Sponsors Link

11 Dampak Negatif Memakai High Heels Bagi Kesehatan Tulang

Sponsors Link

Setiap wanita pasti senang memakai high heels untuk memperlihatkan penampilan yang maksimal. Tak hanya sekedar untuk fashion, penggunaan high heels juga menjadi aturan tidak tertulis bagi sejumlah perusahaan bagi karyawan wanitanya. Biasanya menggunakan high heels dianggap sebagai ciri-ciri perempuan cerdas karena akan terlihat dewasa dan percaya diri.

ads

Penggunaan sepatu ini secara terus menerus akan mengakibatkan efek negatif pada kesehatan tulang dan tubuh anda. Jadi, tidak hanya bahaya asap rokok bagi wanita saja yang memiliki efek negatif, hal yang ternyata sepele ini bisa mengganggu kesehatanmu, loh.

Apa saja sih dampak negatif memakai high heels bagi kesehatan tulang? Mari simak penjelasannya berikut ini :

  1. Bunions

Bunions merupakan kelainan pada bentuk jempol kaki. Hal ini terjadi karena adanya tulang yang menonjol pada bagian jempol kaki. Selain karena memakai high heels, penyakit ini muncul karena pemakaian sepatu yang terlalu sempit, cedera, dan struktur tulang warisan yang dimiliki seseorang hingga ibu jarinya terdorong kea rah jari kaki yang lain. Ada 3 macam cara mengatasi bunions ini yaitu :

  • dengan melakukan pengobatan alami seperti olahraga yang baik untuk wanita yaitu dengan olahraga kaki dengan cara merenggangkan ibu jari ke posisi yang benar dengan jari-jari lain atau menggerakkan kaki secara lurus ke depan dan ke bawah selama 10 detik secara bergantian.
  • Menggunakan bantalan bunion untuk meluruskan jari-jari kaki anda.
  • Menggunakan plester untuk dipasang di jari-jari dengan posisi normal dan lurus.

Untuk bunions yang sudah parah, mungkin anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk melakukan operasi pengangkatan tulang tersebut dan yang paling penting adalah mengubah pola hidup sehat dengan cara mengatur pola makan untuk diet dan lebih banyak bertelanjang kaki ketimbang memakai sepatu.

  1. Nyeri pada kaki

Dampak negatif memakai high heels bagi kesehatan tulang adalah nyeri pada kaki. Saat berjalan tentunya kaki anda menjadi tumpuan tubuh, hal ini akan menjadi berkali-kali lipat bagi pemakai high heels sehingga ketika anda terlalu sering memakai sepatu jenis ini akan menyebabkan nyeri kaki yang membuat anda tidak nyaman saat berjalan. Seperti dampak positif dan negatif handphone yaitu memyebabkan tangan sedikit nyeri jika digunakan terus menerus.

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis atau yang biasa disebut sebagai OA oleh kalangan medis merupakan peradangan sendi yang sebenarnya banyak ditemukan pada orang tua lanjut berusia 65 tahun ke atas. Namun, dampak negatif memakai high heels bagi kesehatan tulang pasti akan mempercepat proses peradangan OA ini. Tidak hanya karena penggunaan sepatu high heels tapi juga efek dari bahaya mengangkat berat bagi wanita seperti para atlet wanita angkat besi.

Sponsors Link

  1. Gangguan rongga panggul

Daerah ini biasanya menjadi sasaran utama bagi pemakai high heels karena akan terjadi penekanan pada ujung kaki yang menyebaban ukuran panggul menjadi tidak normal dan membuat ukuran bokong anda menjadi lebih besar. Hal ini tentu beresiko susah melahirkan, selain bahaya air es bagi wanita haid dan bahaya alkohol bagi wanita.

  1. Pump bump

Pump bump dalam istilah medis disebut Haglund’s deformity yaitu pertumbuhan tulang pada tumit. Satu-satunya jalan untuk mengobati hal ini adalah dengan cara operasi.

  1. Varises

Kondisi kaki pada saat memakai high heels berada dikondisi berjinjit yang menyebabkan otot-otot pada tumit dan betis berada dikondisi tegang terus menerus. Hal ini akan berdampak pada pembuluh darah yang semakin tertekan, yang akan menimbulkan varises.

Dari 6 masalah diatas, atas 5 masalah yang ditimbulkan sebagai dampak negatif memakai high heels bagi kesehatan tulang yaitu :

  1. Sendi jempol membesar
  2. Hammer toe
  3. Metatarsalgia
  4. Tumor jinak
  5. Jari bengkok

Untuk itu ada baiknya menjaga kesehatan diri, ternyata pemakaian high heels ini sama bahayanya dengan bahaya sering makan mie instan bagi wanita dan bahaya sering minum soda bagi wanita juga kesehatan tubuh. Itulah 11 dampak negatif memakai high heels bagi kesehatan tulang. Semoga membantu!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan