusui

Hampir setiap wanita mungkin akan mengalami fase mengandung dan menyusui. Nah, mungkin selama ini Anda tidak menyadari kalau Anda kekurangan kalsium saat mengandung, maka kalsium pada tubuh Anda akan terambil untuk pertumbuhan anak Anda. Oleh karena itu, sebaiknya banyak mengonsumsi kalsium saat hamil. Jangan lupa untuk melakukan berbagai cara senam hamil agar tulang Anda tidak terlalu kaku selama hamil.

Saat menyusui, Anda juga sebaiknya tetap mengonsumsi banyak kalsium agar bisa terhindar dari osteoporosis di masa yang akan datang. Anda juga harus tahu cara menyapih anak 2 tahun agar bisa memnuhi kebutuhan anak Anda.

3. Usia

Alasan wanita rentan terkena osteoporosis adalah karena usia. Kondisi tulang wanita yang sudah lanjut usia tentunya tidak akan sama dengan wanita yang masih muda bahkan remaja. Pemadatan tulang terjadi di usia 25-30 tahun. Saat itulah wanita masih lincah-lincahnya. Banyak mengangkat beban berat tanpa menyadari  bahaya mengangkat berat bagi wanita. Itu cukup berbahaya bagi kesehatan tulang.

Saat usia 50, maka pengeroposan tulang mulai terjadi. Anda tentunya tidak bisa mengelak karena ini memang sudah masanya. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memang selama ini sudah rajin mengonsumsi banyak kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

Sponsors Link

4. Struktur Tulang

Struktur tulang juga mempengaruhi kemungkinan terjadinya osteoporosis. Massa tulang wanita ternyata 30 persen lebih sedikit daripada pria. Sehingga inilah yang menyebabkan kenapa pria cenderung bisa lebih kuat daripada wanita.

Kalau sudah tahu begini, Anda sebaiknya lebih memperbaiki kesehatan tulang. Untuk Anda yang suka memakai high heels, Anda harus tahu dampak negatif memakai high heels bagi kesehatan tubuh. Jadi, kalau memang tidak terlalu perlu, sebaiknya tidak usah digunakan demi kesehatan tulang Anda.

Tidak hanya itu, ternyata wanita yang memiliki tulang lebih kecil lebih rentan terkena osteoporosis dibandinkan wanita yang memiliki tulang yang besar. Nah, sebaiknya Anda mengambil manfaat royal jelly agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Anda juga sebaiknya banyak makan agar massa tulang Anda juga bisa bertambah. Tentunya bukan makan sembarang yang hanya memperbanyak lemak. Namun, konsumsilah makanan yang banyak mengandung kalsium. Kalau memang Anda tidak ingin repot, banyaklah minum susu.

Itulah 4 alasan wanita rentan terkena osteoporosis. Sebaiknya Anda senantiasa menjaga kesehatan tulang Anda. Bagi Anda yang masih hobi mengangkat beban berat ataupun sepatu hak tinggi, sebaiknya segera dikurangi. Ada banyak sekali efek memakai sepatu hak tinggi  dan juga mengangkat beban berat. Jadi, berhati-hatilah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan