Moms, Inilah 5 Tips Agar Anak Tak Menangis Saat Hari Pertama Sekolah Paling Ampuh

17

Sebagai seorang istri dan seorang ibu, kamu bukan saja dituntut untuk mengetahui bagaimana cara menjadi ibu rumah tangga yang baik, cara menjadi wanita yang baik untuk pasangan, cara menjadi ibu dan istri yang baik namun kamu juga dituntut untuk mengetahui bagaimana cara menjadi ibu modern sekaligus cara menjadi ibu profesional.

Memberikan pendidikan yang baik merupakan tugas seorang ibu,  ibu memiliki kewajiban untuk mengajak dan membimbing anak untuk bersekolah dan menempuh dunia pendidikan dengan baik. Biasanya anak yang belum pernah bersekolah akan merasa ketakutan atau enggan untuk bersekolah,  ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab nya.

Tentu saja sekolah sangatlah penting, namun jika anak menolak untuk pergi kesekolah maka hal ini menjadi tanggung jawab ibu. Berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara membuat anak untuk tetap  tenang di hari pertamanya bersekolah. Yuk disimak:

    1. Kenalkan anak kepada guru atau teman

Hal pertama yang harus ibu lakukan adalah mengenalkan anak kepada lingkungan sekolah, baik letak sekolah, guru atau teman-teman nya nanti. Perkenalkan kembali anak kepada guru, biarkan anak membentuk hubungan awal kembali. Ceritakan bagaimana orangtua mempercayai guru dan bahwa guru sangat memperhatikan anak.

2. Bawa barang kesayangan anak

Tanyakan kepada guru apakah anak dapat membawa barang kesayangannya untuk disimpan dalam loker atau tasnya, hal ini di khawatirkan anak akan rewel dan susah untuk diatur nantinya.

Jika diperbolehkan jangan membawa barang yang berukuran besar dan mengganggu proses belajar nantinya. Cukup membawa 1 barang favorit anak seperti boneka/mainan.

3. Jangan tinggalkan anak tanpa pamit

Jangan menyelinap pergi, kebanyakan orangtua menyelinap pergi karena takut anak akan menangis bila melihat. Sebaliknya, saatnya pergi pastikan anak melihat dan mengucapkan selamat tinggal kepada anak.

Pergi tanpa mengucapkan selamat tinggal kepada anak justru berisiko membuat anak justru makin merasa tidak aman dan enggan untuk meneruskan proses belajar. Sampaikan kepada anak bahwa nanti Anda akan kembali datang untuk menjemput sang anak.

4. Jangan membuat wajah sedih didepan anak

Segera pergi setelah mengucapkan selamat tinggal. Banyak orangtua justru membuat ‘drama panjang’ dengan mengintip, melambai tangan atau membuat wajah lucu dari jendela. Hal ini hanya akan memperkuat rasa anak bahwa sekolah adalah tempat yang kurang aman.

Sebaliknya, buatlah ekspresi yang tenang dan percayakan semuanya kepada pihak sekolah. Buatlah ekspresi wajah seolah-olah sekolah merupakan hal yang menyenangkan bagi anak baik ketika belajar nanti atau ketika bermain bersama teman-teman nya.

5. Beri hadiah saat anak tidak menangis di kelas

Pertimbangkan memberikan hadiah, janjikan kepada anak bahwa apabila dia tidak rewel dan menurut selama disekolah kamu akan memberikan hadiah kepadanya. Ada banyak hadiah yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan seperti mainan atau keperluan sekolah sang anak, menyajikan makanan kesukaan sang anak juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu hadiah atau reward kepada sang anak.

Ibu mempunyai tanggung jawab besar dalam hal ini, jika ibu ingin anaknya tenang ketika berada di sekolah maka ibu bisa menerapkan cara diatas. Namun, bukan hanya itu dibutuhkan kerja sama berbagai pihak dalam hal ini. Seperti kerjasama antar keluarga, lingkungan sekolah yang termasuk guru, dan teman sebaya sang anak.

Itulah tadi cara membuat anak agar selalu tenang di hari pertamanya bersekolah, selamat mencoba ya moms! Terima kasih.