Sponsors Link

5 Cara Senam Hamil yang Bisa Dilakukan Dirumah

Sponsors Link

Cara Senam hamil merupakan salah satu cara untuk bisa tetap tenang saat akan menghadapi persalinan. Bagi sang calon ibu, proses melahirkan merupakan saat saat yang mendebarkan sekaligus menegangkan. Bukan hanya bagi ibu, moment ini juga amat ditunggu oleh suami dan keluarga besar.  Oleh sebab itu, persiapan yang matang sangat dibutuhkan agar persalinan berjalan aman dan lancar.

ads

Senam hamil berguna untuk melenturkan otot otot yang akan bekerja selama proses persalinan. Melakukam senam hamil secara teratur juga akan bermanfaat dalam menjaga stamina ibu hamil menghadapi proses persalinan. Sembilan bulan mengandung merupakan sebuah proses panjang yang melelahkan namun sekaligus membahagiakan. Seringkali proses ini membuat tubuh lelah dan hanya ingin berbaring saja di tempat tidur. Padahal ibu hamil sangat dianjurkan untuk bergerak aktif, apalagi ketika memasuki masa kehamilan tua hingga menjelang persalinan. (Baca juga : Cara Senam Kegel Untuk Merapatkan Miss V , Cara Menurunkan Berat Badan  )

Senam hamil merupakan salah satu jenis olahraga yang dianggap paling aman bagi ibu hamil. Gerakan senam hamil berfokus pada latihan latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan serta kardiovaskular. Gerakan senam hamil sedikit berbeda dengan senam lainnya. Namun, jika anda pernah melakukan gerakan aerobik. Anda hanya perlu melakukan modifikasi gerakan dengan mengurangi gerakan melompat, menendang, atau gerakan lain yang bisa membahayakan keselamatan janin. Jenis senam aerobik dengan ritme lambat sangat cocok untuk senam ibu hamil. Karena senam aerobik ini tidak memiliki banyak gerakan menenang dan melompat. Terlalu sering menendang, melompat dan berlari bukan hanya dapat membahayakan janin namun juga dapat berisiko melemahkan otot panggul bagian bawah.

Baca juga :

Jika dilakukan secara tertur ada beberapa manfaat dari senam hamil antara lain :

  • Mampu meredakan rasa sakit dan nyeri yang dirasakan sepanjang kehamilan
  • Mengencangkan otot
  • Memperkuat jantung dan paru paru
  • Mampu membuat tidur lebih nyenyak
  • Menghindari penambahan berat badan yang berlebih
  • Meringankan rasa nyeri pada pinggang bagian belakang akibat adanya pertambahan berat bagian belakang
  • Mengurangi nyeri sendi

Dampak lain yang bisa dirasakan secara psikologis dari senam hamil adalah akan bisa membuat anda dapat berfikir positif serta lebih siap dalam mengahadapi persalinan. Anda dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti senam hamil agar mendapatkan hasil yang maksimal. Para instruktur senam merupakan tenaga profesional yang biasanya berasal dari tenaga medis seperti bidan yang telah berpengalaman dalam menangani persalinan. (Baca juga : Kiat menabung Untuk Membeli Rumah  , Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros )

Selain lebih terpercaya melakukan senam hamil bersama sama ibu hamil yang lain akan membuat perasaan lebih tenang dan nyaman, Karena merasa tidak sendirian. Banyak rumah sakit bersalin dan anak yang biasa menawarkan senam khusus ibu hamil, selain senam hamil gerakan lain yang bisa dilakukan sebelum persalinan adalah yoga dan pilates khusus ibu hamil.

Pada dasarnya gerakan dan cara senam kehamilan dapat juga dilakukan sendiri dirumah. Asal tetap memerhatikan keselamatan ibu dan janin. Idealnya senam hamil 2-4 kali dalam sepekan selama durasi kurang lebih 30 menit. Jika anda memilih cara senam kehamilan dengan lokasi yang cukup jauh dari rumah. Tentunya akan sangat merepotkan, belum lagi resiko diperjalanan. Oleh karena itu melakukan senam hamil sendiri dirumah dirasa paling efektif dan efisien. Cara senam kehamilan dirumah dapat anda peroleh melalui tutorial video atau buku panduan yang terpercaya. Dibawah ini akan diuraikan cara senam kehamilan sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Sponsors Link

1. Gerakan Duduk Bersila

Gerakan ini merupakan gerakan dasar dari senam hamil. Dengan duduk bersila ibu hamil akan merasa lebih rileks karena tidak khawatir dengan posisi badan. Posisi ini dianggap merupakan posisi paling aman dikarenakan dengan duduk bersila maka keseimbangan tubuh akan terjaga berat badan juga tidak berfokus pada satu titik. Posisikan punggung tegak letakkan tangan diatas paha. Sembari melakukan gerakan ini, atur pikiran setenang mungkin dan atur nafas dengan teratur. Tarik nafas dalam dalam lalu hembuskan pelan pelan. Latihan ini akan membantu anda untuk mengatur pernafasn saat persalinan.

Baca juga :

2. Berjongkok

Untuk membuka jalan lahir pada usia kehamilan tua, cara senam hamil yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan gerakan berjongkok. Untuk mempermudah gerakan berjongkok anda dapat menggunakan bantuan bola senam. Tahap tahap gerakan yang bisa dilakukan diawali dengan ambil posisi berdiri membelakangi tembok. Dengan posisi bola senam yang diapit oleh punggung dan tembok. Buka kaki sedikit demi sedikit. Selanjutnya turunkan badan pelan pelan dengan kaki membentuk sudut 90 derajat. Lalu kembali ke posisi awal, lakukan gerakan berulang sebanyak 10 kali.

Baca juga :

3. Gerakan Merangkak

Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot otot bagian bawah tubuh. Latihan ini berguna untuk membantu ibu hamil dalam mempersiapkan kelahiran. Ambil posisi merangkat kemudian setelah benar benar siap maka kempiskan perut dan dubur anda. Posisikan seolah olah anda sedang mengejan. Bayangkan gerakan ketika anda sedang BAB. Ulangi gerakan dalam satu kali senam sebanyak 8 kali. Namun, jangan terlalu memaksakan diri sesuikan denga  kebutuhan dan kemampuan.

Baca juga :

Sponsors Link

4. Memperbanyak Berjalan Kaki

Bagi ibu hamil tua yang telah memasuki fase melahirkan atau bersalin sangat dianjurkan untuk melakukan olah raga berjalan kaki. Olah raga ini sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja. Gerakan berjalan kaki akan melatih seluruh otot oto tubih agar lebih rileks dan kuat. Anda cukup berkeliling pekaranagan atau komplek rumah. Ambil waktu saat pagi hari agar tidak terlalu panas serta dianjurkan tidak menggunakan alas kaki. Istirahatkan diri jika sudah merasa lelah. Lakukan kegiatan ini rutin setiap pagi hari selama masa kehamilan dan menjelang kelahiran.

Baca juga :

5. Lakukan Posisi Berbaring Untuk Gerakan Senam Hamil 

Gerakan yang dilakukan sembari berbaring akan membuat anda merasa lebih rileks. Persiapkan alas berupa matras atau alas yang lembut. Ambil posisi dengan baringkan badan diatas matras kemudian angkat salah satu kaki tumpukan pada dinding. Letakkan telapak tangan di samping badan dan hadapkan telapak tangan kebagian atas. Lakukan gerakan dengan rileks. Ulangi gerakan yang sama untk kaki sebelahnya.

Cara senam hamil diatas tentunya harus dilakukan dengan hati hati dan seksama serta tetap memperhatikan hal hal seperti di bawah ini.

  • Selalu melakukan pemanasan saat sebelum melakukan gerakan senam.
  • Selalu kencangkan otot perut saat melakukan gerakan lutut agar mengindari cedera pada punggung dan sendi panggul.
  • Hindari melakukan gerakan transisi secara terburu buru. Misal gerakan memutar badan secara cepat. Kondisi hamil apalagi telah memasuki usia kehamilan tua sangat sulit dalam menjaga keseimbangan.
  • Kenali kemampuan diri anda, jangan memaksakan diri. Jika kondisi badan lelah segera istirahat.
  • Gunakan pakaian yang tidak menyerap keringat agar tidak dehidrasi. Serta gunakan penyejuk ruangan agar ruangan terasa dingin.
  • Konsumsi makanan sehat bergizi dan perbanyak minum air putih.
  • Daftarkan diri pada komunitas senam hamil terpercaya.

Jika anda tidak terbiasa dengan aktivitas olah raga ambil durasi waktu secara berkala. Lakukan 5 menit dahulu, baru kemudian berlanjut ke 10 menit. Jika sudah terbiasa anda bisa melakukan dalm durasi yang lebih lama maksimal 30 menit. (Baca juga : Tips Agar Anak Cepat Jalan , Vitamin Untuk Anak Susah Makan )

Itulah 5 cara senam hamil  yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Gerakan yang sederhana dari senam hamil pada dasarnya memiliki manfaat utama bagi kesehatan anda. Selain itu juga akan mampu memberikan perasaan rileks dan tenang menjelang persalinan. Tetap perhatikan kenyamanan dan keamanan ya  ladys. Selamat berolah raga. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Selain menyehatkan tubuh, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk perawatan kulit loh. Yuk tonton videonya!

Klubwanita TV