Bunda, Inilah 5 Cara Menghadapi Sikecil Yang Rewel Saat Tumbuh Gigi Paling Efektif

21

Menjadi seorang ibu muda bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang harus dilakukan dan beberapa kewajiban yang tidak boleh untuk dilupakan atau ditinggalkan. Seorang ibu harus bisa menerapkan cara menjadi ibu yang kuat baik dalam segi fisik maupun psikis untuk merawat keluarga, cara melatih kesabaran menghadapi anak yang  rewel.

Seorang ibu juga dituntut untuk mengetahui bagaimana cara menjadi ibu yang dicintai anaknya, sehingga dengan begini kehidupan keluarga akan lebih harmonis dan bertahan lama.

Namun, tentu saja semua hal yang kita inginkan tidak dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kita dengan mudah, salah satunya seperti masalah anak yang tumbuh gigi.

Meskipun tumbuh gigi merupakan hal yang wajar namun hal ini sangatlah mengganggu sang, sehingga bisa saja anak menjadi rewel dan gampang menangis sehingga dalam hal ini ibu perlu menerapkan cara melatih kesabaran menghadapi anak. Untuk itu, dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara menghadapi anak yang rewel saat tumbuh gigi.

    1. Beri pijatan pada area gigi bayi

Hal pertama yang bisa ibu lakukan pertama kali adalah dengan berusaha untuk mengurangi rasa nyeri atau tidak nyaman yang sedang dirasakan oleh bayi, sudah menjadi tanggung jawab ibu terhadap anak jika nyeri saat tumb8ih gigi ini terjadi.

Ibu bisa memberi pijatan pada bagian gusi yang tengah memerah langkahnya cukup sederhana cukup dengan menekan lembut area gusi menggunakan tangan secara perlahan dan berhati-hati.

Pastikan tangan Ibu bersih sebelum memijat gusi karena bagaimanapun juga kebersihan bayi juga merupakan hal yang penting, pijatan lembut dari Ibu akan membantu meringankan nyeri gusi pada si Kecil karena dapat mengurangi tekanan dari gigi yang akan tumbuh.

2. Beri mainan pada anak

Salah satu bentuk kemajuan zaman sekarang yang bisa kita rasakan adalah mulai munculnya berbagai inovasi mainan yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang sang anak, salah satunya adalah Teether.

Teether ini bentuknya melingkar, mudah digenggam oleh anak dan aman dimasukkan ke mulut beberapa teethet juga dapat didinginkan dulu di kulkas agar lebih maksimal meredakan rasa gatal pada gusinya yang baru tumbuh gigi.

3. Beri camilan yang bisa dikonsumsi

Hal selnjutnya yang bsia ibu coba adalah dengan memberikan bayi camilan makanan sehat yang tetap bisa dikonsumsi ditengah rasa tidak nyaman nya ketiga gigi akan tumbuh. Jika usia bayi sudah di atas 6 bulan, sepotong wortel atau apel dapat menjadi pilihan tepat untuk digenggam dan digigit anak ,hindari makanan mengandung gula untuk menghindari kerusakan gigi. Sebagai seorang ibu, kamu harus tetap mengawasi agar anak tidak tersedak nantinya.

4. Kompres dengan sesuatu yang dingin

Salah satu cara meredakan rasa nyeri pad gigi adalah dengan mengkompresnya dengan sesuatu yang dingin, hal ini juga berlaku pada bayi yang akan tumbuh gigi. Jika ingin mengurangi rasa nyeri atau tidak nyaman pada gigi bayi ibu bisa mengkomprenya dengan menggunakan air dingin dan diaplikasikan kesekitar pipi mendekati area gigi anak. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar anak tetap merasa nyaman.

5. Konsultasikan ke dokter

Jika anak menjadi sangat rewel dan menolak ASI atau makanan pendamping ASI akibat sakit gusi, maka langkah terakhir yang bsia ibu coba adalah dengan mengkonsultasikan nya ke dokter atau bidan terdekat.

Dikhawatirkan hal ini bisa berdampak pada kesehatan snag anak nantinya, dalam kondisi khusus, dokter akan meresepkan beberapa obat yang dapat meredakan rasa sakit pada gusi.

Itulah tadi cara mengatasi rewel yang dialami bayi ketika akan tumbuh gigi. Selamat mencoba dan terima kasih.