6 Tips Merawat Kulit Saat Cuaca Dingin Wajib Kalian Coba

91

Suhu udara di beberapa kota di Indonesia, terutama Jawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang semakin merangkak rendah bukanlah terjadi begitu saja. Hal ini disebabkan karena tiupan angin dingin dan kering dari benua Australia.

Fenomena ini akan terus berlangsung dan diperkirakan hingga bulan Agustus. Suhu yang rendah dan udara yang kering ini bisa membuat kulit ladies menjadi kering, bahkan parahnya dapat mengelupas karena rendahnya kelembaan udara.

Nah, untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit ladies saat cuaca dingin di musim kemarau, yuk simak tips merawat kulit saat cuaca dingin di musim kemarau.

    1. Jangan pernah skip pelembab kulit

Pelembab kulit merupakan kunci utama untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi serta mencegah kulit mengering. Untuk menggunakan pelembab, penting banget buat kalian tahu cara menggunakan pelembab wajah yang benar, begitupun didaerah kulit yang lainnya. Sebaiknya gunakan pelembab kulit segera setelah mandi untuk mengunci kadar air yang ada pada kulit, sehingga kulit tetap lembab.

Selain itu, pelembab perlu diaplikasikan beberapa kali ketika dirasa kulit mulai mengering. Bila perlu pilihlah pelembab yang mengandung SPF ketika kalian harus beraktivitas keluar. Selain mampu melembabkan kulit juga mampu menjaga dari paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari.

Untuk membuat kelembapan kulit tahan lama ladies bias ikuti tips ini. Sebelum mengaplikasikan pelembab kulit, aplikasikan terlebih dahulu coconut oil atau jojoba oil.

  1. Gunakan skin care untuk menjaga kesehatan kulit

Merawat kulit selama musim dingin merupakan suatu kewajiban, apalagi kalau kamu memang dasarnya memiliki jenis kulit kering. Selalu aplikasikan skin care sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Pilih skin care yang mengandung hyaluronic acid yang mampu bekerja secara aktif dalam mengikat kadar air pada kulit. Sehingga kulitmu akan menjadi halus, lembab, sehat, kenyal dan kencang yang mampu membuat kulit terlihat awet muda.

Jika perlu selalu lengkapi dengan serum dan masker yang juga mengandung hyaluronic acid dan juga kalian harus mengetahui urutan cara membersihkan wajah yang benar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan muka.

    1. Atur suhu air saat mandi

Mandi air hangat saat cuaca dingin adalah hal ternyaman ketika harus berangkat untuk beraktivitas. Mandi dengan menggunakan air hangat bukanlah hal yang tidak benar, karena pada dasarnya mandi air hangat juga disarankan untuk membuat agar aliran darah menjadi lancar.

Namun yang perlu diperhatikan adalah suhu air yang kita gunakan untuk mandi. Sebaiknya tidak menggunakan suhu air yang terlalu tinggi. Hal ini malah membuat kelembapan alami kulit menjadi hilang yang pada akhirnya dapat membuat kulit menjadi kering.

Lantas bagaimana cara mengetahui bahwa air yang kita gunakan untuk mandi suhunya sudah pas? Nah ladies bisa melihat jika dinding kamar mandi mulai terdapat titik-titik uap berarti air yang kita gunakan suhunya perlu diturunkan.

    1. Mempersingkat waktu mandi

Berendam air hangat saat cuaca dingin membuat waktu berjalan tidak terasa. Sayangnya, keadaan ini dapat memperparah kerusakan kulit. Kelembapan kulit alami akan hilang jika terlalu lama berendam dengan air hangat. Oleh karena itu, sebaiknya percepat waktu saat mandi untuk melindungi kesehatan kulit.

    1. Selalu aplikasikan lip care

Saat cuaca sedang rendah, tidak hanya kulit tubuh saja yang akan mengalami kekeringan, namun kulit bibir juga akan mengalami efek yang sama. Kulit bibir akan mengelupas dan parahnya dapat berdarah. Penting banget kalian tahu cara mengatasi bibir kering.

Untuk mencegah hal tersebut, ladies dapat mengaplikasikan lip care untuk menjaga kelembapan dan kehalusan kulit bibir ataupun bisa dengan menggunakan lip balm atau lip oil. Kemudian kalian dapat mengaplikasikan lipstik favorit kalian.

Penulis merekomendasikan menggunakan lip cream agar hasilnya tidak matte dan kering di bibir. Meskipun begitu kalian juga harus tahu cara memakai lip cream untuk bibir kering.

    1. Gunakan hand cream dan kaos kaki

Kulit pada tangan dan kaki juga dapat mengalami kekeringan pada saat cuaca sedang dingin. Oleh karena itu ladies dapat menggunakan hand cream untuk mengatasi hal tersebut. Kalian dapat memilih produk Nature Republik EXO’s hand cream untuk mengatasi masalah kerusakan kulit tangan karena kulit kering.

Pada saat malam hari sebelum tidur, selalu aplikasikan lotion pada telapak tangan dan kaki kemudian gunakan kaos kaki untuk menjaga kelembapan kulit pada kaki.

Gimana ladies? Siap menjalani aktivitas selama cuaca sedang dingin-dinginnya bukan? Ingat, meskipun kalian melakukan perawatan dari luar jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dari dalam tubuh.

Sebisa mungkin makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari dan selalu cukupi kebutuhan air di dalam tubuh agar tubuh kalian tetap terhidrasi. Ini merupakan salah satu rahasia supaya tetap segar selama cuaca panas.