6 Manfaat Luar Biasa Diet Alkaline Bagi Tubuh, yang Wajib Kamu Praktikan!

28

Diet adalah suatu kondisi dimana kita akan menjaga pola makan atau mengatur pola makan sesuai diet yang kita jalani, saat ini diet sangatlah beragam seperti diet paleo, diet debm, diet alkaline, diet ketogenik dan lain lain

Diet alkaline atau diet alkali juga dikenal sebagai diet abu alkali, diet asam basa, diet asam abu, atau biasa disebut diet pH  adalah salah satu jenis diet yang membantu menyeimbangkan tingkat pH darah dari cairan dalam tubuh manusia, termasuk darah dan air seni.

Pada dasarnya PH dalam tubuh sebagian ditentukan oleh asupan mineral dari makanan yang kita makan. Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa penyakit dan gangguan pada tubuh tidak dapat terjadi jika tubuh kita memiliki pH seimbang.

Diet Alkaline memang tidak terlalu populer di indonesia karena di Indonesia sendiri lebih populer tips diet ala artis Korea namun jangan salah di Luar negeri diet alkaline ini sangat populer dan banyak orang yang menerapkan diet ini lho, karena mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut ini :

  1. Menjaga berat badan tetap sehat dan ideal

Mempunyai badan ideal serta tubuh sehat merupakan idaman setiap orang tak terkecuali para wanita, bagi kalian yang menginginkan tubuh sehat dan berat badan yang ideal tak ada salahnya mencoba diet alkaline serta bisa dibarengi dengan zumba olahraga asyik kekinian agar tubuh semakin menawan.

2. Melindungi kepadatan tulang dan massa otot

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak buah dan sayuran yang bersifat alkaliasi, semakin baik perlindungan yang dimiliki seseorang dari mengalami penurunan kekuatan tulang dan pemborosan otot seiring bertambahnya usia, yang dikenal sebagai sarcopenia .

3. Menurukan risiko hipertensi dan stroke

Salah satu efek dari diet alkaline adalah anti penuaan yang mana dapat mengurangi peradangan dan menyebabkan peningkatan produksi hormon pertumbuhan. Berdasarkan peneliatian telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan menawarkan perlindungan terhadap masalah umum seperti kolesterol tinggi, hipertensi ( tekanan darah tinggi ), batu ginjal dan stroke.

4. Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan yang saat ini banyak sekali menyerang manusia tanpa memandang usia, namun kanker juga bisa dicegah dengan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan diet alkaline atau cara yang bermanfaat mencegah kanker tak terkecuali jika muncul tanda tanda kanker serviks.

5. Membantu proses penyerapan vitamin, magnesium dan mineral lebih cepat

Vitamin, magnesium dan mineral merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh karena jika orang kekurangan magnesium akibatnya bisa menyebabkan komplikasi jantung, nyeri otot, sakit kepala, masalah tidur dan kecemasan.

Namun tak perlu khawatir hanya dengan melakukan diet alkaline masalah masalah tersebut bisa diatasi karena diet alkaline membantu proses penyerapan zat zat tersebut lebih cepat.

6. Menurunkan resiko peradangan dan nyeri

Dilansir dari sebuah penelitian, penelitian tersebut telah menemukan hubungan antara diet alkali dan penurunan tingkat nyeri kronis. Asidosis kronis telah ditemukan berkontribusi pada sakit punggung kronis, sakit kepala, kejang otot , gejala menstruasi, peradangan dan nyeri sendi.

Dilansir dari  Society for Minerals dan Trace Elements di Jerman menemukan bahwa ketika pasien dengan nyeri punggung kronis diberi suplemen alkali setiap hari selama empat minggu, 76 dari 82 pasien melaporkan penurunan nyeri yang signifikan, menarik sekali bukan ?! tak kalah menarik dari tips diet ala ariel tatum.

Itulah tadi artikel tentang 6 manfaat luar biasa diet alkaline bagi tubuh. Selamat mencoba !