Sponsors Link

11 Tips Makeup untuk Pemula Sangat Sederhana dan Tidak Menor

Sponsors Link

Makeup adalah salah satu kebutuhan utama bagi wanita. Lho kok bisa? Yup, makeup adalah suatu hal yang sangat bermanfaat alias vital untuk membuat penampilan kita lebih baik, membuat kita semakin cantik, dan membuat kita semakin menarik – baik untuk pria maupun wanita. Seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin banyak dari kita yang menyadari tentang betapa pentingnya menjadi cantik, tentu saja mau tidak mau kita juga harus mengikuti perkembangan yang satu ini, layaknya kita mengikuti perkembangan teknologi.

ads

Sayangnya, tidak jarang dari kita yang malas menggunakan makeup karena dinilai terlalu “ribet” terlebih ketika hanya berpergian dalam jarak dekat. Tanpa disadari, makeup sendiri menunjukkan betapa pedulinya kita terhadap penampilan diri – oleh sebab itu kita sebaiknya mulai belajar tentang dan menggunakan makeup sedikit demi sedikit, meskipun kita hanya menghadiri acara non formal ataupun hanya bertemu dengan teman lama. Makeup menjadi lebih penting ketika harus menghadiri acara formal di mana kita dituntut untuk menjadi lebih cantik alias memberikan first impression yang baik terhadap sesama kolega yang hadir pada acara tersebut.

Lalu, bagaimana cara membuat penampilan kita lebih menarik? Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kita lakukan, namun kali ini kita akan membahas mengenai makeup – lebih tepatnya tips makeup untuk pemula. Tips ini pastinya sangat tepat untuk kita yang masih malas untuk memulai kebiasaan positif yang satu ini atau bagi kita yang berpikir jika membutuhkan banyak uang untuk mendapatkan makeup dengan kualitas yang bagus. Eh, jangan salah karena sekarang banyak makeup yang dijual dengan harga yang terjangkau dan pastinya dengan kualitas yang bagus pula! 🙂 Untuk mendapatkan makeup pun bukan suatu hal yang susah karena kita bisa menemukan berbagai counter kosmetik dengan sejuta makeup-nya ataupun kita bisa melakukan belanja daring melalui berbagai onlineshop.

Topik yang sangat menarik untuk dibahas bukan? Nah daripada tambah penasaran, yuk sekarang kita simak mengenai tips makeup bagi pemula ini yang pastinya sangat menarik untuk dipraktikkan!

1. Memahami betul warna kulit

Mengapa hal ini menjadi nomor satu pada tips makeup untuk pemula? Mengetahui betul warna kulit kita merupakan hal yang sangat penting karena hal ini memengaruhi warna dan jenis makeup apa yang akan kita beli dan gunakan. Memadukan warna makeup dengan warna kulit kita dengan baik tentu saja memberikan kita hasil yang positif karena penampilan kita tidak terlihat berlebihan ataupun aneh. Ketika kita mulai menggunakan makeup, kita juga harus memikirkan betul bagian wajah mana yang akan kita tonjolkan sehingga hal ini menjadi poin plus bagi kita untuk mendapatkan first impression yang baik dari orang di sekitar kita.

2. Memilih pelembab

Pelembab adalah salah satu satu makeup dasar yang berfungsi untuk melembabkan kulit secara maksimal dan tentu saja menjauhkan kulit kita dari kata kering. Dalam memilih pelembab, kita juga harus memperhatikan jenisnya karena terdapat beberapa jenis  pelembab cenderung dibedakan berdasarkan jenis kulitnya, seperti untuk kulit berminyak, kulit kombinasi, ataupun kulit kering. Menggunakan pelembab secara secara rutin bermanfaat untuk memutihkan wajah dan menyegarkan wajah meskipun kita telah beraktivitas seharian di luar rumah.

Baca juga:

Sponsors Link

3. Pentingnya foundation

Foundation adalah salah satu makeup berikutnya yang bisa kita gunakan sebagai rutinitas sehari-hari dan fungsinya hampir sama dengan pelembab namun daya tahannya lebih lama. Warna dari foundation ini pun bermacam-macam dan kita harus tahu betul warna kulit kita sehingga warna foundation akan menyatu dengan warna kulit kita dan tada! Tentu saja penampilan kita akan terlihat lebih cantik dan menarik 🙂

Kita bisa menggunakan foundation yang padat untuk membuat kulit tampak lebih cerah atau memilih tekstur yang cair untuk menutupi noda pada wajah. Sebaiknya kita menggunakan foundation hanya dengan menggunakan tangan agar foundation dapat tersebar secara merata alias tanpa bantuan kuas wajah. Foundation juga merupakan salah satu kosmetik yang paling penting dibutuhkan untuk membuat wajah terlihat lebih halus alias sangat efektif untuk menutupi bekas jerawat, bekas luka, maupun bekas pigmentasi.

4. Praktisnya concealer

Makeup yang satu ini menjadi favorit atau menjadi incaran banyak orang untuk membuat penampilan kita semakin menjadi menarik. Bukan hanya itu saja, menggunakan concealer berfungsi untuk memutupi bekas pigmentasi atau bekas jerawat. Saat memutuskan untuk membeli salah satu concealer, ada baiknya kita juga memutuskan manfaat apa yang paling kita inginkan dari produk tersebut, seperti untuk menutupi noda hitam, bekas jerawat, ataupun bekas pigmentasi. Concealor merupakan salah satu makeup yang sangat mudah menyatu dengan kulit sehingga praktis untuk digunakan.

Baca juga:

5. Cantiknya blush on

Tips makeup untuk pemula berikutnya adalah dengan menggunakan blush on. Kenapa blush on? Makeup yang satu ini sangat efektif untuk mempercantik penampilan kita khususnya pada bagian sekitar pipi. Makeup ini berfungsi untuk mencerahkan warna kulit kita dan lebih memberikan warna pada bagian pipi kita – khususnya ketika kita menambahkan warna pink yang semakin membuat kulit kita terlihat berseri. Sebagai pemula, kita bisa memilih untuk menggunakan blush on padat karena sangat mudah pengaplikasiannya, karena kita hanya membutuhkan bantuan kuas wajah dan pastinya lebih rata dalam pengaplikasiannya. Blush on juga tersedia dalam bentuk cair yang warnanya lebih tahan lama dan bisa menyatu dengan warna kulit daripada blush on yang berbentuk padat.

6. Manfaat eye-shadow

Tips makeup berikutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah mengenai kita menggunakan eye-shadow. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengaplikasikan dasar makeup terlebih dahulu alias foundation yang kemudian diikuti dengan penggunaan eye-shadow. Warna dari eye-shadow sendiri bisa disesuaikan dengan warna kulit kita ataupun sesuai kebutuhan acara yang pastinya tidak berlebihan ketika kita menggunakannya.

Dalam pengaplikasian eye-shadow, kita juga bisa menggunakan pensil alis terlebih dahulu yang berfungsi untuk mempertegas warna eye-shadow kita. Contohnya saja ketika kita  menggunakan pensil alis yang berwarna natural untuk semakin mempertegas warna natural pada daerah sekitar mata atau menggunakan pensil alis berwarna putih untuk menambahkan kesan glamour pada mata.

Baca juga:

ads

7. Bermain warna dengan lipstick

Siapa sih yang tidak butuh lipstick? Makeup yang satu ini sangat jitu dalam membuat bibir lebih berwarna dan tentu saja menarik perhatian orang lain. Warna dari shade lipstick ini sendiri bermacam-macam, yang tentu saja bisa disesuaikan dengan selera, kebutuhan, ataupun warna bibir kita sehingga terlihat lebih natural.

Jenis dari lipstick ini sendiri bermacam-macam mulai dari lipstaint, lipbalm, dan lain-lain yang pastinya harganya terjangkau untuk kita. Kelebihan lainnya dengan menggunakan lipstick adalah warnanya yang tahan lama dan mampu melembabkan bibir secara optimal. Selain itu, kita juga bisa menggunakan lipbalm terlebih dahulu sebelum lipstick agar warna lipstick lebih tahan lama, lebih melembabkan bibir, serta memberi vitamin pada bibir.

Baca juga:

8. Natural dengan  lipgloss

Bukan hanya lipstick yang bisa digunakan untuk membuat bibir lebih berwarna namun juga lipgloss. Makeup yang satu ini sangatlah jitu dalam memberikan kesan hidup pada bibir yang berarti semakin menarik perhatian orang lain. Daripada lipstick, lipgloss ini terlihat lebih natural meskipun warnanya tidak terlalu tahan lama seperti lipstick.

Baca juga:

9. Sejuta manfaat BB Cream

BB cream adalah pilihan yang tepat bagi kita yang malas untuk menggunakan berbagai produk dalam sekali tapi kita tetap membutuhkan perlindungan maksimal untuk menjaga kesehatan kulit kita, seperti melindungi kita dari sinar UV atau mencegah kulit menjadi berminyak. Makeup yang satu ini cenderung memiliki kadar SPF yang tinggi sehingga sangat efektif untuk digunakan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit belang. BB cream sendiri memiliki beberapa shade sehingga warnanya bisa kita sesuaikan dengan warna kulit kita. Untuk pengaplikasiannya sendiri kita tidak memerlukan kuas sehingga bisa dibilang BB cream adalah makeup yang sangat praktis.

10.Cantiknya mata dengan eyeliner

Satu lagi  makeup yang berfungsi untuk memperindah penampilan mata adalah eyeliner. Eyeliner sendiri berfungsi untuk mempertegas bentuk dan warna dari mata kita. Jenis eyeliner sendiri beragam, mulai dari pensil hingga berbentuk gel. Untuk pemula dalam dunia makeup, lebih baik menggunakan eyeliner cair karena adanya kuas yang membuatnya mudah diaplikasikan tanpa khawatir kita mengoleskannya berlebihan. Kelemahan dari makeup yang satu ini adalah cepat mengering yang berarti bukan pertanda baik apabila akan kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun kita tidak perlu mengkhawatirkan hal ini karena kita bisa menggunakan eyeliner kembali dengan cara mencampur eyeliner ini dengan sedikit minyak kelapa.

11. Menariknya maskara

Bagian wajah yang perlu kita perhatikan berikurya adalah pada bagian sekitar mata dan kita bisa menggunakan maskara sebagai solusi yang tepat. Maskara sendiri merupakan salah satu makeup yang berfungsi untuk mempercantik penampilan bulu mata kita – lebih tepatnya untuk memberikan efek bulu mata terlihat lebih panjang dan elegan. Saat menggunakan maskara, ada baiknya kita tidak menggunakan yang jenis waterproof karena lebih susah untuk dibersihkan dan sebaiknya kita juga menggunakan kuas yang kecil dalam pengaplikasiannya agar tidak terlalu berlebihan atau terlalu tebal yang justru akan membuat penampilan kita menjadi aneh.

Baca juga:

Nah itu tadi adalah beberapa tips makeup untuk pemula yang pastinya sangat praktis untuk dilakukan. Sangat menarik untuk dicoba dan kelihatan menyenangkan bukan? Jadi, apa kalian sudah siap untuk menjadi lebih cantik dan memberikan first impression yang pastinya baik untuk kolega kita ataupun orang baru yang kita bisa temui kapan saja saat beraktivitas di luar rumah? Jadi, tunggu apa lagi?  Ayo menjadi lebih cantik!

, ,
Oleh :