Ladies Inilah 5 Manfaat Jahe untuk Meredakan Nyeri Haid dan Kesehatan Lainnya

16

Jahe adalah rempah rempah yang banyak digunakan di Indonesia, India dan beberapa negara asia lain namun tak banyak yang tahu bahwa jahe berasal dari Cina yang telah ada sejak zaman kerajaan

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan terutama  kuliner khas bulan ramadhan dan minuman khas Indonesia, tak hanya digunakan untuk bumbu masakan atau campuran minuman saja. Selain itu sejak zaman dahulu jahe sudah digunakan dalam hal pengobatan maupun untuk campuran masakan

Gingerol adalah suatu zat yang terkandung dalam jahe yang mempunyai beragam manfaat

Ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat yang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut ini :

1. Jahe Dapat Menurunkan Gula Darah Secara drastis dan Mengurangj Risiko Penyakit Jantung

Selain digunakan sebagai bumbu masakan anda juga bisa mendapat manfaat jahe dari susu jahe yang mempunyai manfaat susu jahe bagi wanita.

Jahe telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan berbagai faktor risiko penyakit jantung pada pasien dengan diabetes tipe 2. Dalam sebuah studi tahun 2015 baru-baru ini pada 41 peserta dengan diabetes tipe 2, 2 gram bubuk jahe per hari menurunkan gula darah sebesar 12%.

Ini juga secara dramatis meningkatkan HbA1c (penanda untuk kadar gula darah jangka panjang), yang mengarah ke pengurangan 10% selama periode 12 minggu. Ada juga pengurangan 28% dalam rasio ApoB / ApoA -I, dan penurunan penanda sebesar 23% untuk lipoprotein teroksidasi. Ini adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

2. Jahe Dapat Mengurangi Nyeri Menstruasi

Nyeri haid ( dismenore ) adalah suatu nyeri yang dirasakan selama siklus menstruasi wanita terutama pada saat awal menstruasi biasanya akan sangat menyiksa karena rasa sakit yang ditimbulkan.

Salah satu kegunaan tradisional jahe adalah untuk menghilangkan rasa sakit, termasuk nyeri haid sama seperti manfaat kunyit asam

Dalam satu studi, Jahe berhasil mengurangi rasa sakit sama efektifnya dengan obat asam mefenamat dan ibuprofen. Jahe akan sangat efektif melawan nyeri haid apabila dikonsumsi pada awal periode menstruasi.

3. Jahe Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Tingginya kadar LDL lipoprotein atau kolesterol jahat terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Makanan yang Anda makan dapat memiliki pengaruh kuat pada kadar LLDL. Dilansir dari beberapa penelitian menunjukkan konsumsi jahe bermanfaat untuk pengurangan kolesterol total dan trigliserida darah.

Ada beberapa bukti, baik pada hewan maupun manusia, bahwa jahe dapat menyebabkan penurunan kolesterol LDL dan kadar trigliserida darah secara signifikan.

4. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol. Ekstrak jahe telah dipelajari sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa bentuk kanker apalagi jika sudah muncul tanda kanker serviks

Sifat anti-kanker dikaitkan dengan gingerol, suatu zat yang ditemukan dalam jumlah besar dalam jahe mentah. Dilansir dari sebuah penelitian konsumsi 2 gram jahe secara rutin dapat mengurangi resiko proinflamasi.

5. Menurunkan resiko infeksi

Zat aktif dalam jahe yang disebut gingerol dikenal mampu menurunkan resiko infeksi pada tubuh manusia Bahkan, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri.

Ini sangat efektif melawan bakteri mulut yang dikaitkan dengan penyakit radang pada gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Jika anda menderita infeksi pernafasan konsumsi jahe segar sangat bermanfaat dalam melawan virus RSV penyebab utama infeksi saluran pernafasan.

Itulah tadi manfaat jahe bagi kesehatan selain beauty hacks dari rempah , semoga bermanfaat dan selamat mencoba !